5 Resep Rumahan ala Xander’s Kitchen yang Hits di Instagram

. 4 min read

Instagram menjadi media sosial yang digunakan banyak orang untuk mengunggah beragam foto. Entah itu foto wajah, pemandangan, sampai foto makanan sekalipun.

Bicara soal foto makanan, @xanderskitchen merupakan salah satu akun Instagram yang pada mulanya acap membagikan foto makanan. Seiring dengan berjalannya waktu, resep-resepnya pun disertakan dalam caption foto.

Resep-resep tersebut disambut antusias oleh pengguna Instagram. @xanderskitchen pun memiliki semakin banyak pengikut. Sampai akhirnya, resep makanan dari @xanderskitchen dibukukan dan diterbitkan dengan judul Home Cooking ala Xander’s Kitchen: 100 Resep Hits di Instagram.

Berikut adalah lima resep rumahan ala Xander’s Kitchen yang hits di Instagram yang dapat kamu coba praktikkan sendiri.

1. Paru Goreng Balado

20190214_154745-1Sumber: Home Cooking ala Xander's Kitchen: 100 Resep Hits di Instagram

Paru Goreng Balado adalah salah satu menu yang sering ditemukan di rumah makan Padang. Tekstur paru goreng yang kriuk di luar dan kenyal di dalam, serta pedasnya bumbu balado semakin menambah rasa gurih.

Ternyata tidak sulit bagi kalian yang ingin mencoba memasaknya sendiri di rumah. Bisa dimulai dengan merebus irisan paru terlebih dahulu. Kemudian, tiriskan dan diamkan paru yang telah dicampur rata dengan bumbu halus sampai meresap sempurna.

Sembari menunggu, kamu bisa menyiapkan sambal balado yang terbuat dari tumisan bawang merah, tumbukan cabai merah dan cabai keriting merah, tomat, garam, gula, dan perasan jeruk nipis.

Setelah paru dibiarkan selama dua jam, rebus kembali sampai air habis. Lalu, goreng paru agar memperoleh tekstur agak kering. Terakhir, bumbu balado bisa dituangkan pada paru atau dicampurkan merata.

2. Soto Betawi

20190214_154840Sumber: Home Cooking ala Xander's Kitchen: 100 Resep Hits di Instagram

Ada berbagai soto dari sejumlah wilayah di Indonesia yang memiliki keunikannya masing-masing. Salah satunya adalah Soto Betawi yang kuahnya terbuat dari santan.

Kalau biasanya membeli di luar, tak ada salahnya untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah. Pertama-tama, rebus potongan daging sapi dan tiriskan. Lalu, rebus kembali.

Masukkan tumisan bumbu halus, lengkuas, daun salam, kayu manis, cengkih, dan serai ke dalam rebusan daging tersebut. Apabila sudah mendidih, tuangkan santan dan susu. Masak hingga daging empuk dan bumbu meresap.

Soto Betawi ini pun bisa disajikan dengan taburan bawang merah goreng, daun bawang, emping, irisan tomat, dan tambahan potongan kentang goreng.

3. Mi Goreng Jawa

20190214_154815Sumber: Home Cooking ala Xander's Kitchen: 100 Resep Hits di Instagram

Makanan dengan cita rasa manis khas Jawa ini memiliki banyak penggemar. Semakin unik dan lezat rasanya saat ditambahkan sedikit ebi, seperti yang termuat dalam resep rumahan ala Xander’s Kitchen.

Cukup aduk mie yang sebelumnya telah direbus dengan kecap manis dan minyak goreng. Kemudian, tumis bumbu halus dan cabai rawit hingga harum. Tambahkan telur yang dimasak orak-arik, kol, seledri, garam, gula, dan merica secukupnya.

Lalu, masukkan mi dan tambahkan kecap manis sesuai keinginan dan selera. Aduk hingga semua bahan tercampur rata. Apabila sekiranya bumbu telah meresap sempurna, sajikan dengan taburan bawang merah goreng.

4. Ayam Taliwang

20190214_154857Sumber: Home Cooking ala Xander's Kitchen: 100 Resep Hits di Instagram

Setelah resep rumahan dari pulau Sumatera sampai Jawa, kini tiba saatnya mencoba memasak Ayam Taliwang yang sejatinya adalah makanan khas pulau Lombok.

Pertama-tama, tumis bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai keriting dan cabai rawit merah, terasi, kencur, serta tomat. Bila sudah harum dan matang, masukkan potongan ayam.

Aduk sampai bumbu merata dan ungkep ayam dengan tambahan air, gula merah, garam, dan gula. Setelah daging ayam sudah empuk dan bumbu mulai mengental, tambahkan kecap manis.

Kemudian, panggang ayam tersebut hingga agak kering. Jangan lupa olesi lagi dengan sisa bumbu ungkep sembari memanggang. Ayam Taliwang khas Lombok pun siap disajikan!

5. Pampis Tongkol

20190214_154803Sumber: Home Cooking ala Xander's Kitchen: 100 Resep Hits di Instagram

Makanan Manado memang tak kalah enak dengan masakan khas Padang, Medan, dan berbagai wilayah Indonesia lainnya. Salah satu makanan khas Manado yang banyak disukai adalah Pampis Tongkol.

Ternyata tidak begitu sulit untuk membuatnya sendiri di rumah, terutama dengan arahan resep ala Xander’s Kitchen. Kamu bisa memulainya dengan memberi garam dan perasan jeruk nipis pada ikan tongkol yang sebelumnya sudah dibersihkan.

Diamkan sebentar sampai garam dan air jeruk nipis meresap ke dalam daging ikan. Kemudian, kukus hingga matang dan suwir-suwir dagingnya.

Setelah itu, tumis campuran bumbu halus, daun kunyit, daun pandan, daun bawang, daun jeruk, dan serai. Berikan juga garam dan gula secukupnya.

Apabila sudah mulai harum, masukkan ikan tongkol. Aduk hingga bumbu merata dan meresap. Sebelum disajikan, masukkan daun kemangi dan masak sebentar terlebih dahulu.


Bagaimana? Sudah siap untuk mencoba resep rumahan ala Xander’s Kitchen yang hits di Instagram?

Temukan resep selengkapnya, begitu juga dengan berbagai resep makanan lainnya dalam buku Home Cooking ala Xander’s Kitchen: 100 Resep Hits di Instagram yang bisa kamu dapatkan di Gramedia.com!

Home Cooking ala Xander's Kitchen: 100 Resep Hits di Instagram**

BUKU MASAKAN


Sumber header foto: Travelingyuk.com