Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

6 Negara Pertama yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia

6 Negara Pertama yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia

Negara yang Pertama Kali Mengakui Kemerdekaan Indonesia - Pada tanggal 17 Agustus 1945, proklamasi kemerdekaan dikumandangkan dan berdirilah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Di sisi lain, terbentuknya suatu negara ternyata dipengaruhi oleh dua unsur, yaitu unsur konstitutif dan deklaratif.

Unsur konstitutif terbentuknya suatu negara terdiri dari wilayah, rakyat, dan pemerintahan yang berdaulat. Adapun unsur deklaratif meliputi pengakuan dari negara lain. Unsur deklaratif sebenarnya bukanlah unsur yang mutlak harus dipenuhi. Namun pengakuan dari negara lain sangatlah penting agar tidak diasingkan dalam hubungan internasional.

Inilah beberapa negara yang telah memberikan sumbangsih besar kepada Indonesia agar dapat mempertahankan kemerdekaannya. Mereka juga lah yang pertama kali mengakui kemerdekaan Republik Indonesia. Negara mana saja ya?

6 Negara yang Pertama Kali Mengakui Kemerdekaan Indonesia

1. Mesir

Image source: www.kemlu.go.id

Mesir merupakan negara pertama yang memberikan pengakuan kedaulatan terhadap Indonesia. Negara yang terkenal dengan piramida dan Sphinx tersebut mengakui kedaulatan Indonesia pada tanggal 22 Maret 1946. Hingga tahun 2018, Indonesia telah menjalani hubungan diplomatik dengan Mesir selama 71 tahun. Hubungan kerja sama antara kedua negara ini terus ditingkatkan sampai saat ini.

2. Suriah

Walaupun Indonesia sudah memproklamasikan kemerdekaannya, agresi militer Belanda masih terus berlangsung. Suriah, salah satu negara anggota Liga Arab, turut memperjuangkan persoalan yang dihadapi Indonesia itu untuk dibahas dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 1947. Sampai akhirnya, agresi militer Belanda di Indonesia dihentikan melalui perundingan secara damai.

Sejak saat itu, terjalinlah hubungan bilateral antar keduanya. Akan tetapi, kegiatan peningkatan hubungan terhenti ketika krisis Suriah menyeruak pada tahun 2011. Saat ini, hubungan bilateral antara Indonesia dan Suriah hanya sebatas saling mendukung dalam forum internasional. Kita doakan saja semoga krisis di Suriah cepat mereda dan situasi kembali kondusif ya!

3. Lebanon

Image source: www.kemlu.go.id

Setelah Mesir dan Suriah, Lebanon merupakan negara ketiga yang mengakui kedaulatan Indonesia. Pada tanggal 29 Juli 1947, pengakuan secara de-jure diberikan kepada NKRI oleh Lebanon.

Dari situlah, hubungan bilateral antara Indonesia dan salah satu negara yang terletak di Timur Tengah itu pun dimulai. Pada awalnya, Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Mesir turut diakreditasikan dalam mengelola hubungan diplomasi dengan Lebanon. Namun, Kedutaan Besar RI untuk Lebanon akhirnya didirikan secara resmi di Beirut pada tahun 1996.

kumpulanTemukan Semua Bukunya di Sini!

4. Yaman

Salah satu negara anggota Liga Arab lainnya yang mengakui kedaulatan Indonesia adalah Yaman. Pengakuan terhadap kemerdekaan Indonesia diberikan pada tanggal 3 Mei 1948.

Hingga saat ini, persahabatan kedua negara telah berlangsung selama 70 tahun. Hubungan diplomatik antara Indonesia dan Yaman terus ditingkatkan, baik dalam bidang politik, ekonomi, hingga sosial dan budaya.

5. Arab Saudi

Sejak memberikan pengakuan kedaulatan kepada Indonesia, Arab Saudi terus mempertahankan hubungannya dengan Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari kunjungan Raja Salman ke Indonesia pada tahun 2017 lalu.

Sejatinya, hubungan diplomatik antara Arab Saudi dan Indonesia secara resmi dimulai pada tanggal 1 Mei 1950. Beberapa hubungan kedua negara ini yang paling tampak adalah adanya kesempatan kerja bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi dan kerja sama di bidang haji.

6. Vatikan

Salah satu negara pertama di Eropa yang memberikan pengakuan kedaulatan terhadap kemerdekaan Indonesia adalah Vatikan, tepatnya pada 6 Juli 1947. Hubungan diplomatik keduanya terlihat dengan berdirinya Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Vatikan pada tahun yang sama. Selain itu, hubungan RI dan Vatikan semakin diperkuat ketika Kedutaan Besar Vatikan (Apostolic Nunciature) hadir secara resmi di Jakarta sejak tahun 1950.

Nah, selain itu masih ada beberapa negara lain seperti Palestina dan Afghanistan, yang mengakui kemerdekaan Indonesia pertama kali. Terima kasih kepada negara-negara tersebut atas segala sumbangsihnya yang berarti! 💐

Selanjutnya, Admin mau bagi-bagi rekomendasi buku yang bisa menemani kamu di bulan semangat kemerdekaan ini! 🤩

Rekomendasi Buku dan Bacaan untuk Mengisi Waktu di Hari Kemerdekaan Indonesia

1. Mengenal Tokoh Bangsa

Pertama, mari kita jadikan momen ini untuk mengenal para pahlawan yang sudah berjasa besar dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Tak hanya, Ir. Soekarno atau Mohammad Hatta, namun kamu pun harus mengenal nama-nama seperti M. Yamin maupun Sutan Sjahrir.

Mengenal mereka bisa dilakukan dengan mudah hanya dengan membaca buku-buku biografi yang inspiratif dan memberikan ilmu sejarah yang sahih. Temukan rekomendasi buku-bukunya melalui artikel berikut ini:

2. Bacaan Hiburan tentang Kemerdekaan dan Sejarah Indonesia

Masih banyak hal lain yang bisa menggugah kebutuhan entertaining kamu dari kemerdekaan Indonesia. Contohnya dengan artikel-artikel menarik berikut ini:


Karena kamu #SahabatTanpaBatas, Admin berikan diskon spesial untuk membeli buku-buku di Gramedia.com dengan harga yang lebih hemat! Apalagi, di bulan Kemerdekaan ini ada banyak promo yang bisa kamu gunakan. Dijamin buat belanja makin maksimal! Klik dan temukan di bawah ini.

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: Unsplash


Junika Kasih

Junika Kasih

Content Writer for Gramedia.com

Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus