Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

A Man and His Cat, Kisahkan Seorang Pria dan Kucing Kesayangannya

A Man and His Cat, Kisahkan Seorang Pria dan Kucing Kesayangannya

Buat kamu pecinta kucing, atau selalu gemas melihat tingkah kucing di internet, kamu wajib membaca komik baru ini, A Man and His Cat. Menceritakan kucing dan pemilik barunya yang sama-sama merasa kesepian, akhirnya mereka bertemu membangun hubungan hangat dan saling membahagiakan.

Kucing dengan paras yang berbeda dan dianggap tidak lucu pada sebuah pet shop, membuat si kucing sering ditolak pengunjung yang ingin mengadopsi. Harganya pun semakin turun, dan tak ada yang mau mengambil kucing tersebut. Karena terlalu lama di pet shop, kucing dengan penampilan tak biasa itu merasa putus asa.

Sampai suatu hari ada pria paruh baya yang mengatakan “saya menginginkan kucing itu”. Hal tersebut menjadi peristiwa awal yang membahagiakan bagi si kucing, karena ada yang memutuskan untuk memeliharanya, dan pria tersebut mengatakan bahwa itu adalah kucing termanis yang pernah ia temui.

Berawal dari komik yang diunggah oleh penulisnya tiap minggu di Twitter dan akun Pixiv sebelum dicetak, dikisahkan kucing ini diadopsi oleh guru seni musik bernama Kanda. Hidupnya merasa sepi setelah kematian istrinya. Sebelumnya, pasangan ini memang ingin memelihara kucing setelah anak-anaknya hidup mandiri masing-masing.

Kanda pun akhirnya mengadopsi kucing dan menjalani hari-hari melepas rasa sepi bersama. Kucing ini diberi nama Fukumaru yang berarti keberuntungan, karena Kanda merasa kucing ini selalu membawa kebahagiaan. Akhirnya Fukumaru merasakan dipelihara dengan penuh kasih sayang.

Alur pada komik ini menceritakan bagaimana adaptasi Fukumaru yang sekarang tinggal di rumah yang luas. Dari Fukumaru yang masih merasa khawatir karena biasanya hidup dalam kotak kecil, dan akhirnya terbiasa serta bahagia dengan tempat tinggal barunya.

Fukumaru dan Kanda juga cepat membangun hubungan yang erat dan hangat, seperti bermain piano bersama. Kendala-kendala yang biasa dihadapi ketika memelihara kucing juga disajikan di sini.

Walaupun diceritakan dari point of view si kucing, di sisi lain juga menceritakan kehidupan Fuyuki Kanda yang berprofesi sebagai guru musik. Di mana menceritakan hubungannya dengan rekan kerja, teman masa kecil, dan masa lalunya. Setiap karakter yang muncul memiliki karakter unik masing-masing, sehingga membuat kamu ingin terus melanjutkan membaca.

Penuh dengan kisah yang menyentuh hati, komik A Man & His Cat (Oji-sama to Neko) karya Umi Sakurai ini direspon positif para penggemar manga di Jepang. Sampai berhasil jadi peringkat ke-2 Tsugi ni Kuru Manga Awards 2018 di kategori Web Manga, posisi ke-3 di Pixiv dan Nippon Shuppan Hanbai, Inc's "Web Manga General Election" 2018.

Tahun 2020 lalu masuk ke peringkat ke-2 daftar komik tertinggi Tsutaya Comic Award, di bawah satu peringkat dari komik Spy X Family yang juga menjadi buku paling dicari bulan Januari 2021 di Gramedia.com. Buku debut satuannya (tankobon) juga masuk posisi ke-3 dalam manga terbaik dalam Oricon Sales Rangkings. Lewat komik ini, kamu bisa menikmati berbagai ekspresi Fukumaru yang menggemaskan, dan mengerti emosi apa yang Sakurai coba sampaikan.

Kehidupan Kanda yang jadi lebih berwarna serta tingkah Fukumaru yang menggemaskan, juga bisa dilihat versi life action-nya lho! Serial ini sudah mengudara sejak 6 Januari 2021 lalu di TV Osaka dan TV Tokyo, serta masuk dalam video on demand Paravi. Kanda dimainkan oleh aktor senior terkenal Jepang, Masao Kusakari. Dan pengisi suara Fukumaru diisi oleh Ryunosuke Kamiki yang juga pengisi suara Taki pada film Kimi no Na wa (Your Name.).

Komik A Man and His Cat

1. A Man & His Cat 01

bukuDapatkan Bukunya Disini!

Volume satu terbitan dari Elex Media Komputindo ini sudah terbit sejak 27 Januari 2021 lalu, dan tersedia di Gramedia.com. Saat ini sudah ada 4 volume di Indonesia, dan akan masih ada kelanjutan ceritanya. Sedangkan di Jepang sendiri sudah ada hingga 6 volume dan masih on-going.

Si kucing yang sepanjang waktu hidup di pet shop, kini dapat merasakan dipelihara dengan penuh kasih sayang oleh seseorang. Ia diberi nama “Fukumaru” yang berarti keberuntungan. Karena bagi Kanda, Fukumaru selalu membawa kebahagiaan untuk hidupnya. Pada bab-bab awal menceritakan sifat Fukumaru, dan bagaimana dia beradaptasi tinggal di rumah yang luas.

2. A Man & His Cat 02

bukuDapatkan Bukunya Disini!

“Aku jadi ingin memeluknya saat itu juga.” — Fuyuki Kanda

Volume kedua mengisahkan kebahagiaan yang datang tiada henti antara Fuyuki Kanda dan kucing kesayangannya, Fukumaru. Kehidupan sehari-hari keduanya, menggerakkan kembali waktu sang pria yang sempat terhenti. Inilah kisah hangat tentang seekor kucing yang ingin dicintai oleh tuannya.


Baca juga: 10 Komik Best Seller Hingga Pertengahan Tahun 2021


3. A Man & His Cat 03

bukuDapatkan Bukunya Disini!

“Asalkan Papa mengharapkannya, Fukumaru akan panjang umur.” — Fukumaru

Selajutnya, mengisahkan Fukumaru yang kini telah hidup bersama Fuyuki Kanda dan menyebutnya papa. Namun, pada suatu hari Fukumaru dibawa ke rumah sakit. Fukumaru terdesak! Apakah tuannya juga ikut terdesak di dalam hati?

Di tengah hari-hari yang menyilaukan itu, rekan sejawat dan sahabat sang Tuan juga datang berkunjung. Berkat mereka, sang Tuan yang terkadang menangis ini, kembali lagi menjadi ceria. Inilah kelanjutan kisah seorang Tuan dan seekor Kucing yang sama-sama kesepian.

4. A Man & His Cat 04

bukuDapatkan Bukunya Disini!

"Sejak pertama kali bertemu, sejak memutuskan untuk memeliharamu, kamu sudah menjadi keluargaku”.  — Fuyuki Kanda

Hati kucing menghangat dan dirinya merasa tenang, karena si pria mengatakan jika sejak pertama kali bertemu, memutuskan untuk memeliharanya, dan sudah menjadi bagian dari keluarganya. Peristiwa ini menjadi awal mula pertemuan seorang pria kesepian dan kucing dewasa yang ingin dicintai.

Namun dalam volume ini, mengisahkan seorang pria yang benci terhadap kemampuan Fuyuki Kanda sebagai pianis genius. Pada suatu hari, dia dipaksa menerima seekor kucing oleh ibunya sehingga mengharuskannya pergi ke pet shop untuk membeli kebutuhan kucing. Di sanalah dia berpapasan dengan Fuyuki Kanda.

Begitu mengaku bahwa dirinya baru pertama kali memelihara kucing, Fuyuki Kanda tiba-tiba menawarkan diri untuk berkunjung ke rumahnya. Lalu akankah pria itu masih membenci Fuyuki Kanda yang telah membantunya? Apakah ikatan antara kucing dengan kucing ini membawa kisah persahabatan yang baru untuk para pemiliknya?

5. A Man & His Cat 05

bukuDapatkan Bukunya Disini!

"Fukumaru, Fukumaru…. Di mana kamu!?”.  — Fuyuki Kanda

Di luar jendela tampaklah seekor kucing hitam. Ternyata itu adalah kucing senior sekaligus teman Fukumaru sewaktu masih berada di pet shop. Kucing hitam yang lebih dulu diadopsi daripada Fukumaru ini terlihat penuh luka dan tampak terancam. Fukumaru jadi panik saat melihat temannya menjadi sangat menyedihkan.

Fukumaru mengambil tindakan sembrono hingga membuat Kanda ikut panik dan mencari keberadaannya. Pada volume kelima ini, momen-momen nelangsa dalam kisah kucing dan manusia akan dimulai kembali.


Komik A Man and His Cat menerima banyak respons positif dari penggemar manga di Jepang. Dari segi gambar, komik ini memiliki art yang modern dan nyaman dipandang. Komik ini juga sangat sederhana namun tetap bernuansa hangat. Kita akan ikut merasakan perasaan nyaman, hangat, dan santai ketika membaca manga ini. Sejauh ini, pembaca selalu menyukai bagaimana alurnya berjalan.

Dari chapter awal sampai volume 5, Umi Sakurai berhasil membangun perasaan nyaman di hati pembaca. Kisah ini juga mengajarkan bagaimana kita bisa menemukan kebahagiaan di mana saja. Keseharian Fuyuki Kanda yang sepi, kembali berwarna sejak hadirnya Fukumaru dalam kehidupannya.

Tingkah laku Fukumaru yang menggemaskan akan selalu membuat kita tertawa dan mungkin akan membuat orang-orang jadi ingin memelihara kucing lucu seperti Fukumaru.

Udah nggak sabar kan baca komik satu ini? Kamu bisa segera dapatkan komiknya di Gramedia.com. Kamu juga bisa menikmati berbagai promo menarik di Gramedia.com, dengan klik gambar di bawah ini. Dijamin belanjamu jadi makin maksimal!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Jangan lupa, kamu bisa pesan melalui layanan terbaru "Pesan Antar". Tinggal chat melalui WhatsApp, dan pilih pengiriman instant (khusus Jabodetabek). Paketmu tiba di rumah lebih cepat loh!

PesanKlik untuk Info Lebih Lanjut dan Pesan Via Whatsapp!


Sumber foto header: Dok. Gramedia.com

Penulis: Almira Rahma Natasya & Nur Qomariyah


Almira R. Natasya

Almira R. Natasya

Digital Content Officer Gramedia Digital

Enter your email below to join our newsletter