Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

5 Rekomendasi Destinasi Liburan di Akhir Tahun: Ciptakan Momen Terindah yang Tak Terlupakan

5 Rekomendasi Destinasi Liburan di Akhir Tahun: Ciptakan Momen Terindah yang Tak Terlupakan

Hai Grameds!🙋‍♂️

Siapa nih yang udah nggak sabar mau liburan?👀 Menjelang akhir tahun semua orang pasti sudah merencanakan tempat liburan impian bersama keluarga atau teman. Bahkan ada juga yang sudah menentukan destinasi liburan di akhir tahun ini sejak jauh-jauh hari. Ini dilakukan agar semua persiapan dari mulai lokasi wisata, akomodasi, dan transportasi aman terkendali.

Bagi yang belum memiliki rencana, tenang saja karena Grameds masih punya waktu! Yuk, mulai rencanakan dari sekarang destinasi wisata impian dan ciptakan momen terindah yang tak terlupakan!

Rekomendasi Destinasi Wisata Favorit di 2023

Bagi sebagian orang, liburan akhir tahun adalah momen yang sangat ditunggu. Ini merupakan bagian dari reward atas pencapaian selama satu tahun dan waktu yang tepat untuk menyegarkan otak, hati, serta pikiran dalam menghadapi tahun 2024.

Apalagi di tahun ini tidak ada lagi aturan yang mengikat terkait perjalanan seperti di masa pandemi. Sudah saatnya Grameds mengeksplor tempat-tempat baru untuk menciptakan pengalaman luar biasa dengan mengunjungi rekomendasi destinasi wisata favorit di 2023, baik dalam maupun luar negeri.

Dikutip dari Forbes, berikut adalah destinasi liburan di akhir tahun yang bisa Grameds jadikan referensi dalam menentukan tujuan wisata di luar negeri.

Nice, Prancis

Sumber : usplash.com/Kamilla Isalieva

Prancis adalah salah satu negara yang jadi tujuan favorit untuk berlibur. Selain terkenal sebagai pusat fashion dunia, Prancis memiliki berbagai situs bersejarah dan bentangan alam yang beragam.

Salah satu kota yang bisa dijadikan destinasi wisata selain Paris adalah kota Nice. Kota ini terletak di pesisir selatan Prancis. Jika Grameds berkunjung ke Nice, jangan lupa untuk singgah ke Promenade des Anglais. Dari sini akan terlihat bentangan Laut Mediterania yang sangat memukau.

Laurie Woolever, seorang penulis dan editor dari World Travel, menyebutkan bahwa Nice memiliki daya tarik yang tinggi di era sekarang. Ini terjadi karena adanya sistem trem baru di seluruh kota yang menawarkan transportasi ramah lingkungan, Kota Tua yang berkembang, dan banyak jalan yang dibuka untuk pejalan kaki.

Formentera, Spanyol

Sumber : unsplash.com/Marcio Azevedo

Spanyol juga menjadi negara yang banyak dikunjungi turis karena memiliki berbagai tempat menarik, salah satunya Formentera. Terletak di lepas pantai selatan Ibiza, pulau Formentera hanya bisa dijangkau dengan menggunakan feri selama setengah jam dari Ibiza. Pesona Formentera yang begitu indah menjadi magnet bagi para turis untuk melepaskan penat dari hiruk pikuk perkotaan.

Jane Anderson, seorang penulis perjalanan dan editor majalah, mengatakan bahwa bersepeda di Formentera adalah aktivitas yang wajib dicoba untuk berkeliling melintasi pulau. Meskipun sudah memasuki musim dingin, tetapi biasanya suhu di Spanyol sedikit lebih hangat. Jadi Grameds pun masih bisa beradaptasi dengan cuaca di sana.

Jepang

Sumber : unsplash.com/David Edelstein

Jepang merupakan negara di Asia Timur yang banyak diminati oleh pelancong dari Indonesia. Panorama yang menarik, kuliner dengan cita rasa yang khas, dan teknologi yang sangat maju menjadi alasan kenapa Jepang sangat diminati oleh wisatawan. Terutama bagi para penggemar anime, rasanya sangat wajib untuk datang ke Jepang!

