Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

6 Kebiasaan Unik Jelang 17 Agustus

6 Kebiasaan Unik Jelang 17 Agustus

Bulan Agustus merupakan bulan yang istimewa bagi bangsa Indonesia. Pasalnya di bulan tersebut ikrar kemerdekaan Indonesia dikumandangkan, tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945. Berbagai kegiatan pun digelar oleh masyarakat untuk memperingati hari bersejarah ini.

Nah, masyarakat Indonesia memiliki cara tersendiri untuk merayakan sekaligus mengenang perjuangan para pahlawan. Mau tahu? Yuk, simak apa saja kebiasaan-kebiasaan unik yang sering dijumpai saat merayakan kemerdekaan Republik Indonesia!

1. Kerja Bakti Lingkungan

Image source: griajkt08.wordpress.com

Menjelang hari kemerdekaan Indonesia, para warga mengadakan kegiatan kerja bakti lingkungan. Mulai dari anak-anak hingga orang tua turut meramaikan kegiatan ini. Dalam pelaksanaannya masyarakat melakukan pembagian tugas untuk membuat pekerjaan menjadi lebih cepat terselesaikan. Ada yang membersihkan irigasi, memotong rumput di sisi kanan kiri jalan, membersihkan selokan, dan masih banyak lagi. Kerja bakti ini ternyata tidak hanya berfungsi untuk menjaga kebersihan lingkungan, tetapi juga dapat mempererat silaturahmi antar warga.

2. Memasang Umbul-umbul dan Bendera Merah Putih

Image source: kemenagkarimun.blogspot.com

Pemasangan umbul-umbul dan bendera merah putih pun sudah seperti tradisi yang tidak dapat terlewat saat perayaan kemerdekaan. Bagaimana tidak, di jalan umum hingga rumah-rumah warga pun tampak indah berwarna warni karena dihiasi umbul-umbul dan bendera merah putih. Pemasangan pernak-pernik ini juga tidak semata dilakukan berdasar inisiatif warga saja, melainkan pemerintah pun sudah menetapkan aturan khusus untuk melakukannya.

3. Lomba Agustusan

Image source: www.kompasiana.com

Dari lomba makan kerupuk, balap karung, mengambil belut, memasukkan paku dalam botol, dan lain sebagainya membuat suasana peringatan hari kemerdekaan menjadi semakin meriah. Tidak hanya anak-anak yang senang mengikuti kegiatan ini, bahkan ibu-ibu dan bapak-bapak tidak kalah antusiasnya.

Hayo, siapa yang merindukan momen ini? Jika kamu salah satunya, jangan khawatir karena saat yang kamu tunggu akan segera tiba!

4. Karnaval dan Festival Kemerdekaan

Image source: regional.kompas.com

Berbagai festival ramai dipertontonkan di berbagai daerah untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Mulai dari festival seni dan budaya, hingga kuliner khas nusantara siap memanjakan para pengunjung yang datang. Beberapa di antaranya berlangsung unik, salah satunya di Palembang, Sumatera Selatan terdapat festival arak-arakan Telok Abang (Telur Merah). Ternyata tradisi ini sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda, yakni untuk memperingati hari Ulang Tahun Ratu Belanda Wilhelmina II. Tradisi telok abang itu pun hingga sekarang masih terus dilestarikan untuk memperingati HUT RI setiap tahunnya. Untuk memeriahkannya, masyarakat Kota Palembang membuat telur yang dicat merah. Awalnya telok abang ini menggunakan telur itik, namun kini dengan telur ayam.

5. Upacara Bendera

Image source: nasional.kompas.com

Acara puncak di bulan yang istimewa ini adalah upacara bendera, yang tepat dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus. Tidak hanya di kota-kota besar saja, masyarakat yang berada di wilayah perbatasan pun tak mau ketinggalan melaksanakan kegiatan sakral yang satu ini.

6. Potong Tumpeng

Image source: travel.kompas.com

Setelah serangkaian acara dilakukan, pemotongan tumpeng akan dilakukan sebagai prosesi penutupan acara. Beriringan dengan doa bersama, hal ini dilakukan sebagai wujud dari rasa syukur terhadap Allah swt atas karunia kebebasan dari penjajahan sekaligus mendoakan para pahlawan yang telah gugur.

Itu dia kebiasaan-kebiasaan unik yang sering dilakukan menjelang perayaan kemerdekaan Indonesia. Apa saja kebiasaan unik lainnya menurut versimu?


Halimah Nurfaizah

Halimah Nurfaizah

Content Writer Internship for Gramedia.com

Enter your email below to join our newsletter