6 Ide untuk 'Me Time' di Bulan Ramadan

. 4 min read

Bulan Ramadan, bulan yang begitu istimewa dan penuh berkah yang selalu kita nantikan. Berbagai kegiatan positif dan penuh keseruan bisa kita lakukan di bulan ini, mulai dari mengaji bersama-sama, membuat makanan dan minuman untuk berbuka puasa, shalat Tarawih berjamaah, hingga berbagi kasih dengan mengunjungi panti asuhan dan panti jompo.

Namun jangan lupakan untuk melakukan 'Me Time' ya. Self care menjadi hal yang sangat penting untuk diri kita, karena momen ini dapat menjadi refleksi terhadap apa yang telah kita lakukan, menjadi saat untuk berkomunikasi dengan diri sendiri, dan meluangkan waktu dengan hal yang menyenangkan.

Nah, agar tubuh dan pikiran kamu menjadi lebih segar dan juga rileks, berikut 6 ide untuk 'Me Time' di bulan Ramadan.

1. Konsumsi lebih banyak buah dan sayuran pada saat sahur dan berbuka puasa

buah
Sumber: mybakingaddiction.com

Me time nggak hanya sebatas aktivitas saja, menikmati makanan lezat yang mengandung banyak vitamin juga salah satu cara untuk merawat diri kita. Seperti kita tau buah dan sayur mengandung banyak nutrisi. Maka dengan mengonsumsinya saat sahur dan berbuka puasa bisa menjaga agar tubuh kita tetap terhidrasi, bugar dan memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin, mineral dan serat. Jadi jangan males makan buah dan sayur yaa.

Berikut rekomendasi e-book resep makanan terlaris yang ada di Gramedia Digital.

2. Isi waktu ngabuburit dengan buku mewarnai

coloring
Sumber: unsplash.com

Masih ingat bagaimana menyenangkannya mewarnai buku waktu kita kecil dulu? Setuju ya jika bahagia itu sederhana :)

Yup, kegiatan mewarnai ternyata tidak hanya mengusir rasa bosan, tetapi bisa melatih kemampuan motorik, membuat otak menjadi lebih fokus dan dapat menggantikan pikiran negatif dengan pikiran yang menyenangkan. Waah!

Bahkan beberapa penelitian mengatakan jika kegiatan mewarnai bisa memberikan efek therapeutik untuk menurunkan tingkat kecemasan dan stres, serta membuat pikiran lebih tenang.

Jadi jangan ragu untuk mengisi waktumu dengan mewarnai ya. Dan kamu bisa pilih bukunya di Gramedia.com.

3. Mengirimkan surat atau pesan manis dengan tulisan tangan

handwritten
Sumber: shopnatalieryan.com

Kapan kamu terakhir kali menulis surat dan pesan manis yang ditujukan untuk orang-orang tersayangmu? Wah, udah lama banget kan? Yap, surat melekat pada emosi dan perasaan, seperti ada kebahagiaan tersendiri ketika menulis dan membaca surat dengan tulisan tangan.

Kira-kira apa saja ya yang bisa kita tulis? Wah, banyak banget, mulai dari (ehem) menulis surat cinta untuk si dia, sahabatmu, adik, kakak, dan orangtua. Tulis saja apa yang ada di hatimu, seperti ungkapan kenapa kamu sangat menyayangi mereka, dan beri tahu hal yang kamu sukai dari mereka.

Atu kamu juga bisa mengirim surat ke temanmu yang sedang mengalami masa sulit, dengan menulis surat yang bisa menenangkan dan menguatkannya. Dan jangan lupakan untuk membuat kartu ucapan Lebaran dan ucapan ulang tahun yang artsy, yang bisa membuat me time kamu semakin produktif.

Nah, sehabis menulis surat, kita bikin kreasi menarik yuk! Berbagai macam idenya ada di sini>> Gramedia.com dan Gramedia Digital.

4. Meditasi

meditasi
Sumber: unsplash.com

Dengan suasana yang damai, dapat dilakukan di dalam kamar atau di halaman rumah, kamu bisa bermeditasi untuk menciptakan ketenangan pikiran dan tubuh yang rileks.

Meditasi sendiri punya banyak manfaat untuk kesehatan jiwa dan kebugaran tubuh. Diantaranya dapat mengurangi stress, mengontrol rasa cemas, memperkuat daya ingat, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kualitas tidur.

Nah, agar meditasimu semakin nyaman, kamu bisa menyalakan lilin dengan wewangian yang kamu suka, meredupkan lampu jika meditasi di dalam ruangan, dan pasang timer sesuai rentang waktu yang kamu inginkan, misalnya 15 menit atau 1 jam.

Di Gramedia Digital kamu bisa menemukan berbagai macam e-book berisikan tips untuk meditasi, loh.

5. Menghadiahkan diri sendiri dengan bunga yang cantik

bunga
Sumber: Pinterest.com

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard menyebutkan jika menaruh bunga segar di dalam rumah dapat membuat suasana hati kita menjadi lebih baik.

Bahkan sebuah studi dari Texas A&M University mengungkapkan jika kehadiran bunga di kamar atau meja kerja dapat memicu kreativitas dan membuat pemikiran yang lebih inovatif.

Psst, kamu juga bisa mengkreasikan berbagai bunga, dengan lihat tipsnya melalui e-book yang tersedia di Gramedia Digital.


6. Jalan kaki atau jogging, lalu ambil foto apapun yang membuat kamu tersenyum

jogging
Sumber: unsplash.com

Jogging pagi hari atau sore ketika libur, pasti menyenangkan. Atau sekedar jalan kaki dan menikmati suasana tempat tinggal kita, juga tidak kalah asyik loh. Kamu bisa menyapa para tetangga dan sekalian hunting foto yang bisa membuatmu tersenyum. Misalnya, foto candid tukang sayur langganan mama yang lagi ketawa sumringah, anak-anak kecil yang lagi main sepeda, bunga-bunga cantik yang kamu lewati, atau foto aneka jajanan kaki lima yang unik.

Jogging dan jalan kaki tentu punya banyak manfaat. Seperti menguatkan otot-otot kaki, membakar lemak, meningkatkan suasana hati, menghilangkan stres, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, membuat lebih produktif, dan dapat meningkatkan kesehatan jantung. Yuk, daripada leyeh-leyeh di tempat tidur, mendingan kita jalan kaki atau jogging.

Nah, kalau sudah selesai olahraga, sampai rumah kita bikin makanan dan minuman yang sehat dong. Kamu bisa intip resepnya di Gramedia Digital.


So, selamat ber-Me Time dan jangan lupa untuk membaca bukumu ya! :)