7 Tips dan Trik untuk Tetap Fokus Sepanjang Hari

7 Tips dan Trik untuk Tetap Fokus Sepanjang Hari

. 3 min read

Di bulan Ramadan ini, mungkin kita akan sedikit lebih susah untuk fokus dan berkonsentrasi. Menurut pakar kesehatan hal ini disebabkan karena menurunnya kadar gula dalam darah, terlalu banyak makan gorengan, dan juga kurang tidur.

Asalkan kita bisa menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat di bulan puasa, menurut pakar kesehatan kita tidak akan mengalami kesulitan dalam menjaga fokus dan konsentrasi.

Tapi makan gorengan pas berbuka puasa memang mesti dikurangin yaaa, hehe.. Nah, agar kamu tetap produktif, di bawah ini ada beberapa tips untuk membantu kamu meningkatkan konsentrasi dan fokus.

1. Time Management

time
Sumber: unsplash.com

Agar efisien dalam mengerjakan pekerjaan kantor dan tugas kuliah sesuai deadline, pertama yang harus kamu lakukan adalah mengatur time management dengan baik, kemudian diikuti menulis to-do list, sehingga kamu dapat fokus untuk mengerjakan tugas tanpa keteteran, dan menghasilkan pekerjaan yang maksimal.

2. Atur Handphone ke Mode Silent

smartphone
Sumber: unsplash.com

Kami tahu memang sangat sulit untuk tidak memainkan handphone ketika bekerja. Namun agar tetap fokus mengerjakan tugas, kamu harus mengurangi melihat ponselmu, karena bisa dikatakan gadget adalah biggest distraction.

Untuk mengakalinya, atur smartphone kamu pada mode silent, tutup aplikasi belanja online dan media sosial, lalu jauhkan posisinya dari pandanganmu. Patut dicoba nih, karena hal ini dapat membuat kamu untuk tidak sebentar-sebentar mengecek handphone, dan jadi lebih fokus untuk menyelesaikan pekerjaan. :D

3. Mengerjakan Tugas di Atas Meja, Jangan di Atas Tempat Tidur

meja
Sumber: sophiesmood.com

Jika mengerjakan tugas di rumah, agar tetap fokus kamu harus mengerjakannya di atas meja. Kenapa? Kalau kamu memilih mengerjakannya di atas tempat tidur, percayalah kamu pasti bakal tidur-tiduran, lalu jadi ngantuk, dan akhirnya menunda tugas yang sedang dikerjakan, hehe..

Bukan begitu? Nah, biar semangat bikin tugasnya, kamu bisa bikin smoothie dulu, teh atau kopi, dan bikin area mejamu senyaman mungkin.

4. Prioritaskan Tugas Kamu

to
Sumber: squid-bits.blogspot.com

Seperti poin di nomor satu yang kami anjurkan untuk mengatur time management, jangan lupakan untuk membuat to-do list. Susun skala prioritas, tulis tanggal deadline, dan tugas mana yang harus kamu kerjakan lebih dulu.

Setelah selesai, jangan lupa untuk menyilang tugas yang sudah dikerjakan, karena hal ini akan memberikan rasa puas, dan dapat meningkatkan produktivitas kamu untuk mengerjakan tugas selanjutnya.

5. Luangkan Waktu 15 Menit untuk Meditasi

meditasi
Sumber: Muriel de Seze/Getty Images

Nyalakan musik yang lembut dan luangkan waktu kamu sejenak untuk meditasi. Atau jika sedang berada di kantor, kamu bisa tetap meditasi sebentar kok di sekitar meja kerja kamu, dengan menyisihkan waktu sekitar 10-15 menit.

Selain bisa mengurangi stres, ketika kamu fokus pada mantra dan pernapasan, otak kamu pun akan jadi lebih rileks. Tentunya manfaat yang didapatkan akan membuat kamu lebih mudah untuk mengorganisir pikiran, dan membuat kamu lebih fokus lagi.

6. Ditemani Cemilan Sehat

healthy
Sumber: healthylittlecravings.com

Di kala mengerjakan pekerjaan kantor atau tugas kuliah, pasti kita akan merasa jenuh. Nah, coba deh selingi dengan menyantap cemilan sehat, seperti granola bar, buah, atau kacang-kacangan.

Beberapa makanan yang bisa membantu kamu meningkatkan fokus dan konsentrasi, diantaranya buah berry, telur, alpukat, seledri, sampai dark chocolate.

7. Istirahat Sejenak

power
Sumber: nuvanna.com

Jangan salah, beristirahat sebentar ketika sedang mengerjakan tugas itu nggak kalah penting. Ternyata hal ini dapat meningkatkan produktivitas dan membuat pikiran jauh lebih segar.

Kamu bisa beristirahat sejenak sekitar 15-30 menit, yang dipergunakan untuk tidur sebentar, memeriksa handphone, baca buku, atau jalan-jalan. Dan biar semakin 'segar', kamu juga bisa menggunakan metode memercikan air dingin ke wajah kamu, loh.


Bagaimana dengan kamu sendiri, apa saja trik yang kamu lakukan untuk tetap fokus? Share yuk!

Dan agar tetap termotivasi, kamu bisa membaca berbagai buku terlaris kami di Gramedia.com dan juga e-book terbaru di Gramedia Digital.


Sumber foto header: unsplash.com