5 Langkah Menjaga Kelembapan Kulit Saat Berpuasa

. 3 min read

Berpuasa di bulan Ramadan seringkali membuat tubuh tidak mendapat asupan cairan yang cukup. Hal ini pun berdampak pada kelembapan kulit kita. Apakah Grameds juga merasakan efek kulit yang lebih kering pada saat berpuasa?

Kulit yang kering sangat tidak nyaman dan mengganggu penampilan kita. Kulit kering juga identik dengan kulit yang tidak sehat. Terlebih lagi, saat ini tren kecantikan sedang diwarnai dengan kulit-kulit glowing ala wanita dan pria Korea.

Selain menggunakan makeup, kita bisa menjaga kelembapan kulit dengan cara yang alami dan sehat. Berikut 5 langkah praktis yang sudah Gramedia Digital siapkan untuk Grameds, agar dapat kalian lakukan sehari-hari di bulan puasa untuk kulit yang tetap lembap dan bersinar!

Kulit
Sumber: starngage.com

1. Pastikan asupan air putih tercukupi

Ketika sedang tidak berpuasa, kita diharuskan untuk minum minimal 8 gelas air setiap hari. Selain bagus untuk kesehatan, air juga menjaga kelembapan kulit dan membuatnya tetap elastis.

Saat berpuasa di bulan Ramadan, kita bisa mengakali asupan air yang masuk ke tubuh kita dengan cara minum air minimal 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka dan 4 gelas di malam hari. Jangan sampai kulit semakin kering karena tidak terhidrasi dengan baik.

2. Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran

Buah-buahan dan sayuran mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga kulit agar tetap sehat. Di bulan puasa, jangan lupa untuk selalu menyertakan buah-buahan dan sayuran saat sahur dan berbuka.

Buah-buahan yang mengandung air seperti semangka, stroberi, tomat bisa menjadi pilihan. Selain itu, kalian juga bisa membuat smoothies di saat sahur. Sebaliknya, hindari minuman berkafein dan bersoda karena akan berdampak negatif pada kulit.

3. Membasuh atau mencuci kulit saat berwudu

Di bulan puasa, kita juga bisa mengatasi kulit kering dengan cara membasuh atau mencuci kulit saat berwudu. Air wudu yang dibasuhkan pada kulit setiap hendak salat akan membantu mengembalikan kesegaran kulit.

Selain untuk kebersihan, air juga bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit. Hmm, menarik ya! Kita bisa beribadah sekaligus menjaga kulit agar tidak kering saat berpuasa.

4. Aplikasikan pelembap lebih rutin

Di bulan puasa, jangan lupa untuk selalu membawa pelembap kemanapun kalian pergi! Pelembap ini bisa berupa face mist, face lotion, body lotion dan sebagainya. Pilih pelembap yang sesuai dengan kebutuhan kulit kalian, ya.

Selain praktis, cara ini cukup ampuh untuk mengembalikan kelembapan kulit kalian. Aplikasikan pelembap lebih sering dari biasanya atau kapan saja ketika kulit terasa kering.

5. Gunakan Sheet Mask di waktu luang

Untuk melengkapi perawatan kulit, kalian bisa menggunakan sheet mask yang bermanfaat untuk melembapkan. Sheet mask bisa dipakai sebelum beraktivitas, sebelum tidur ataupun di sela-sela aktivitas kalian.

Dibanding jenis masker lainnya, sheet mask praktis dan mudah untuk dipakai. Selain itu, sheet mask juga dapat memberikan efek relaksasi. Tidak hanya kulit, hati pun tambah adem di bulan puasa ini.


Kelembapan kulit tetap bisa dijaga bahkan ketika sedang berpuasa. Dengan 5 langkah di atas, tidak perlu khawatir lagi dengan masalah kulit kering dan tidak sehat di bulan Ramadan ini.

Kira-kira langkah mana yang akan kamu terapkan untuk kulit yang lembap di bulan puasa ini? Buat Grameds yang ingin tahu lebih banyak tentang tips-tips merawat kulit, langsung aja yuk lebih lengkapnya baca buku Kulit Cantik & Sehat - Mengenal dan Merawat Kulit karya Dr. Elandari Sulastomo, Sp. KK hanya di Gramedia Digital.

Kulit


Sumber foto header: Pexels.com