5 Obat Kumur Alami Anti Bau Mulut Penolong di Saat Berpuasa

. 3 min read

Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika berpuasa adalah bau mulut. Tidak hanya menjadi masalah pribadi, bau mulut juga akan mengganggu orang-orang di sekitar kita. Pastinya, Grameds tidak mau kan mendapat komplain dari orang-orang terdekat karena masalah bau mulut?

Obat kumur menjadi jawaban yang tepat dari permasalahan ini. Ternyata, obat kumur bisa dibuat dengan cara yang mudah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Contohnya, bahan-bahan yang ada di dapur.

Selain sehat karena terbuat dari bahan-bahan alami, obat kumur ini juga lebih murah dibanding obat kumur yang dijual di pasaran. Penasaran apa saja bahan-bahan yang diperlukan? Berikut kami rangkum 5 bahan alami untuk membuat obat kumur penolong di saat berpuasa!

1. Cuka Apel

obat
sumber: freepik.com

Cuka apel merupakan cuka paling kuat dan sehat dibandingkan jenis cuka lain. Cuka ini mengandung zat gizi yang sama seperti pada apel, yaitu pektin, beta karoten, kalium, termasuk enzim dan asam amino yang terbentuk selama proses fermentasi.

Salah satu manfaat cuka apel bagi kesehatan adalah untuk menghilangkan bau mulut. Tuang dan larutkan dua sendok makan ke dalam satu cangkir air. Berkumurlah dengan larutan ini setelah menggosok gigi sebelum tidur dan di pagi hari.

2. Jahe

obat
sumber: freepik.com

Di beberapa negara seperti Tiongkok, India, dan Indonesia, jahe dimanfaatkan sebagai obat-obatan tradisional untuk mengatasi masuk angin, batuk, demam bahkan diare. Ternyata, jahe juga berkhasiat untuk mengatasi bau mulut.

Caranya? Parut jahe terlebih dahulu. Lalu, campur parutan jahe dengan air untuk mendapatkan perasan jahe. Terakhir, larutkan perasan jahe ini dengan air untuk digunakan berkumur.

3. Kayu Manis

obat
sumber: freepik.com

Sejak dulu, kayu manis sering digunakan sebagai obat-obatan tradisional. Sebuah riset yang dilakukan oleh Universitas Illinois dari Chicago menemukan bahwa kayu manis juga sangat efektif sebagai antibakteri yang tumbuh di dalam mulut. Oleh karena itu, kayu manis sangat baik untuk mengusir bau mulut.

Untuk membuat obat kumur dari kayu manis, larutkan bubuk kayu manis dengan air yang sudah mendidih selama 15 menit. Kemudian, biarkan hingga larutan mendingin. Tambahkan beberapa tetes minyak peppermint dan aduk. Simpan dalam wadah sehingga dapat digunakan kapanpun untuk mencegah bau mulut.

4. Garam Dapur

obat
sumber: freepik.com

Garam mempunyai manfaat yang banyak bagi kehidupan manusia. Tidak hanya sebagai bumbu masakan, garam juga dapat bermanfaat menghilangkan masalah bau mulut.

Berkumurlah dengan larutan air garam sebelum tidur. Larutkan satu sendok teh garam dalam segelas air hangat. Kemudian, kumur selama tiga puluh detik dan buang. Jangan ditelan ya, Grameds. Air garam mampu berfungsi sebagai antiseptik yang akan menghilangkan bakteri penyebab bau mulut.

5. Daun Sirih

obat
sumber: freepik.com

Daun sirih sudah sejak dahulu dimanfaatkan untuk kesehatan gigi dan mulut. Alasannya, daun sirih mengandung antioksidan alami yang salah satu efek paling dominannya sebagai antibakterial. Karena sifat antibakterial ini, daun sirih mampu menghambat pertumbuhan bakteri serta mengurangi produksi zat asam hasil dari bakteri.

Untuk mengatasi bau mulut, cuci daun sirih segar sekitar 2-4 lembar. Masukan daun sirih ke dalam gelas dan seduh dengan air panas. Lalu, pakailah larutan ini sebagai obat kumur selagi hangat.


Bau mulut sangat mengganggu kenyamanan di saat berpuasa. Dengan bahan-bahan alami di atas, Grameds tidak perlu khawatir lagi dengan masalah bau mulut di bulan Ramadan.

Selain bahan-bahan alami yang disebutkan di atas, masih banyak bahan-bahan alami lainnya yang bermanfaat bagi tubuh kita lho! Tak cuma menghilangkan bau mulut, tapi banyak juga rempah-rempahan yang bermanfaat untuk kesehatan.

Buat yang mau tahu lebih lanjut tentang rempah-rempahan bisa langsung baca buku Sehat dengan Rempah dan Bumbu Dapur. Buku Sehat dengan Rempah dan Bumbu Dapur membahas berbagai bahan-bahan alami yang mudah didapatkan dan bermanfaat banyak bagi kesehatan.

Tunggu apalagi, buku ini bisa Grameds dapatkan hanya di Gramedia Digital!

sehat


Sumber foto header: 1health.id