5 Tips Ampuh Menyelesaikan Buku Tebal

5 Tips Ampuh Menyelesaikan Buku Tebal

. 5 min read

Membaca buku dengan halaman yang tebal, menjadi hal yang bikinsemangat untuk bisa menyelam hingga akhir bukunya. Walaupun begitu, membaca buku tebal juga menantang, karena pasti ada rasa bosan dan bukunya malah terbengkalai di rak begitu saja.

Pernah membaca buku yang halamannya lebih dari 500? Dikutip dari Writoscope, Admin mau kasih tips efektif yang bisa membuatmu tetap semangat dan termotivasi menyelesaikan buku besar sampai selesai.

1. Pilih Tema atau Genre yang Sesuai dengan Mood Kamu

tips
Sumber foto: iStockphotos

Mungkin kamu punya genre favorit dalam memilih sebuah buku. Tapi di sini, kamu disarankan untuk memilih buku yang sesuai dengan mood kamu dahulu. Karena pasti ada masa di mana kamu akan berpaling dari genre favoritmu itu. Misalnya, suatu hari kamu tiba-tiba ingin mengetahui kisah sejarah, walaupun genre favorit kamu itu buku romantis. Jadi lebih baik pilih buku sejarah itu dulu, karena kamu sedang ingin mengetahuinya lebih dalam.

2. Pilih Buku yang Cetakannya Bagus

tips
Sumber foto: getnews.jp

Percaya nggak kalau sampul yang bagus akan membuat kamu semangat membaca? Sampul yang menarik, bahan yang enak dipegang, tinta tulisan yang mudah dibaca, serta penjilidan yang baik, akan menjadi faktor kamu senang memegang bukunya dan betah berlama-lama membacanya. Apalagi untuk membaca buku yang tebal seperti ini, akan berpengaruh pada kenyamanan kamu saat membacanya. Coba perhatikan "love at first touch"-nya ya.

3. Rencanakan untuk Buat Ulasannya

tips
Sumber foto: Unsplash

Dengan kamu berencana membuat ulasan bukunya, pasti kamu akan lebih menekankan perhatian pada setiap detail cerita yang kamu baca. Dengan terdorong rasa untuk benar-benar memahami cerita yang ada di dalamnya, kamu pun jadi mudah membacanya sampai akhir.

4. Boleh Baca Perlahan-Lahan dan Baca Buku Lain Secara Bergantian

tips
Sumber foto: oprah.com

Kapan pun kamu merasa bosan dan ceritanya mulai tidak menarik lagi, kamu tidak harus terburu-buru menyelesaikannya. Pelan-pelan saja. Kamu juga bisa coba membaca buku tipis lainnya (150-200 halaman) secara bergantian. Tidak apa-apa kok jika genrenya berbeda, hal ini untuk membantu kamu menyegarkan pikiran. Jadi, bisa lebih semangat untuk menyelesaikan kedua bukunya.

5.  Konsisten

Membaca 100 halaman hari ini, hari kedua hanya 10 halaman, hari ketiga skip nggak dibaca lagi bukunya. Coba buat target yang kamu mampu ya. Baca lebih sedikit tapi konsisten akan lebih baik. Misalnya, buat target sehari baca 30 halaman. Kalau ternyata kamu bisa lebih, naikkan jumlah halamannya secara bertahap. Yang penting, konsisten.

tips
Sumber foto: careerwise

Kamu juga bisa mencoba luangkan waktu setidaknya minimal 1 jam untuk membaca ya. Karena kamu akan membaca lebih banyak selama satu jam sehari, dibanding 15 menit selama 4 kali dalam sehari.

Nah, mau coba tantangan baca buku tebal? Nih, Admin kasih rekomendasi buku terbaru yang bisa jadi pilihan kamu.

The Sixth Wicked Child (696 Halaman)

theCoba Baca Sekarang!

Merupakan buku ketiga dan akhir dari serial novel best-seller, "The Fourth Monkey".

“Ayah, maafkan aku.” Kata-kata ini tertulis di karton dekat jasad-jasad korban yang ditemukan di tempat berbeda, mengindikasikan bahwa mereka dibunuh oleh orang yang sama. Bagi Detektif Porter, kata-kata ini membangkitkan ingatan lama yang terkubur, tapi bagi Bishop ini mengungkap kebenaran yang tersembunyi dari masa kecilnya. Chicago Metro dan FBI makin terjebak dalam kekacauan. Namun, ketika Bishop menyerahkan diri, terungkap cerita yang sama sekali tak terduga. Serta, memutarbalikkan kehidupan semua orang yang terlibat.

