5 Tip Menjalani Puasa Seru dan Menyenangkan untuk Si Kecil

5 Tip Menjalani Puasa Seru dan Menyenangkan untuk Si Kecil

. 3 min read

Tak terasa tinggal hitungan hari kita memasuki bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan bisa menjadi kesempatan bagi orang tua untuk mengajarkan ibadah puasa pada Si Kecil. Anak-anak yang berada dalam masa pertumbuhan, memang belum diwajibkan untuk berpuasa. Namun, terkadang Si Kecil justru ingin ikut berpuasa karena melihat anggota keluarga lainnya yang sedang menjalankan ibadah tersebut.

Saat Si Kecil mengatakan ingin ikut berpuasa, orang tua sebaiknya mendukung dan terus mendampingi. Beberapa hal berikut dapat dipersiapkan oleh orang tua agar momen puasa Si Kecil semakin menyenangkan.

Bercerita

Tip
Sumber foto: dunianak.co.id

Penting bagi orang tua untuk menjelaskan makna dan manfaat dari puasa Ramadhan kepada Si Kecil. Pastikan Anda menceritakannya dengan bahasa yang mudah dipahami dan dekat dengan kehidupan sehari-hari agar Si Kecil tertarik mendengarkannya.

Mengaji Bersama

Tip
Sumber foto: Republika

Ajaklah Si Kecil untuk belajar membaca Al Qur’an bersama-sama. Ajarkan pula doa-doa sederhana yang biasa digunakan untuk sehari-hari. Hal ini akan memberikan pemahaman yang kuat kepada Si Kecil mengenai pentingnya doa sehari-hari.

Menyiapkan Menu Buka Puasa

Tip
Sumber foto: Tirto.id

Ajaklah Si Kecil dalam memilih menu buka puasa dan libatkan pula dalam proses persiapannya. Hal ini tentu dapat membuat Si Kecil semakin bersemangat dalam menyelesaikan ibadah puasanya pada hari tersebut.

Memberi Hadiah

Tip
Sumber foto: Shutterstock

Sebagai orang tua sah-sah saja memberikan hadiah kepada Si Kecil. Hal ini dapat memotivasi dirinya agar lebih bersemangat menjalani ibadah puasa. Hadiahnya pun tidak selalu dalam bentuk materi, bisa sebuah pelukan, apresiasi, ucapan-ucapan positif, ataupun membuat makanan yang disukai Si Kecil.

Membuat Rutinitas Ramadhan

Tip
Sumber foto: Shutterstock

Isilah waktu Anda dan Si Kecil dengan jadwal kegiatan yang menarik dan menyenangkan selama bulan Ramadhan, misalnya hal yang dapat dilakukan Si Kecil setelah bangun tidur atau setelah beraktivitas seharian. Selain itu, kegiatan lainnya yang dapat dilakukan adalah membaca buku bertema Islami.

Sambil menunggu waktu berbuka puasa, Anda bisa membaca buku sambil bermain. Salah satunya dengan activity book Serunya Aktivitas Puasaku. Buku ini disusun dengan berbagai aktivitas yang disesuaikan untuk 30 hari Ramadhan. Beberapa aktivitas seperti jurnal berpuasa, jurnal tarawih, jurnal salat, menulis huruf arab, dan doa sangat menyenangkan untuk dilakukan bersama. Jadi, Anda dapat dengan mudah memantau jadwal puasa Si Kecil melalui buku di bawah ini.

serunyaBeli Sekarang untuk Si Kecil!

Selain mengenalkan ibadah puasa, buku ini juga menyajikan berbagai aktivitas seru seperti menebalkan garis, memasang gambar, mencocokkan kata, juga mengenal asmaul husna yang dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan Si Kecil, lengkap dengan panduan salat dan wudhu dalam bentuk ilustrasi menarik, membuat Si Kecil semakin tertarik untuk mempelajarinya.

Menjalani puasa dengan melakukan berbagai aktivitas yang ada dalam buku ini bermanfaat sebagai stimulasi kognitif dan membangun bonding yang kuat antara Anda dan Si Kecil.

Meski tak mudah, mengajarkan Si Kecil berpuasa sejak dini sangatlah penting. Ada banyak sekali kegiatan yang menyenangkan, yang dapat membantu Anda dan Si Kecil bersemangat dalam menjalani ibadah puasa bersama.

Karena Anda sudah membaca artikel ini, Admin berikan voucher spesial diskon 20% untuk membeli bukunya! Dapatkan voucher diskon secara cuma-cuma dengan klik gambar di bawah ini.

voucherKlik untuk Dapatkan Vouchernya!

Yuk, mulai kenalkan serunya menjalani ibadah puasa pada Si Kecil!


Penulis: Gina Rizky, Editor Buku Anak Grasindo

Sumber foto header: parentstory.com