AUTHOR OF THE MONTH: AliaZalea, Pengarang Bad Boy yang Gandrung Boyband

AUTHOR OF THE MONTH: AliaZalea, Pengarang Bad Boy yang Gandrung Boyband

. 2 min read

AliaZalea mengawali kiprah kepenulisannya lewat Miss Pesimis yang terbit pertama kali pada 2010. Hanya butuh tiga bulan setelah naskah tersebut dikirimkannya ke penerbit. Miss Pesimis menjadi karya perdananya yang dilanjutkan dengan lima novel lainnya yang terbit dalam kurun tahun 2010 sampai 2014: Blind Date (2010), Celebrity Wedding (2011), Crash into You (2011), The Devil in Black Jeans (2013), dan Dirty Little Secret (2014).

Karya-karya AliaZalea identik dengan kisah percintaan dengan lika-likunya yang menampilkan karakter-karakter metroseksual yang kerap bikin geregetan. Novel-novel AliaZalea masuk jajaran awal novel-novel berlini Metropop terbitan Gramedia Pustaka Utama.

Tiga tahun vakum, pengarang yang memiliki nama asli Alia Azalea itu menerbitkan buku terbarunya berjudul Boy Toy pada 2017. Novel lini Metropop tersebut menjadi buku pertama dari seri Pentagon yang kabarnya akan terdiri atas lima buku. The Wanker, buku kedua seri Pentagon, terbit pada 2018. Pada Juli 2019 lalu, buku ketiga seri Pentagon berjudul Bad Boy terbit.

Seri Pentagon berpusat pada lima cowok anggota boyband yang masing-masing punya kisah percintaan sendiri. Setiap personel punya kisahnya sendiri-sendiri yang diceritakan dalam novel yang berbeda. Taran ada di Boy Toy, Nico di The Wanker, Adam di Bad Boy, dan dua personel lainnya di dua buku berikutnya yang akan terbit.

Saat ditanya tentang tema yang diangkat dalam seri Pentagon, AliaZalea mengaku sangat gandrung dengan boyband. Ia menceritakan teman dekatnya sejak kuliah yang tahu betapa ia suka boyband. “Dia tahu kalo setiap ada konser boyband, saya pasti pergi (untuk menontonnya),” ujar AliaZalea dalam sesi wawancara di kantor Gramedia.com.

NSYNC dan Backstreet Boys menjadi dua boyband yang digemari AliaZalea. Ia berpendapat boyband itu menyenangkan dan lagunya bagus-bagus. Dan karena ada lima anggota dari setiap boyband, jika ada satu yang ia tak suka, masih tersisa empat lagi yang bisa dipilih untuk disukai.

AliaZalea menilai bahwa boyband yang sukses adalah yang beranggotakan lima orang. Itu jugalah yang menjadi inspirasinya untuk menulis seri Pentagon yang menceritakan lima anggota boyband. “Keyword boyband itu lima. Dari keyword itulah maka keluarlah seri Pentagon,” terang AliaZalea.

Alasan AliaZalea Jarang Muncul

Bekerja sebagai dosen di Malaysia menjadi salah satu alasan AliaZalea tidak terlihat. Sejak buku pertamanya terbit pada 2010, ia memang tidak berdomisili di Indonesia. “Sampai tahun 2019 kemarin, kontrak saya habis dan saya tidak mau memperbaruinya. Lalu saya pulang ke Indonesia,” ujarnya. Setelah itu, AliaZalea mengontak penerbitnya untuk merancang acara rilisnya Bad Boy.

Untuk masalah dunia maya, AliaZalea mengaku dirinya gaptek. Meski begitu, ia punya akun fanpage di Facebook dengan nama akun AliaZalea. “Ada Facebook itu teman saya yang bikinkan dan posting-posting di sana,” ujarnya. Sambil bercanda, ia pun berharap temannya bersedia membuatkan Instagram untuknya.

Setelah ditelusuri, terdapat akun Instagram bernama @aliazaleathenovelist yang dalam bio-nya tertulis sebagai akun resmi AliaZalea. Di sana, AliaZalea membagikan aktivitasnya sebagai penulis dan progres terbaru tentang tulisan-tulisannya. Kabarnya, novel keempat dan kelima seri Pentagon akan terbit masing-masing pada 2020 dan 2021.

Kira-kira, apa ya judul buku keempat dan kelima seri Pentagon? Mari kita tunggu sama-sama sambil baca buku-buku AliaZalea yang lain di Gramedia.com!

bersambung...