Miss Peregrine's Peculiar Children#3: Perpustakaan Jiwa-Jiwa (688 Halaman)

missCoba Baca Sekarang!

Merupakan buku ketiga dan menjadi akhir dari serial fiksi ilmiah terpopuler, "Miss Peregrine’s Home for Peculiar Children". Buku ini menyertakan foto-foto masa lalu yang belum pernah diterbitkan, untuk menciptakan pengalaman membaca yang unik.

Cerita dibuka dengan Jacob Portman yang berumur 16 tahun dan baru mengetahui kemampuan dahsyat yang dimilikinya. Ia menjelajahi masa-masa bersejarah untuk menyelamatkan rekan-rekan peculiar-nya dari benteng yang dijaga ketat. Didampingi Emma Bloom, gadis yang bisa mengeluarkan api dari ujung-ujung jarinya, dan Addison MacHenry, anjing dengan indra penciuman yang hebat untuk melacak anak-anak hilang. Mereka berkelana dari London zaman modern ke labirin di Devil’s Acre, perkampungan paling kumuh di seluruh Inggris zaman Victoria.

Republik Naga-The Dragon Republic (656 Halaman)

republikCoba Baca Sekarang!

Menjadi sekuel dari novel fiksi ilmiah “Perang Opium”. Fantasi yang menggabungkan sejarah Cina abad ke-20 dengan dunia tempat para dewa dan monster. Tiga kali negara Nikan bertempur dalam Perang Opium yang bersimbah darah. Rin, sang syaman dan pejuang, merasa bersalah dan tak dapat melupakan tindakan keji yang dia lakukan demi menyelamatkan rakyat. Ia bertekad membalas dendam pada Maharani yang mengkhianati tanah airnya. Satu-satunya cara adalah bergabung dengan Panglima Perang Naga, yang ingin menaklukkan Nikan, menggulingkan Maharani, dan mendirikan republik baru. Tapi ternyata tidaklah seperti yang dikira Rin. Ia takut cintanya pada Nikan akan memaksa dia menggunakan lagi kekuatan dahsyat Phoenix, karena Rin rela mengorbankan apa saja untuk menyelamatkan negeri itu dan membalaskan dendamnya.

Second Sister-Putri Kedua (632 Halaman)

putriCoba Baca Sekarang!

Nga-Yee, selama ini membesarkan adiknya dan menolak percaya bahwa adiknya bunuh diri. Ia meminta bantuan seorang peretas untuk menyelidiki kasus kematian adiknya. Penyelidikan amatir berlanjut ke seluruh penjuru kota Hong Kong serta dunia digital bawah tanah. Berawal dari kasus pelecehan seksual di transportasi umum, yang berlanjut menjadi kasus perundungan di dunia daring ternyata membuat sang adik menyerah. Benarkah itu penyebab sang adik memutuskan untuk bunuh diri?

Permainan Hantu-A Game of Ghosts (600 Halaman)

putriCoba Baca Sekarang!

Musim dingin kelam dan kegelapan tak berujung. Detektif swasta bernama Jaycob Eklund menghilang, dan Charlie Parker ditugaskan melacak jejaknya. Atasan Parker, agen FBI bernama Edgar Ross, mempunyai alasan sendiri, mengapa dia ingin Eklund ditemukan. Eklund bukan detektif biasa. Dia sangat terobsesi melacak serangkaian pembunuhan dan orang-orang hilang yang terkait dengan laporan kemunculan hantu-hantu. Sekarang Parker akan ditarik masuk ke dalam dunia Eklund, di mana manusia tawar-menawar dengan malaikat, dan mereka yang bersalah maupun tak bersalah sama-sama menjadi bidak dalam permainan hantu-hantu.

Berita gembiranya, kalau kamu belanja dan melakukan pembayaran menggunakan OVO atau GoPay, kamu akan mendapatkan cashback 50%. Klik gambarnya untuk informasi lebih lanjut ya.

promoOVO

promoBAPER GoPay


Sumber foto header: Unsplash