5 Quotes Bijak untuk Menjalani Hidup dari Buku Terbaru Billy Boen

. 3 min read

Orang-orang yang menjalani hidup sesuai dengan purpose atau tujuan adalah yang diberkati Tuhan. Itu antara lain pesan yang ditekankan Billy Boen di buku anyarnya, Y: Menggapai Arti Kesuksesan dan Kebahagiaan yang Sesungguhnya.

Sebab, tidak semua orang melakukannya. Entah karena tak mengetahui apa purpose hidup mereka atau kalaupun tahu, mereka tak kuasa menjalaninya. Ada orang yang berlimpah materi, punya rumah dan mobil mewah, sering traveling, makan di resto dan kafe mahal.

Bisa jadi orang itu bahagia dengan keberlimpahan materi tersebut. Namun, untuk mendapatkan itu semua ia tak menjalani hidup sesuai purpose. Maka, di lubuk hati terdalam, ia tak bahagia.

Billy Boen mendefenisikan purpose hidup sebagai tujuan yang ingin dicapai dan memiliki makna mendalam bagi yang melakukannya serta bermanfaat bagi banyak orang.

Dari pengertian di atas, jelas purpose hidup punya prasyarat: cita-cita yang bermanfaat bagi orang lain. Jika hanya memperkaya pribadi tapi tak berguna untuk orang lain, bukan purpose namanya. Apalagi bila kaya karena hasil korupsi.

Di buku Y, Billy Boen mengatakan purpose hidupnya adalah untuk lebih banyak berbagi. Di puncak karier ketika berusia muda, ia menulis buku motivasi Young on Top (YOT).

Buku itu banyak menginspirasi orang. Ia lalu meninggalkan kariernya dan fokus membangun brand YOT sambil terus berbagi, memotivasi banyak orang agar sukses di usia muda.

Billy Boen lebih bahagia ketika menjalani hidup sesuai purpose. Kamu juga bisa begitu. Nah, berikut kami pilihkan lima quote bijak dari buku Y yang bisa jadi panduan kamu saat menjalani hidup sesuai purpose.


"Purpose hidup harus berfokus pada orang lain, tapi yakinlah bahwa kamu pun akan merasakan manfaatnya."

Hidup sesuai purpose tidak mengharamkan kamu untuk jadi kaya. Dengan materi berlimpah kamu malah bisa lebih banyak berbagi. Namun, itu hanya efek samping. Kebahagiaan seringkali tidak bisa diukur oleh uang.

Saat mendapati diri bermanfaat bagi orang lain yang kamu rasakan adalah kepuasan. Dan itu juga bentuk kebahagiaan yang tak bisa ditakar dengan uang. Priceless.

"Purpose adalah amanah dari Tuhan ketika merestui kehadiran kita sebagai manusia di bumi."

Tuhan telah memberi salah satu anugerah-Nya dengan memberi tahu apa purpose hidupmu dan memberi kesempatan kamu menjalaninya. Maka nikmat apa lagi yang kurang?

Billy juga menulis, orang-orang yang menjalani hidup sesuai purpose adalah orang yang diberkati. Bukti hidupmu diberkati adalah ketika setiap hari kamu mampu memberi manfaat pada orang lain, dan seiiring waktu kian banyak orang yang menerima manfaat dari kehadiranmu.

"Selama niat kita baik, jalani terus saja."

Suatu ketika, cerita Billy Boen, ada wartawan bertanya apakah ia membangun YOT demi popularitas semata. Akan selalu ada yang mempertanyakan atau berprasangka buruk atas niat baik kita. Namun, tidak lantas membuat kita patah semangat dan berhenti.

Billy dinasihati sahabatnya begini: "Mungkin yang beranggapan seperti itu ratusan orang, tapi masa gara-gara ratusan orang kita berhenti berbuat baik untuk ribuan atau jutaan anak muda Indonesia? Biarkan saja mereka ngomong apa, yang penting kita tahu kenapa kita melakukannya."

"Karier yang tepat untuk diri kita adalah yang membuat kita hepi."

Penting untuk dicatat, jangan punya mentalitas "yang penting diterima kerja dan nggak nganggur." Cobalah hanya melamar di perusahaan-perusahaan yang kamu percaya bisa membantumu menjalani hidup sesuai purpose.

Penting juga, bekerjalah mengerjakan apa yang menjadi passion kamu. Bila bekerja di bidang dan industri yang sesuai passion kamu, semua beban dan rintangan akan terasa sebagai tantangan. Malah bisa bikin kamu hepi!

"Creating your legacy berarti meninggalkan hal positif bagi dunia yang akan terus abadi bahkan setelah kamu tiada."

Kamu tentu tahu peribahasa "harimau mati meninggalkan belang, gajah mati meninggalkan gading." Ketika manusia meninggal dunia yang tersisa darinya adalah sejarah dan reputasi, entah baik atau buruk. Ada juga yang tak meninggalkan kenangan apapun karena kehadirannya tak berdampak bagi orang lain.

Tinggal pilih kamu mau jadi yang mana. Dikenang karena perlakuan buruk semasa hidup dengan merugikan orang lain seperti Hitler, atau dikenang karena kebaikannya seperti Mother Teresa atau Putri Diana.

Masih ada banyak quote bijak lain yang bisa membantumu menemukan dan merawat purpose hidup yang berasal dari buku Y karya Billy Boen. Kamu bisa baca dan resapi sendiri maknanya. Buku ini bisa Grameds dapatkan di Gramedia.com!


Sumber foto header: Billy Boen Instagram