5 Tips untuk Menjaga Produktivitas Ala Marie Kondo

5 Tips untuk Menjaga Produktivitas Ala Marie Kondo

. 2 min read

Merasa kurang produktif? Sudah saatnya kalian mencoba membuat daftar kegiatan, agar semua deadline atau pekerjaan sesuai dengan waktunya dan kalian tetap memanfaatkan waktu dengan baik.

Marie Kondo penulis buku The Life Changing Magic of Tidying Up pun mengakui, bahwa untuk menjaga diri tetap produktif, memang perlu guideline yang dibuat berdasarkan waktu-waktu yang diinginkan, baik itu per hari, per minggu atau per bulan.

Dari penentuan kegiatan yang dibuat itu, maka kalian tinggal menyelaraskan semuanya sesuai dengan prioritasnya. Dengan begitu kalian tetap bisa produktif dengan waktu yang efisien.

Tips
sumber: konmari.com

Dalam situs resmi miliknya, Marie Kondo membagikan tips yang bisa dilakukan untuk menjaga produktivitas seseorang. Apa saja tips tersebut, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Mulai pagi dengan energi yang baik

Lewat tulisan di situs resminya, Marie Kondo mengatakan dia selalu bangun pukul 06.00 pagi. Dia kemudian membuka jendela di rumahnya, agar udara segar bisa masuk ke dalam rumah, dan memberikan energi yang baik.

Wanita Jepang ini kemudian mengucapkan syukur dan berdoa untuk semua kebaikan yang dirasakan dirinya dan keluarga.

Dia juga mengatakan, meski dia bekerja di rumah, tetap bersiap, berpakaian rapi dan berdandan. Karena, menurutnya hal seperti itu akan berpengaruh pada produktivitasnya.

2. Mencatat apa yang harus dilakukan

Membuat daily to do list, adalah hal wajib bagi Marie Kondo. Dia akan menuliskan apa saja yang harus dilakukannya dalam satu hari.

Mulai dari pekerjaan rumah, seperti melipat cucian, hingga membalas email yang diterimanya. Jika telah dilakukan, dia akan memberikan tanda di setiap list.

Melihat tanda pada semua daftar yang dibuat sebelumnya, akan memberikan rasa kepuasan tersendiri untuknya.


Baca juga: Belajar Digital Marketing dari Pakarnya Lewat 7 Buku Ini


3. Berkomunikasi dengan rekan kerja

Sharing atau berdiskusi membantu diri untuk menjadi produktif. Marie Kondo pun memberikan contoh apa yang dilakukannya bersama suami.

Dia dan suami kerap berbagi daily to do list, dan ketika Marie Kondo telah menyelesaikan pekerjaan, dan sang suami bisa mengetahuinya, sang suami akan mengucapkan terimakasih.

Hal simpel seperti itu ternyata dapat berpengaruh pada keharmonisan pekerjaan yang dilakukan bersama.

4. Bersihkan pikiran

Marie Kondo mengutarakan, jika dalam keadaan banyak pikiran, dia akan berusaha meluruskannya terlebih dahulu.

Caranya, dengan menuliskannya di selembar kertas, dan di saat itu dia akan memilah pikirannya, untuk membedakan mana yang bisa dia luruskan dan mana yang ada di luar kendalinya.

Dia pun memberi contoh, hal yang terjadi di luar kendalinya, dan dia tak perlu mengeluarkan emosi negatif karenanya. Seperti saat sang anak yang tak juga bangun, di saat sudah masuk waktu kerja. Dia menyadari, bahwa hal itu di luar kendalinya, karena itu hal yang bisa dilakukan hanyalah tetap tenang.

5. Buat kegiatan rutin di malam hari

Marie Kondo mencoba untuk mengoptimalkan waktu yang ia punya. Sekalipun saat malam tiba.

Ia mengatakan bahwa dia memiliki sejumlah rutinitas yang akan tetap membuatnya produktif. Seperti menyediakan waktu tetap bersama anak-anak. Makan malam bersama keluarga. Setelah itu dilanjutkan dengan membacakan buku untuk anak.

Setelah anak tidur, Marie masih terus produktif dengan melakukan hal yang disukainya, seperti mengganti air di vas bunga serta beres-beres rumah. Hingga akhirnya menggunakan minyak beraroma untuk memudahkan dirinya tertidur.


Itu tadi lima tips untuk menjaga produktivitas kamu. Ingin lebih banyak lagi mengetahui tentang pola hidup positif ala orang-orang Jepang? Bisa langsung baca buku-buku referensinya di Gramedia Digital.


Sumber foto header: konmari.com