3 Alasan Utama Hidup Penuh Kesadaran

3 Alasan Utama Hidup Penuh Kesadaran

. 2 min read

Sebagai manusia, kita punya banyak tujuan dalam hidup. Hanya saja, setiap dari kita memiliki tujuan yang berbeda. Untuk meraihnya, kita butuh kesadaran penuh atau yang biasa disebut dengan mindfulness.

Bayangkan ini: kamu sedang berada di pusat gerai makanan sebuah mal. Kamu akan diberikan berbagai pilihan makanan; dari camilan ringan sampai makanan berat. Ada yang harganya murah, ada juga yang mahal. Ada yang junk food, ada juga yang penuh nutrisi.

Pada saat seperti itulah kita harus mengambil keputusan. Pengambilan keputusan yang dilakukan secara sadar akan memberikan dampak yang positif terhadap diri kita sendiri.

Dari ilustrasi di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa hidup penuh kesadaran sangatlah penting. Hidup penuh kesadaran menekankan pentingnya untuk berada dalam momen sekarang, karena momen sekarang akan menentukan selanjutnya.

Dengan kata lain, hidup penuh kesadaran akan menekankan hidup yang seimbang agar tujuan hidup tercapai.

Untuk bisa hidup penuh kesadaran, kita perlu tahu kenapa kita harus melakukannya. Berikut tiga alasan utama untuk hidup penuh kesadaran.

Hidup penuh kesadaran melatih konsentrasi

Photo by Form / Unsplash

Bila kita bisa memilah-milih dengan hati-hati, secara tidak langsung kita juga melatih konsentrasi. Konsentrasi dalam pengambilan keputusan dilakukan secara sadar dapat membantu pengolahan logika.


Baca juga: 7 Tips dan Trik untuk Tetap Fokus Sepanjang Hari


Memiliki kemampuan menimbang keputusan

happy moment
Photo by Aziz Acharki / Unsplash

Mempraktikkan hidup penuh kesadaran akan melatih kita untuk menimbang keputusan sebaik-baiknya. Sebagai contoh saat berbelanja, kita akan berhenti sejenak saat dihadapkan dengan berbagai macam pilihan. Apakah barang tersebut suatu kebutuhan atau sebuah keinginan?

Kita akan tahu mana yang baik dan mana yang tidak.  Timbang-timbanglah terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan karena kemampuan menimbang keputusan dapat menentukan tujuan selanjutnya agar tidak salah langkah.

Sadar akan tujuan akhir

Photo by Milan Popovic / Unsplash

Memilih hidup penuh kesadaran, kita akan dengan jelas mengetahui apa yang ingin kita raih. Hal ini membuat kita lebih mudah merencanakan tujuan yang ingin diraih. Hidup penuh kesadaran akan membantu untuk mewujudkannya.


Ada banyak alasan lain dan cara untuk melatih bersikap penuh kesadaran yang dapat kamu gali lebih dalam. Dapatkan buku-buku referensi tentang mindfulness di Gramedia.com!


Baca juga: 5 Tips untuk Menjaga Produktivitas Ala Marie Kondo