5 Kegiatan Seru untuk Usir Rasa Bosan Saat di Rumah Saja

5 Kegiatan Seru untuk Usir Rasa Bosan Saat di Rumah Saja

. 5 min read

Selain bekerja, mau tidak mau kita harus tetap berada di rumah karena pandemi yang melanda. Kita pun harus menerapkan social distancing yang tentu saja membosankan, karena tidak bisa menikmati suasana di luar rumah.

Sudah setahun kita menjalani segala kegiatan hanya di rumah saja. Mood kita benar-benar berubah, karena terus menerus berada di rumah. Laporan dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) mengatakan 64,3% masyarakat mengalami cemas dan depresi akibat pandemi COVID-19 (Tirto, 29/06/20).

Pasti kamu merasa jenuh dengan aktifitas selama pandemi bukan? Nah, untuk melepas penat, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan, bahkan hobi baru yang menyenangkan berikut ini!

Berkebun

Hijau, sejuk dan asri. Itu lah manfaat yang bisa kita rasakan dari berkebun yang tentunya menyenangkan. Berkebun bisa kita rasakan sendiri hasilnya, karena kita bisa memetik hasil panen, lalu mengkonsumsinya hingga menjualnya. Nah, salah satu kegiatan berkebun yang asyik yaitu melakukan model hidroponik.

kegiatan
Sumber foto: Liputan 6 (Mohamad Fahrul)

Model hidroponik merupakan aplikasi penanaman tanpa menggunakan tanah, karena tanaman ini hanya menggunakan air sebagai medianya. Selain perawatannya yang terbilang mudah, perawatannya pun tanpa menggunakan lahan yang luas. Kamu bisa menanam, mulai dari sawi hijau, brokoli, seledri, bayam, cabai, dan lain-lain.

Buat kamu yang masih pemula dalam melakukan hidroponik, kamu bisa baca buku ini untuk mengetahui berbagai tips dan langkah praktis dari ahli hidroponik langsung.

suksesBeli dan Belajar Tanam Sekarang!

Selain model hidroponik, ada juga cara menanam dan merawat monstera, atau tanaman yang lebih sering kita dengar dengan sebutan janda bolong. Buku ini akan menjelaskan secara lengkap informasi mengenai tanaman famili Araceae dan cara perawatannya.

merawatBeli dan Rawat Tanaman Sekarang!

Memasak

Kegiatan memasak bisa juga dijadikan sebagai hobi, mulai dari masakan manis hingga asin, memasak hidangan pembuka sampai penutup. Memasak tentu bukan kegiatan yang membosankan, karena dengan memasak kita bisa bereksperimen dengan bahan baku makanan serta bumbu-bumbu dapur, sehingga kegiatan tersebut akan terasa seru, terlebih jika eksperimen yang kita buat berhasil.

kegiatan
Sumber foto: Depositphotos

Jika kamu terus menerus melakukan eksperimen, dengan berbagai resep tentu akan menambah ilmu + skill dan menu makanan baru yang lebih variatif. Selain bisa menyenangkan seisi rumah dengan keadaan perut kenyang, kita juga bisa menjualnya loh.

Nah, nggak mau kan menu yang itu-itu aja? Coba yuk resep ala restoran Chinese dari mie, nasi, daging, ayam, ikan, sup, sampai dessert!

chineseBeli Resep Ini!

Aneka dessert box, cheesecake, pudding, hingga minuman berbahan cream dan susu, resep karya Vicka Gunawan dibuat mudah, langkahnya ringkas, dan dilengkapi berbagai tips agar dessert kamu makin yummy!

yummyBeli Resep Ini!

Mau belajar cara membuat bekal yang enak, bervariasi, dan menarik mata? Ada 50 Menu Bekal Kantor Hits yang bisa kamu contek resepnya!

menuBeli Resep Ini!