Negeri Sakura ini juga memiliki dua tempat wahana permainan yang megah dan menyenangkan untuk dikunjungi bersama keluarga. Grameds bisa pergi ke Universal Studio di Osaka dan Tokyo Disneyland. Dijamin puas deh naik wahananya!

Korea Selatan

Sumber : unsplash.com/shawnanggg

Siapa yang suka banget sama drama Korea atau K-Pop? Udah nggak asing lagi kalau K-pop sangat sukses berkembang di Indonesia. Demam K-pop dan drama korea menjadi salah satu alasan kenapa orang jadi berbondong-bondong ingin mengunjungi Korea Selatan.

Di Negeri Ginseng, Grameds bisa eksplor berbagai macam hal, mulai dari wisata sejarah, kuliner menggoda, hingga berbelanja sepuasnya. Seoul sebagai ibu kota pun bukan satu-satunya kota yang patut dikunjungi. Ada Busan di bagian paling selatan, terletak di garis pantai yang indah dengan pantai berpasir dan air laut yang jernih. Di bagian barat ada kota tua tradisional, Jeonju, dengan rumah-rumah hanok Korea dan tujuan indah di musim semi dan musim gugur.

Hongkong

Sumber : unsplash.com/Kotaro Maruyama

Jika Grameds suka mengagumi keindahan gedung pencakar langit, maka Hongkong bisa jadi destinasi liburan di akhir tahun ini. Menurut India-Jayne Trainor, seorang penulis perjalanan dan fotografer, Hongkong sangat tepat dikunjungi untuk menjelajah beragam masakan, seni dan budaya yang berkembang, serta ratusan pulau yang ditutupi hutan dan pantai. Menarik bukan?

Meskipun Hongkong dianggap padat dengan gedung pencakar langitnya, tapi ratusan pulau di sana dapat dijangkau dengan naik feri dalam waktu singkat. Ini memungkinkan untuk berpindah dari kota yang ramai ke air terjun dan hutan dalam waktu kurang dari satu jam. Sangat menyenangkan dan menghemat waktu ya!

Traveling hacks Saat Liburan ke Luar Negeri

Dokumen penting perjalanan

Saat berlibur ke luar negeri tentunya yang perlu Grameds siapkan adalah dokumen penting perjalanan berupa paspor, visa perjalanan, identitas diri, surat izin mengemudi (jika diperlukan), tiket pesawat, dan tiket masuk tempat-tempat yang akan dikunjungi. Pastikan untuk menyimpannya dalam bentuk fisik dan digital sebagai cadangan. Simpan semua dokumen penting dalam satu map atau dompet yang mudah untuk dijangkau saat dibutuhkan. Grameds pun harus menjaga dengan baik dokumen perjalanan ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pakaian yang nyaman dan sesuai

Untuk berlibur ke Eropa dan beberapa negara Asia, Grameds perlu memperhatikan kondisi cuaca dan suhu di tempat tujuan. Mengingat kondisi di sana yang memiliki 4 musim, berbeda dari Indonesia.

Pada bulan desember ini, di Eropa dan beberapa negara Asia sedang dilanda musim dingin. Pastikan Grameds membawa perlengkapan winter gear seperti jaket, syal, sarung tangan, dan sepatu yang nyaman untuk menghindari kedinginan akibat salah kostum.  

Itinerary yang jelas

Buat itinerary perjalanan dengan rinci, tempat mana saja yang akan dikunjungi, apakah ada tiket masuknya, berapa biaya yang dibutuhkan, dan di mana restoran yang bisa dijadikan referensi untuk berkuliner. Terlebih lagi bagi Muslim yang harus memperhatikan kehalalan makanan, rekomendasi restoran halal wajib dicari.

Transportasi dan akomodasi yang digunakan juga perlu diperhatikan supaya Grameds tidak kesulitan saat sudah berada di sana. Apalagi sistem transportasi di beberapa negara akan berbeda jauh dengan di Indonesia. Susun semua perencanaan dengan jelas tapi tetap fleksibel jika ada perubahan. Dibuat senyaman mungkin, terutama jika Grameds harus bepergian bersama anak.

