Aktivitas Seru Selama Pembelajaran Jarak Jauh atau Belajar dari Rumah

Aktivitas Seru Selama Pembelajaran Jarak Jauh atau Belajar dari Rumah

. 2 min read

Pandemi COVID-19 saat ini membuat seluruh aktivitas menjadi berantakan, terutama bagi orang tua dan anak-anak. Dulu, di masa normal, orang tua dapat memasukkan anaknya yang masih balita ke Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak, agar anak mereka bisa bersosialisasi, juga untuk membantu mengembangkan kemampuan sensoris serta motorik anak.

Akan tetapi akibat pandemi, anak-anak diharuskan belajar di rumah, melakukan aktivitas belajar secara daring, dan hanya bertemu dengan penghuni rumah saja. Hal ini tentu membuat anak jenuh dan stres, begitu juga orang tuanya.

Menerapkan Homeschooling untuk Anak

Karena kondisi yang memang tidak memungkinkan untuk belajar tatap muka, bagaimana jika orang tua mengadopsi sistem belajar homeschooling. Selain membantu menjaga kewarasan orang tua dan anak, ini juga dapat membantu anak belajar banyak hal, yang mungkin sulit didapatkan jika hanya mengikuti sekolah secara daring, dan tentunya dengan sistem belajar-mengajar yang menyenangkan.

menerapkan
Sumber foto: Shutterstock

Namun sebenarnya, apa itu homeschooling? Menurut Wikipedia, homeschooling (sekolah rumah) adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan/informal yang dilakukan di rumah, di bawah pengarahan orang tua, serta tidak dilaksanakan di tempat formal lainnya, seperti di sekolah atau institusi pendidikan lainnya, dengan model kegiatan belajar terstruktur dan kolektif.

Untuk orang tua yang memiliki anak di bawah usia tujuh tahun, materi homeschooling ini bisa difokuskan pada beragam aktivitas, yang dapat membantu merangsang sistem motorik dan sensoris anak. Agar tidak kehabisan ide, orang tua perlu memperbanyak referensi aktivitas agar kegiatan homeschooling berjalan lancar.

Salah satu buku rekomendasi yang dapat digunakan orangtua adalah Sukses Mendidik Anak ala Homeschooling karya Kusumastuti. Penulis merupakan seorang ibu yang memiliki ketertarikan di dunia parenting dan sudah menerapkan sendiri sistem homeschooling ini dengan memberikan materi-materi tambahan sejak anak-anaknya masih kecil.

Dalam bukunya ini, ia memberikan 185 aktivitas yang dapat dijadikan sumber ide bagi orang tua, baik yang  memang melakukan homeschooling maupun yang anaknya melakukan PJJ/BDR akibat pandemi. Peralatan yang digunakan pun merupakan benda-benda yang ada di rumah dan mudah didapatkan.

Melalui aktivitas dalam buku ini, orang tua akan sangat terbantu dalam mengisi hari-hari anak selama di rumah, dan anak pun dapat menyalurkan energinya sesuai minat serta kebutuhannya.

Penasaran dengan apa saja aktivitas serunya? Coba langsung checkout bukunya dari sekarang.

Sukses Mendidik Anak Ala Homeschooling

suksesBeli Sekarang untuk Dapatkan Aktivitas Serunya!

Beruntungnya para ayah dan bunda yang membaca artikel ini, kamu akan mendapatkan voucher diskon 20% untuk pembelian buku ini di Gramedia.com. Voucher diskonnya juga bisa dipakai untuk pembelian buku dari penerbit Gramedia, seperti GPU, Elex Media Komputindo, BIP, Grasindo, KPG, dan M&C! juga lho. Dan tanpa minimum transaksi!

voucherKlik untuk Dapatkan Vouchernya!

Manfaatkan vouchernya sekarang yuk!


Oleh: Mursyidah | Bhuana Ilmu Populer

Sumber foto header: Dok. Bhuana Ilmu Populer