Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Alasan Kenapa Kamu Masih Harus Punya Buku Catatan

Alasan Kenapa Kamu Masih Harus Punya Buku Catatan

Zaman yang sudah serba canggih membuat semua kegiatan bisa dilakukan melalui gadget. Karena itu, sekarang sudah mulai jarang orang-orang membawa buku catatan atau notebook ke mana pun dia pergi, karena merasa sudah bisa menulis langsung dari gadget. Padahal menulis langsung dengan tangan mempunyai manfaat positif lebih lho!

Yup, kebiasaan menulis catatan langsung pada buku akan meningkatkan daya ingatmu. Lalu, apa lagi ya manfaat lainnya?

1. Penampung Ide yang Datang Tiba-Tiba

alasan
Sumber foto: embracing.life

Tidak ada yang pernah tahu ide munculnya kapan dan di mana. Nah, notebook akan membantu kamu untuk menuliskan ide tersebut saat masih fresh tercetus di kepalamu. Dibandingkan lewat gadget yang mungkin saja bisa mendistraksi kamu, notebook bisa meminimalisir kamu lupa dengan ide yang datang. Karena bisa saja saat kamu menulis ide di smartphone, lalu tiba-tiba muncul notifikasi pesan, kamu terdistraksi dan lupa akan idemu sendiri.  Nah, ide-ide kecil tersebut bisa kamu sempurnakan kembali dan dibuat lebih detail hingga sempurna.

2. Meningkatkan Kemampuan Mengingat

alasan
Sumber foto: igamingbusiness.com

Bukan sekadar mencatat, tapi goresan pena dari tangan sendiri mampu membuatmu mengingat informasi lebih baik. Dengan menulis, kinerja otak juga dilatih untuk menganalisa sebuah hal lebih cermat, dan proses penerimaan informasi akan berlangsung lebih baik. Dibandingkan copy paste lewat gadget, menulis sendiri bisa membuat otakmu lebih mengingat detail-detail informasi yang kamu catat loh. Kalau lagi belajar atau sedang rapat bersama bos, coba catat lewat buku ya, biar selalu ingat!

3. Menjadi Planner Terbaik

alasan
Sumber foto: herzing.edu

Memang sih, di gadget juga bisa menulis to-do-list. Tapi dengan menulis di buku catatan, kamu bisa menulis jadwal dengan rapih dan tersusun sesuai angka prioritas apa saja yang akan kamu kerjakan setiap harinya. Jika kamu lupa, to-do-list yang sudah kamu tuliskan ini akan jadi penyelamatmu dalam mengingat pekerjaan. Kamu pun akan menjadi representasi pribadi yang produktif!

Setuju dong dengan buku catatan, semua hal dan informasi yang kamu catat akan terdokumentasikan dengan baik. Maka dari itu, kamu perlu punya barang satu ini ya. Nah, di Gramedia.com tersedia banyak notebook, dan Admin juga sudah pilihkan spesial untuk kamu. Tinggal klik gambar notebook yang kamu suka untuk langsung dibeli ya.

NotebookDeli Notebook 120 Sheet 18K 7945

NotebookRados Activity Organizer A.0005

NotebookDeli Notebook 100 Sheet 8,5 Inch 3168

NotebookDeli Notebook No.3150 Concise (Assorted)

NotebookDairin Notebook Lets Do It 1901-01 Black

Jadi, coba kembali lakukan kebiasaan mencatat langsung lewat buku catatan ya. Dan jangan lupa untuk checkout notebook incaranmu!😉


Sumber foto header: Unsplash


Almira R. Natasya

Almira R. Natasya

Digital Content Officer Gramedia Digital

Enter your email below to join our newsletter