5 Negara Ini Sukses Pecahkan Rekor Dunia di Asian Games 2018

5 Negara Ini Sukses Pecahkan Rekor Dunia di Asian Games 2018

. 3 min read

Banyak kejutan mewarnai pertandingan demi pertandingan di Asian Games 2018 yang telah ditutup secara resmi Minggu (2/9) lalu. Mulai dari aksi ganti raket di tengah-tengah pertandingan oleh Kevin Sanjaya, aksi walk out atlet pencak silat asal Malaysia, hingga kekalahan tak terduga bagi tim voli putri Korea Selatan atas Thailand.

Salah satu kejutan menarik lainnya adalah pemecahan rekor dunia pada beberapa cabor di Asian Games 2018. Total ada enam rekor dunia yang dicatat oleh para atlet dari lima negara yang ikut serta dalam pesta olahraga terbesar se-Asia ini.

Dari mana saja mereka? Yuk, langsung simak rangkumannya di bawah ini!

1. Korea Selatan

Panahan Korea Selatan - Asian Games 2018
Image source: kompas.com

Selain meraih medali emas, dua tim atlet panahan Korea Selatan turut memecahkan rekor dunia. Hal ini tak pernah disangka oleh para atlet asal Negeri Gingseng tersebut. Rekor dunia pertama dicatat oleh tim atlet panahan campuran nomor recurve, yakni Kang Chaeyoung dan Oh Jinhyek.

Perolehan 1364 poin sukses mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Ukraina. Tim kedua berasal dari nomor compound yang terdiri dari So Chaewon dan Choi Yonghee. Dengan total 1422 poin, mereka berhasil menggugurkan pemegang rekor terdahulu, yaitu Belanda.

2. China

Liu Xiang - Asian Games 2018
Image source: kompas.com

Juara umum kembali dinobatkan kepada China yang memperoleh total 298 medali. Ternyata salah satu emas yang diperoleh turut mencatat pemecahan rekor dunia di nomor renang gaya punggung putri 50 meter.

Atlet renang asal China yang berlaga dalam klasemen ini adalah Liu Xiang. Gadis berusia 21 tahun itu sukses mengalahkan pemegang rekor yang sebelumnya dimiliki sesama perenang China pada tahun 2009, Zhao Jing. Bahkan perbedaan waktunya mencapai 27 detik dengan catatan waktu yang diraih Liu Xiang sebesar 26,98 detik.

3. Iran

Sohrab Moradi - Asian Games 2018
Image source: kompas.com

Iran berhasil membawa pulang total 62 medali di Asian Games 2018, 20 di antaranya adalah emas. Sohrab Moradi yang merupakan atlet angkat besi untuk kelas 94 kg menjadi salah satu penyumbang medali emas bagi Iran. Ia sukses mengangkat barbel dengan berat 189 kg pada kesempatan ketiganya.

Pencapaiannya ini sontak menjadikannya sebagai pemecah rekor dunia terbaru yang sebelumnya dimiliki lifter asal Yunani. Bersamaan dengan itu, total perolehan berat mencapai 410 kg membuat Sohrab juga melunturkan rekor Asian Games yang dipegang Ahmetov dari Kazakhstan.

4. Taiwan

Yang Kunpi - Asian Games 2018
Image source: xinhuanet.com

Dalam Asian Games 2018, Taiwan lebih dikenal dengan sebutan China Taipei. Meski belum sepenuhnya merdeka dan masih termasuk bagian dari China daratan, Taiwan berhasil mendulang sejumlah prestasi di Asian Games 2018.

Salah satu dari total 17 medali emas diraih oleh Yang Kunpi dalam cabor menembak nomor men’s trap. Atlet tembak yang baru berusia 20 tahun itu mencatat skor 48 poin sehingga sukses menyamakan rekor dunia yang dipegang Alberto Fernandez asal Spanyol.

5. India

Yang Kunpi - Asian Games 2018
Image source: TimesofIndia.com

Melansir Times of India, negara dengan jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia ini berhasil mencetak rekor dunia di Asian Games 2018. Pemecahan rekor itu diraih oleh tim hoki putra India dengan catatan total 76 gol dalam lima pertandingan melawan Indonesia, Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, dan Sri Lanka.

Sebelumnya, total gol paling banyak dimiliki oleh Argentina dengan perolehan 68 gol pada tahun 2004 di ajang Pan-American Games.


Selamat atas segala pencapaian yang diperoleh para atlet selama Asian Games 2018. Semoga mereka dapat meraih prestasi-prestasi lainnya!


Header image source: wsau.com