Siapkan hal-hal essentials untuk dibawa

Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi saat nanti berlibur. Jadi sebaiknya sedia payung sebelum hujan, artinya bawa barang-barang yang sekiranya penting untuk pencegahan. Obat-obatan dan baterai cadangan adalah contoh hal essentials yang perlu dibawa. Ini adalah bentuk antisipasi dari hal yang tidak diinginkan dan sebagai bentuk pertolongan pertama.

Kamus bahasa asing

Tantangan saat liburan ke luar negeri adalah perbedaan bahasa yang digunakan dengan penduduk lokal. Meskipun bahasa Inggris adalah bahasa internasional, tapi belum tentu masyarakat lokal di negara-negara tujuan fasih berbahasa Inggris.

Untuk itu, Grameds perlu melengkapi perjalanan liburan dengan membawa kamus bahasa asing sesuai dengan tujuan wisata. Ini akan mempermudah Grameds dalam berkomunikasi dengan warga lokal, terlebih dalam kamus pun biasanya banyak dituliskan percakapan-percakapan umum sehari-hari. Apalagi saat kita tidak bisa mengakses internet untuk bertanya pada mesin pencari di smartphone, maka kamus bahasa asing adalah penyelamatnya.

5 Rekomendasi Kamus Bahasa Asing Cocok Dibawa Saat Liburan

1.. Kamus Saku Spanyol-Indonesia

KamusBeli Sekarang!

Bahasa Spanyol adalah salah satu bahasa yang terpenting dan merupakan bahasa ketiga yang paling banyak digunakan di dunia. Hampir sebagian besar Negara Amerika Latin, kecuali Brasil, menggunakan Bahasa Spanyol sebagai bahasa resminya.

Saat Grameds berkunjung ke Spanyol, sebaiknya Grameds membawa Kamus Saku Spanyol-Indonesia. Ini akan memudahkan Grameds dalam berkomunikasi dengan warga lokal. Dalam kamus ini ada sekitar 13.000 lebih entri dan dilengkapi dengan contoh kalimat sehari-hari serta idiom populer. Meskipun dalam beberapa tanda jalan atau tulisan di fasilitas umum ada terjemahan Bahasa Inggris, tapi lebih baik Grameds paham bahasa-bahasa penting dalam percakapan sehari-hari atau petunjuk jalan saat menjadi turis.

2. Kamus Saku Prancis-Indonesia

KamusBeli Sekarang!

Prancis adalah salah satu negara yang sebagian besar penduduknya kurang fasih dalam bahasa Inggris. Jadi, saat Grameds berkunjung ke Prancis, pastikan untuk membawa Kamus Saku Prancis-Indonesia ini, ya!

Kamus kecil ini mencakup ribuan entri yang dilengkapi dengan kelas kata dan kata turunan. Definisi arti yang dimuat juga jelas dan diberikan contoh penggunaan dalam bentuk frasa atau kalimat. Cocok banget kan dibawa saat melancong untuk berinteraksi dengan penduduk lokal. Yuk, segera amankan bukunya, Grameds!

3. Kamus Pintar Bergambar Inggris-Mandarin-Indonesia

KamusBeli Sekarang!

Saat ini Bahasa Mandarin termasuk ke dalam bahasa yang sudah digunakan secara internasional, terutama di perusahaan yang didirikan oleh masyarakat Tionghoa. Namun, bahasa ini ternyata cukup sulit untuk dipelajari karena hurufnya yang berbeda dengan alfabet biasa dan pelafalan huruf dengan nada yang bervariasi.

Untuk itu, kamus pintar bergambar Inggris-Mandarin-Indonesia siap menemani Grameds dalam perjalanan ke Cina atau negara lain berbahasa Mandarin. Buku ini disusun untuk memberikan pemahaman dan penguasaan Bahasa Inggris dan Mandarin tidak hanya untuk orang dewasa, tapi juga anak-anak. Kamus ini dilengkapi dengan pengenalan alfabet, angka, warna, bagian tubuh, tempat, cuaca, percakapan, kamus mini, dan masih banyak lagi yang lainnya. Lengkap banget ya, Grameds!

