5 Tips Menularkan Gemar Membaca ala Kang Maman Suherman

5 Tips Menularkan Gemar Membaca ala Kang Maman Suherman

. 2 min read

Membaca seringkali dianggap kegiatan yang membosankan oleh remaja dan generasi muda. Beberapa orang bahkan dengan tegas menolak untuk membaca, meskipun buku tersebut sedang hype di kalangan remaja. Nah, bagaimana ya caranya untuk bisa menularkan gemar membaca jika memiliki teman seperti itu?

Penulis Maman Suherman membagikan tips untuk menularkan rasa suka membaca untuk orang-orang yang bisa dibilang anti dengan buku atau membaca. Setidaknya ada lima tips yang bisa kita lakukan untuk menularkan gemar membaca kepada orang sekitar. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Retelling story

Membaca bukanlah kegiatan yang bisa dipaksakan. Menurut Maman Suherman, cara paling awal untuk bisa menularkan gemar membaca adalah menceritakan ulang sebuah kisah yang ditulis di sebuah buku.

"Jangan menjadikan buku sebagai benda mati, harus dialog, kita mendongengkan sebuah buku kepada si orang yang tidak suka membaca," kata Maman Suherman, kepada Gramedia.com, baru-baru ini.

2. Bikin dia penasaran

Tak asal mendongeng, tapi juga cari tahu topik atau bahasan yang orang tersebut sukai. Buat dia penasaran dengan hal tersebut dan buku yang kita ceritakan.

"Kita mendongengkan data ilmu pengetahuan yang jauh dari jangkauannya dan kita buat dia bertanya, 'kok lo tau?', kitanya kan tinggal bilang, karena baca dari buku," ucapnya. Dengan begitu, kita sudah membangun rasa penasaran untuk membaca.

3. Pilihkan buku

Pilihkan buku yang cocok untuk orang tersebut. Ketika rasa penasaran sudah tumbuh, lama-kelamaan sodori dia buku yang cocok. Lagi-lagi, harus diingat, jangan memaksa orang tersebut untuk membaca buku yang tidak menarik perhatiannya.

MAMANSUHERMAN
Kang Maman Suherman dalam sesi one on one interview di acara The Reader Fest. (Dok. Gramedia.com)

4. Sesuaikan minatnya

Sebelum memilihkan buku, kita sendiri harus bisa membedakan jenis-jenis buku. Jangan sampai salah memberikan rekomendasi buku ya!

"Kalau sukanya dunia khayal, rekomendasikan buku fiksi. Kalau kamu sukanya sains, kasih buku non fiksi, dan gabungkan keduanya dengan buku sains fiksi. Itu akan asik," tutur pria yang lahir di Makassar, 10 November 1965 tersebut.

5. Buku adalah sahabat

Terakhir, kita harus memberikan contoh kepada mereka, kalau dengan buku atau dengan membaca kita mendapatkan banyak hal positif. Salah satunya adalah dengan gemar membaca, kita memiliki sahabat bernama buku.

"Kenapa dengan buku bisa begitu asyik karena buku mengembangkan imajinasi kita, dan sahabat yang tak pernah berkhianat itu adalah buku," tutup pria yang akrab disapa Kang Maman itu.


Jadi, siapkah kalian menulari sekitar untuk menjadi pribadi yang gemar membaca? Yuk, ikuti tips dari penulis buku kumpulan puisi Bhinneka Tunggal Cinta di atas.

Ngomong-ngomong, kalian sudah baca buku Kang Maman belum? Kalau belum segera dapatkan di Gramedia.com ya! Rekomendasi buku-buku karya Kang Maman bisa kamu lihat di sini.