5 Novel yang Menginspirasi Karya-Karya J.K. Rowling

5 Novel yang Menginspirasi Karya-Karya J.K. Rowling

. 3 min read

Joanne Kathleen Rowling atau yang akrab disapa J.K. Rowling, merupakan penulis wanita asal Inggris yang dikenal berkat buku berseri Harry Potter. Penulis yang lahir pada 31 Juli 1965 itu masuk daftar 14 besar pengarang terkaya dunia versi Forbes pada 2016 lalu.

Kesuksesan novel-novelnya membuat ia banyak dihormati penulis-penulis dunia. Tak sedikit juga yang menjadikannya role model dalam menulis. Rowling mengaku, bisa melahirkan karya-karyanya itu, tak lepas dari inspirasi yang muncul setelah membaca buku penulis-penulis lain.

Jadi penasaran buku-buku apa saja yang menjadi favorit Rowling? Cek daftarnya di bawah ini.

1. Emma

EMMA

Jane Austen adalah penulis favorit J.K. Rowling. Rowling sudah membaca semua buku yang ditulis oleh Austen. Di antara semua buku Austen, Emma adalah novel favoritnya.

Rowling mengaku ia telah membaca Emma lebih dari 20 kali! Emma adalah novel romantis satir yang sangat laris dan sudah dicetak ulang beberapa kali.

Buku ini menceritakan kehidupan Emma Woodhouse, seorang pencari jodoh handal yang belum pernah menjalin hubungan ataupun jatuh cinta.

Walaupun begitu, Emma hampir tidak pernah gagal dalam menjalankan tugasnya menjadi seorang pencari jodoh. Hingga suatu saat hidup Emma bergejolak ketika bertemu Harriet Smith.

2. Black Beauty

BLACKBEAUTY

Saat Rowling masih kecil ia sangat menyukai segala sesuatu yang memiliki unsur kuda. Maka tak heran novel Black Beauty menjadi salah satu novel favoritnya. Cover novel Black Beauty memang bergambar kuda dan bercerita mengenai kuda.

Ceritanya tentang kuda yang sering berpindah pemilik dan bagaimana cara para pemilik tersebut memperlakukan kuda tersebut. Kisah novel ini akan mengungkap banyak hal tentang perilaku manusia terhadap hewan.

Buku ini dapat membuat ketegangan sekaligus menyentuh para pembacanya, terutama bagi para pecinta hewan.

3. Little Women

LITTLEWOMEN

Buku favorit Rowling selanjutnya adalah novel terbitan tahun 1868 karangan Louisa May Alcott, berjudul Little Women. Novel ini juga dikenal dengan Meg, Jo, Beth and Amy. Novel ini diterbitkan dalam dua volume yaitu pada tahun 1868 dan 1869.

Little Women berkisah tentang kehidupan empat perempuan bersaudara Meg, Jo, Beth, dan Amy. Secara garis besar novel ini ditulis berdasarkan pengalaman masa kecil si pengarang bersama ketiga saudara perempuannya.

Novel ini adalah salah satu novel best seller yang telah diadaptasi menjadi berbagai bentuk pertunjukan, mulai dari sandiwara, musikal, opera, film, dan animasi.

4. Macbeth: Keadilan Itu Busuk, dan Kebusukan Itu Adil

MACBETH

Selayaknya penulis lainnya, Rowling juga menyukai karya-karya Shakespeare. Salah satu karya Shakespeare favoritnya adalah Macbeth. Dari novel Macbeth ini Rowling mendapatkan banyak inspirasi dalam membuat plot cerita novel berserinya, The Harry Potter.

Novel ini bercerita tentang Macbeth yang memiliki ambisi besar untuk berkuasa, demi kepentingan pribadinya. Semua cara hingga membunuh sekalipun ia lakukan demi menduduki takhta yang diinginkannya.

Namun, setelah berhasil menduduki takhta, Macbeth justru merasa bersalah dan ketakutan, hingga membuatnya gila.

5. The Iliad

THEILIAD

Rowling juga menyukai buku karangan penulis legendaris Homer, terutama yang berjudul The Iliad.

Buku ini menceritakan peristiwa-peristiwa saat masa peperangan orang-orang Achaea, Yunani, dan Troya 730 SM silam. Kisah kuno tentang konflik jaman perunggu ini menjadi sebuah tanda kehancuran perang sepanjang zaman.

Saat membaca buku ini, Rowling baru berusia 19 tahun. Dari buku ini Rowling muda mendapatkan inspirasi untuk novel Harry Potter and the Goblet of Fire.

Lebih spesifiknya pada bagian akhir, ketika adegan Harry menyelamatkan tubuh Cedric.


Buku-buku favorit J.K. Rowling di atas memang merupakan buku legendaris yang hingga kini masih terus dicetak ulang dan menjadi best seller. Tak heran jika karya J.K. Rowling juga sebagus buku-buku yang dibacanya. Karya-karyanya pun menjadi buku best seller sepanjang masa.

Jika ingin hebat seperti J.K. Rowling dan orang hebat lainnya jangan lupa untuk terus membaca dan berusaha ya Grameds!

Untuk buku-buku best seller legendaris lainnya dapat langsung kamu cek di Gramedia.com!


Header image source: medium.com