4. Kamus Saku Jepang Indonesia-Indonesia Jepang

KamusBeli Sekarang!

Bahasa Jepang juga termasuk bahasa yang unik karena tidak menggunakan huruf alfabet dalam penulisannya. Huruf hiragana, katakana, kanji, dan romaji adalah empat tulisan Jepang yang perlu dikuasai jika ingin fasih dalam Bahasa Jepang. Dalam kamus dwibahasa Jepang-Indonesia >< Indonesia-Jepang, Grameds akan menemukan kemudahan dalam penggunaannya. Kamus ini menyajikan entri yang disusun menurut urutan alfabet romaji (Latin). Selain itu, untuk memudahkan pemula, disajikan juga entri dalam huruf kanji, hiragana, katakana, dan romaji.

Untuk pencarian entri, kamus ini menyajikan running head dalam huruf romaji. Kosakata yang disajikan juga banyak yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi Grameds tidak perlu khawatir dan bingung saat harus berwisata ke Jepang. Kamus saku ini juga berukuran kecil sehingga mudah untuk dibawa ke mana-mana sebagai teman perjalanan. Sangat terbantu kan Grameds?

5. Kamus Korea-Indonesia >< Indonesia-Korea

KamusBeli Sekarang!

Dahulu mungkin tak banyak orang yang mau mempelajari bahasa Korea. Tapi, sekarang saat adanya gelombang Korea atau ‘hallyu’, semakin banyak orang yang ingin mempelajari Bahasa Korea. Budaya, kuliner, dan fashion Korea sukses menebarkan pengaruhnya tak hanya ke negara tetangga, tapi sampai juga ke dunia Barat berkat masifnya K-pop dan K-drama. Ini mengakibatkan terjadinya peningkatan populasi yang mempelajari bahasa Korea.

Kamus Korea-Indonesia >< Indonesia-Korea akan menemani Grameds dalam mempelajari bahasa Korea. Kamus ini dilengkapi dengan cara membaca, urutan berdasarkan alfabet, pelafalan, kamus idiom, dan peribahasa. Bisa dijadikan salah satu barang yang wajib dibawa saat traveling ke Korea Selatan supaya bisa membaur dan berkomunikasi dengan penduduk lokal.

Itu dia rekomendasi tempat wisata favorit yang bisa Grameds jadikan sebagai destinasi liburan di akhir tahun ini. Selain pengalaman yang tak terlupakan untuk berlibur ke luar negeri, Grameds juga bisa menambah wawasan baru dengan mempelajari budaya dan bahasa yang digunakan di negara tujuan. Dan 5 kamus bahasa asing yang disebutkan di atas bisa jadi referensi untuk belajar dan berkomunikasi dengan penduduk lokal. Yuk, segera beli bukunya di Gramedia!

Sejuta Buku Hadir di Semesta Buku!

Kabar baik untuk Grameds yang sedang berburu diskon buku di penghujung tahun, Gramedia menghadirkan 1.000.000 buku dengan diskon hingga 90% dalam Semesta Buku, yang akan diselenggarakan pada tanggal 6-10 Desember 2023 di Kompas Gramedia Palmerah Barat.

Nggak hanya belanja buku, kamu juga bisa mengikuti kegiatan lainnya, mulai dari talkshow bersama penulis-penulis terkenal, seperti Ratih Kumala dan Leila S. Chudori, screening film dari Rekata Studio, diskusi naskah bersama para editor Penerbit Gramedia di Editor's Clinic, silent writing dan silent reading bersama Gramedia Writing Project, dan masih banyak kegiatan menarik lainnya yang bisa kamu ikuti!

Buku-buku di atas bisa kamu dapatkan dengan harga murah meriah di Semesta Buku. Jadi, jangan sampai kamu ketinggalan infonya, ikuti media sosial Semesta Buku di Instagram dan TikTok @semestabuku_id, ya, Grameds!

Sampai jumpa di Semesta Buku!🚀🌠


Sumber gambar header:  unsplash.com

Penulis: Anisah Erika Rahayu

Editor: Puteri C Anasta

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Enter your email below to join our newsletter