5 Kuliner Sop Kaki Kambing di Jakarta yang Wajib Kamu Santap

5 Kuliner Sop Kaki Kambing di Jakarta yang Wajib Kamu Santap

. 4 min read

Sop kaki kambing adalah salah satu surga dunia yang lazim disajikan di Jakarta. Aroma, penampakan, dan rasanya bisa membuat kita lupa daratan. Lembutnya daging pada kaki kambing muda dan jeroan kambing yang berpadu dengan kuah serta sejumlah rempah di hidangan ini dapat membuat kita ingin terus menambah porsi makan. Hidangan ini juga menjadi cobaan teramat berat bagi para pecinta kuliner yang memiliki kolesterol tinggi.

Sebagai makanan khas Betawi, sop kaki kambing tentu populer di Jakarta. Bahkan, sampai ke kota tetangga, seperti Bandung. Nah, bagi kamu yang ingin menikmati kelezatan hidangan ini, berikut lima pilihan kami.

Sop Kaki Kambing Kedai Estu Rame

Sop
Sop kaki kambing Kedai Estu Rame selalu ramai dikunjungi pembeli tiap malamnya. (Foto: Limakaki.com)

Salah satu ciri sebuah tempat makan atau restoran memang memiliki sajian makanan yang lezat adalah level keramaian pengunjungnya. Kedai Estu Rame memenuhi ciri itu. Bahkan, ada calon pembeli yang datang ke warung makan kaki lima ini sebelum buka demi menghindari lama antrean.

Berlokasi di Jalan Tebet Barat Dalam nomor 118, Tebet, Jakarta, hidangan sop kaki kambing di sini terasa gurihnya lantaran ditambah susu dalam kuahnya. Kuahnya ini mampu menyusup ke jeroan, lidah kambing, hingga kuping yang bercampur di mangkuk. Meski harganya di atas rata-rata, kelezatannya dijamin tak akan bikin kamu menyesal.

Sop Kaki Kambing Dudung Roxy

Sop
Sop Kaki Kambing Dudung Roxy sudah membuka belasan cabang, termasuk di mal. (Foto: Detik.com)

Besar kemungkinan kamu sudah pernah mendengar sop kaki kambing yang satu ini. Sebab, cabangnya sudah belasan tersebar di Jakarta dan juga sudah masuk ke mal. Dengan nama asli Sop Kaki Kambing & Soto Betawi Dudung Roxy, tempat kuliner terkenal ini memang berdiri di Jalan Biak, Roxy, Jakarta Barat. Ia sudah berdiri sejak 1976. Pemiliknya adalah almarhum Haji Achmad Hadi.

Sop kaki kambing di sini memiliki kuah berwarna putih kekuningan dan beraroma minyak samin. Bahan lain untuk membuat kuahnya juga adalah susu bubuk. Alhasil, rasanya menjadi gurih dengan imbangan asin yang sesuai. Yang juga spesial, semangkuk sop kaki kambing Dudung Roxy memuat potongan daging atau jeroan yang cukup banyak. Empuk pula.

Sop Kaki Kambing Bang Anen

Sop
Sop kaki kambing Bang Anen tidak berbau "prengus". (Foto: Pergikuliner.com)

Yang seketika kentara dari hidangan sop kaki kambing ini adalah kuahnya yang putih dan kental. Ya, kuahnya memang ditambah susu. Poin plus dari hidangan di sini adalah dagingnya yang tidak berbau "prengus" atau khas bau daging kambing. Ini tandanya daging di warung makan ini diolah dengan baik.

Selain itu, sebelum dihidangkan ke pembeli, dagingnya direndam dulu di panci kuah sehingga terasa lebih sedap. Sop Kaki Kambing Bang Anen juga menyajikan daging yang empuk, sehingga menambah kelezatannya. Hidangan sop kaki kambing ini bisa kamu santap di Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan.

Sop Kaki Kambing Bang Karim

Sop
Sop kaki kambing Bang Karim memakai resep warisan keluarga. (Foto: Pergikuliner.com)

Inilah salah satu warung makan kaki lima terkenal di Tanah Abang. Berlokasi di bawah flyover pinggir Jalan KH Mas Mansyur, warung makan ini selalu disesaki pembeli setiap malamnya. Sesuai namanya, warung makan ini didirikan oleh Karim, dan kini anak-anaknya ikut menjalankan usaha ayahnya.

Semangkuk hidangannya menguarkan aroma lezat berkat racikan bumbu dan rempah-rempah, seperti merica, kapulaga, kayu manis, bawang putih, bawang merah, hingga pala. Sementara kuahnya terbuat dari kaldu kambing dan susu. Taburan daun bawang, potongan tomat, dan emping juga tambah membuat gurih hidangan ini. Daging kambing di sini tidak berbau prengus, soalnya Karim menerapkan cara dan resep rahasia warisan orang tuanya.

Sop Kaki Kambing 999 Pak Memed Kumis

Sop
Sop Kaki Kambing Pak Memed Kumis terkenal di Kota Bandung. (Foto: myeatandtravelstorywordpress.com)

Kota Bandung pun tak mau ketinggalan memiliki hidangan sop kaki kambing yang lezat. Sop Kaki Kambing 999 Pak Memed Kumis terletak di seberang kantor BCA di Jalan Dipati Ukur. Tak heran warung makan kaki lima ini juga kerap disebut sop kaki kambing BCA. Warungnya yang kecil membuat banyak calon pembeli harus antre setiap malamnya. Namun, lama mengantre ini langsung terobati begitu kuah dan daging di hidangan ini.

Sop kaki kambing di sini tak ubahnya hidangan serupa di sejumlah warung makan kaki lima lain di Jakarta. Kuahnya juga menggunakan susu, sehingga terasa lezat dan gurih. Plus ditambah mentega untuk menambah rasa. Dagingnya pun empuk. Yang agak membedakan, ada aroma cengkeh di semangkuk hidangan ini. Perbedaan lainnya juga soal harga yang masih di bawah warung makan sop kaki kambing terkenal lainnya di Jakarta.

Buku
Di buku ini, kamu bisa mendapatkan dan meramu resep untuk bikin sop kaki kambing yang sesuai selera.

Nah, kalau setelah membaca lima rekomendasi kami ini selera makan kamu langsung bergelora, segera sambangi dan cicipi sop-sop kaki kambing ini. Namun, jangan kalap. Ingat kolesterol, ya!


Sumber foto header: TribunNews