5 Cara Kreatif Menata Koleksi Buku di Rumah. Cobain, Yuk!

5 Cara Kreatif Menata Koleksi Buku di Rumah. Cobain, Yuk!

. 3 min read

Punya banyak koleksi buku tapi nggak terurus? Atau puluhan hingga ratusan bukumu dibiarkan berantakan begitu saja di rak buku? Bagaimana caranya ya membuat koleksi buku-buku di rumah agar terlihat lebih cantik dan menarik?

Ternyata caranya sangat mudah. Ada beberapa cara kreatif yang bisa dilakukan, yang pastinya akan semakin menggugah selera kamu untuk membaca dan terus membaca.

Berikut Gramedia.com siapkan lima cara kreatif yang bisa kamu terapkan untuk menyulap koleksi bukumu terlihat lebih cantik dan menarik.

Kamu pun bisa membuat urutannya berdasarkan beberapa hal, di antaranya;

1. Berdasarkan warna

RAKBUKU
(source: pixabay)

Melihat buku dengan warna cover yang sama ditata dengan cantiknya, membuat suasana terlihat lebih meriah. Apalagi jika kombinasi warna memang dibuat sedemikian rupa, misalnya dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah dibuat berjajar sesuai warna pelangi, merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu. Pasti seru ya?

Misalkan saja, buku Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald ditata berdampingan dengan buku Bumi Tere Liye, dan beberapa buku lain yang juga memiliki cover berwarna hijau. Kemudian di rak bagian bawahnya tersusun buku-buku dengan cover berwarna biru, seperti buku Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) dari Marchella FP, atau buku The Stories of Choo Choo: You're Not as Alone as You Think dari Cita Marina.

2. Berdasarkan genre

RAKBUKU
(source: pixabay)

Kalau yang ini, sedikit tricky nih. Grameds, harus pisahkan bagian genre yang paling menarik dari atas ke bawah. Kenapa? Sebab buku yang ditaruh di bagian atas akan mudah terlihat. Hal ini bisa menjadi daya tarik tersendiri, lho.

Biasanya sih, genre fantasi atau science fiction punya banyak penggemar loyal. Kalau kamu, bakalan pilih genre apa nih untuk dipajang di rak bagian atas?

3. Berdasarkan buku berseri

RAKBUKU
(source: pixabay)

Nah, yang satu ini banyak sekali contohnya. Biasanya sih, kalau buku berseri yang masuk daftar best seller punya box set series. Box set ini berlaku untuk buku lokal ataupun internasional.

Kalau kalian punya koleksi series tersebut, dijamin pasti akan mempercantik rak buku kalian. Beberapa series yang punya box set antara lain, *The Hunger Games series, Twilight Saga, The Harry Potter, Percy Jackson* ataupun seri Supernova untuk buku lokalnya.

4. Berdasarkan bentuk

RAKBUKU
(source: pixabay)

Kalau mau mencoba yang berbeda, bisa nih memakai formula menyusun buku berdasarkan bentuknya. Misalkan, buku disusun secara vertikal alias ditumpuk. Tumpukan tersebut dibuat sesuai ukuran buku, semakin tinggi tumpukannya, maka akan semakin kecil ukuran bukunya.

Bisa juga mencoba menyusun buku dengan gaya diagonal. Kalau yang ini, harus disesuaikan dengan bentuk rak bukunya ya, Grameds. Kamu bisa cari rak buku dengan model diagonal dan menyusun buku di rak tersebut agar terlihat menarik.

5. Berdasarkan buku yang akan dibaca berikutnya

RAKBUKU
(source: pixabay)

Kalau yang terakhir ini, sebenarnya untuk memudahkan kalian mengambil buku yang akan dibaca. Selain itu, buku baru biasanya bisa menarik perhatian dari judulnya.

Cara ini juga bisa dicoba lho, supaya semakin termotivasi membaca buku-buku baru yang sudah kamu beli.


Gimana, kamu tertarik memperbanyak koleksi buku dan menyusunnya agar terlihat menarik? Jangan lupa ya tambah koleksinya dengan membeli di Gramedia.com.

Dapatkan koleksi buku-buku terbaru dan buku-buku best seller lokal maupun internasional.


Header image source: Unsplash.com