5 Rekomendasi Buku untuk Berburu Beasiswa ke Luar Negeri

5 Rekomendasi Buku untuk Berburu Beasiswa ke Luar Negeri

. 3 min read

Hai Grameds, siapa di antara kamu yang bermimpi melanjutkan pendidikan ke luar negeri?

Kuliah di luar negeri memang menjadi impian bagi sebagian besar pelajar di Indonesia. Standar pendidikan yang dianggap lebih berkualitas menjadi salah satu alasan tingginya minat pelajar Indonesia yang memilih kuliah ke luar negeri.

Selain itu bagi sebagian besar orang, sekolah di luar negeri juga dianggap punya prestise tersendiri.

Nah, buat kamu yang bermimpi melanjutkan study ke luar negeri, terutama lewat jalur beasiswa, saatnya menyusun strategi. Berikut ini rekomendasi buku-buku pilihan buat kamu yang sedang gencar berburu beasiswa ke luar negeri.

1. Baca Ini Kamu Pasti Kuliah ke Luar Negeri, Dijamin 100%

apple

Bagi kamu yang bercita-cita menimba ilmu di negeri orang, buku ini tentu membuat kamu penasaran. Ternyata tidak hanya judulnya saja yang menggiurkan, isinya pun tidak kalah menarik.

Buku ini dibuat berdasarkan riset terpercaya dan mendalam oleh 5 orang penulis berpengalaman yaitu Miftachudin Arjuna, Zulkhan Indra Putra, M. Izdiyan Muttaqien, Adi Atiasa, dan Stevan Chondro. Mereka melakukan riset dengan mewawancarai 300 mahasiswa yang berhasil lolos studi ke luar negeri dengan melintasi 40 negara selama 9 tahun lamanya.

Buku ini memuat panduan lengkap mulai dari motivasi yang mampu menggetarkan jiwa, teknis pendaftaran lembaga yang dituju, hingga tips-tips penting mendapatkan beasiswa. Pembawaannya pun terasa ringan meski buku ini adalah buku yang bisa dibilang materinya cukup serius.

2. 45 Negara Pemberi Beasiswa (Edisi Revisi)

apple

Apa yang dimaksud dengan beasiswa? Bagaimana cara mendapatkannya? Buku best seller karya Ulfah Afilia ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan kamu. Buku terbitan PT Grasindo ini dikemas secara apik oleh sang penulis dengan bahasa yang jelas dan lugas untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di kepalamu.

Sedikit berbeda dengan sebelumnya, buku 45 Negara Pemberi Beasiswa (Edisi Revisi) ini berisi tentang informasi-informasi terkait penyediaan beasiswa studi yang tersedia di 45 negara dunia, plus dilengkapi dengan informasi jadwal pelaksanaannya.

Tidak hanya itu, penulis juga melengkapi buku ini dengan tips dan trik belajar efektif untuk mendapatkan skor TOEFL/ IELTS, membuat motivation letter atau resume yang baik, dan juga tips-tips khusus lainnya yang berkaitan dengan persiapan dan pelaksanaan studi ke luar negeri.

3. Studi Ke Rusia: Panduan Beasiswa S-1, S-2, dan S-3

apple

Mengapa belajar ke Rusia? Negara tersebut masih terdengar sedikit asing bagi sebagian orang. Bagaimana tidak, di Indonesia sendiri jurusan Bahasa Rusia masih sangat sedikit tidak sepopuler bahasa yang lainnya, ditambah dengan minimnya informasi beasiswa terhadap negeri tersebut.

Akan tetapi, melalui buku karya Alexandra I Kermite ini pembaca disuguhkan dengan lengkap segala informasi mengenai dunia pendidikan di Rusia. Mulai dari sejarah pendidikannya, beasiswa yang disediakan, sistem pendidikan, dan lain sebagainya dapat membantu kamu yang tertarik untuk belajar di Rusia.

4. Baca Ini Kamu Pasti Dapat Beasiswa LPDP

apple

Bicara soal LPDP kamu pasti sudah tidak asing lagi bukan? LPDP merupakan lembaga pemerintah yang bertugas untuk mengelola dana pendidikan yang diambil dari APBN sebesar 20% setiap tahunnya. Lewat dana tersebut LPDP memberikan berbagai macam beasiswa bagi para pelajar yang telah lolos seleksi.

Semakin banyak peminat untuk mendapatkan beasiswa maka persaingan pun semakin ketat. Oleh karena itu diperlukan strategi yang tepat, salah satunya dengan membaca buku ini. Buku Baca Ini Kamu Pasti Dapat Beasiswa LPDP akan memaparkan strategi-strategi efektif dalam berburu beasiswa LPDP.

5. Beasiswa 5 Benua

apple

Buku karya A. Fuadi ini terinspirasi dari trilogi novel Negeri 5 Menara. Ia mengantarkan pembacanya untuk tidak hanya bermimpi dan menikmati cerita orang yang bisa belajar ke luar negeri, tetapi juga memfasilitasi informasi.

Buku ini mengulas secara terinci pengalaman A. Fuadi ketika mendapatkan beasiswa. Buku Beasiswa 5 Benua terbagi menjadi beberapa bab yang diurutkan secara kronologi, mulai dari saat mencari beasiswa hingga apa yang sebaiknya harus dilakukan selepas kuliah di luar negeri.

Sejatinya kuliah bukan hanya tentang yang pintar dan bisa berbahasa Inggris, melainkan butuh pertimbangan dan juga persiapan yang matang.


Itu dia rekomendasi buku yang bisa kamu baca untuk menjadi pendamping dan panduan dalam mencari beasiswa. Untuk rekomendasi buku lainnya kamu bisa cek di Gramedia.com.