Abdijiwo: Komik Lokal yang Wajib Kamu Baca Sampai Tuntas!

Abdijiwo: Komik Lokal yang Wajib Kamu Baca Sampai Tuntas!

. 2 min read

Retno Widya merupakan seorang dosen di sebuah universitas di Jakarta, dan merupakan komikus yang menerbitkan Komik Koloni : Abdijiwo. Komik ini memiliki alur cerita santai, dan sesekali terdapat panel atau gambar-gambar yang mampu membuat pembaca sedikit kaget.

Komik bertema Indonesia yang sangat kental dengan mistisnya ini, membuat banyak pecinta komik tertarik. Sosok penjaga Mistis yang ditampilkan di komik ini membawa warna tersendiri. Di sini juga muncul beberapa hantu lokal Indonesia loh. Penasaran kan?

Menceritakan kisah Surya, seorang anak laki-laki yang awalnya hidupnya masih normal-normal saja. Namun semua berubah ketika ia bangun dari mimpinya, Surya dipertemukan dengan Raden roh yang mengaku sebagai Abdijiwo, beserta Geni seekor elang. Raden memiliki tujuan untuk melindungi Surya, dan mengumpulkan kekuatan dari Abdijiwo lainnya, agar rohnya bisa berpulang. Surya sering merasa terganggu karena tingkah laku Raden yang cukup menyebalkan.

Begitu pun pada awal-awal kisah, komik ini menceritakan urban legend terkemuka, yang konon katanya di suatu sekolah terdapat penunggu. Wujudnya menyeramkan, besar dan bergerak tanpa suara.

Sugeng yang tidak menyukai cerita horor, berteriak ketakutan saat temannya menceritakan kisah menyeramkan padanya. Di saat teman-teman sedang mencairkan suasa agar Sugeng tidak lagi takut, Surya mengatakan hal yang membuat bulu kuduk mereka kembali merinding.

"Katanya, kalau kita lagi ngomongin makhluk halus, mereka bakal ikutan dateng loh." - Surya, Koloni : Abdijiwo, Retno W.

Apakah yang dimaksudkan Surya itu benar-benar nyata? Ya hantu besar, menyeramkan tanpa suara itu ternyata benar-benar ada, dan sedang mendengarkan Surya serta teman-teman menceritakan dirinya.

Surya, anak SD yang sudah setahun hidup berdampingan dengan seorang Abdijiwo, bernama Raden serta Geni atau roh Elang Jawa, selalu mengikuti kemanapun Raden pergi. Karena kehadiran mereka berdua itulah, Surya dapat melihat makhluk-makhluk halus lainnya juga.

Cerita lebih berfokus ke Raden dan Geni yang harus mencari Abdijiwo lainnya, agar dapat berpulang kembali ke tempat asalnya. Posisi Surya bisa dibilang seperti wadah atau medium, di mana Raden bertempat tinggal jauh di bawah alam kesadaran Surya. Selagi mencari Abdijiwo lainnya, Raden dan Geni terkadang membantu roh-roh halus yang memerlukan pertolongan. Tetapi entah kenapa, Raden selalu tidak pernah serius, sampai-sampai membuat Geni kesalnya bukan main.

"Kebiasanmu Itu Meremehkan Sesuatu Lalu Kena Masalah!. Kapan Mau Belajar Dari Pengalaman Sih?." - Geni, Koloni : Abdijiwo, Retno W.

Sampai suatu hari, terdengarlah kabar bahwa tidak jauh dari rumah Surya, terdapat pendatang baru yang memiliki aura dan kekuatan mengerikan, sehingga para lelembut lainnya tidak ada yang mau mendekatinya. Para lelembut menyebut makhluk pendatang itu sebagai "Harimau Ireng". Apakah mereka berhasil menghadapinya? Atau mereka akan bertemu dengan Abdijiwo lainnya?

bukuBeli Bukunya Disini!

Baca sekarang yuk komiknya, dan kamu bisa langsung order di Gramedia.com. Oh ya, kamu juga bisa menggunakan layanan "Pesan Antar". Mau pesan apapun, tinggal chat melalui WhatsApp, dan bisa pilih pengiriman instant (khusus Jabodetabek) loh!

PesanKlik untuk Info Lebih Lanjut dan Pesan Via Whatsapp!


Sumber foto header: Dok. Gramedia.com