Memelihara Ikan

Hobi memelihara ikan di masa pandemi ini juga digandrungi. Selain berkebun, memelihara ikan juga bisa menjadikan sudut ruangan semakin cantik. Apalagi kalau menghias aquarium dengan berbagai ikan eksotis dan mempesona. Oh ya, salah satu ikan hias yang sempat viral ialah ikan cupang.

kegiatan
Sumber foto: Depositphotos

Keindahan pada kombinasi warna serta ekor cupang yang cantik seperti penari membuat orang gemar memeliharanya. Tak hanya itu, ikan cupang sempat menembus batas angka penjualan hingga puluhan juta rupiah per-ekor. Wah, tentu saja kegiatan tersebut sangat menggiurkan untuk membudidayakannya.

cetakBudidaya Cupang Sekarang!

Buku ini menyajikan tips berdasarkan pengalaman penulis yang cocok untuk pemula. Siapa tahu, kamu juga bisa menghasilkan banyak ikan cupang yang berkualitas!

Kerajinan Tangan

kegiatan
Sumber foto: nomis.id

Dengan lebih banyak di rumah, setidaknya punya banyak waktu luang dan bisa kita isi dengan mengembangkan kreativitas dengan membuat barang kerajinan. Selain bisa digunakan sendiri, kamu juga bisa menjual hasil karyamu ke orang lain. Seperti cara membuat masker yang cantik dan unik ini.

membuatBelajar Buat Masker Sendiri di Sini!

Dari buku ini, kamu bisa buat mengkreasikan masker dari aneka bahan kain, seperti kaos, denim, katun, dan brokat. Dilengkapi dengan berbagai teknik pembuatannya, seperti dijahit, tanpa jahit, decoupage, dan banyak lagi.

Setelah membuat masker sendiri kan banyak sisa kain yang tersisa. Bisa nih kamu jadikan kerajinan perca. Ada 40 Kreasi Craft Perca Simpel dengan foto step by step/tutorial yang sangat mudah tanpa perlu keterampilan khusus, tanpa mesin jahit, hanya dengan jahitan tangan saja!

tutorialBaca dan Manfaatkan Kain Perca!

Bukan cuma kain yang bisa dikreasikan, tapi kertas juga bisa menghasilkan karya seni. Ini adalah buku paper cutting pertama di Indonesia. Terdapat 28 desain paper cutting art dengan beragam tema, seperti kartu, amplop, hingga hang tag. Di mana buku ini bisa kamu potong-potong dengan gunting atau cutter, yang hasilnya bisa buat kado ulang tahun atau dekorasi rumah.

paperBeli Buku Seru Ini!

Belajar Hal Baru

kegiatan
Sumber foto: blog.higo.id

Ini adalah waktu yang tepat untuk mengeksplor kembali hal-hal yang ingin kamu pelajari sebelum masa pandemi melanda. Jika sebelumnya kamu ibuk dengan berbagai kegiatan di luar rumah, sekarang kamu bisa memulainya kembali untuk mengisi waktu luang saat di rumah saja.

ciptakanBeli Sekarang dan Jago Photoshop!

Buku Ciptakan Dunia Fantasimu dengan Photoshop akan mengajarkan kamu cara praktis mengolah banyak gambar menjadi satu project. Jangan khawatir jika kamu masih newbie, karena buku ini akan melatih penggunaan banyak tool untuk mempraktikkan satu project tadi.

tujuhBeli Sekarang dan Jago Fotografi!

Kamu yang ingin belajar fotografi, kamu bisa mengikuti 7 Hari Belajar Fotografi Bersama Herry Tjiang. Ia adalah fotografer profesional yang sudah puluhan tahun berkecimpung dalam dunia motret komersil dan pengajaran. Nah, pada tiap bab bisa kamu pelajari dalam satu hari, dilengkapi dengan tugas di akhir bab. Jadi, kamu bisa memperdalam dari teori yang sudah diberikan deh. Seru kan untuk mengisi waktu luang?

Gimana Grameds, sudah memutuskan ingin melakukan kegiatan apa di rumah? Nah, buku-buku yang tadi Admin berikan sedang diskon semua, lho!

promoKlik untuk Info Lebih Lanjut

Kamu bisa menikmati promo Hobbies Book Festival dengan diskon hingga 25% untuk buku masak, olahraga, agriculture, musik, dll. Klik gambar di atas untuk melihat koleksi bukunya ya!

Mumpung promo, ini kesempatan kamu untuk borong banyak buku dan ilmu? 😉


Sumber foto header: Unsplash