5 Karya yang Terinspirasi dari William Shakespeare

5 Karya yang Terinspirasi dari William Shakespeare

. 3 min read

Bulan April bisa dibilang sebagai bulannya William Shakespeare. Alasannya tentu saja karena penulis legendaris ini lahir di bulan April.

Namun, sebenarnya tak ada yang bisa memastikan tanggal kelahiran pria yang juga dikenal sebagai pujangga ini. Namun sebuah dokumen memastikan jika William Shakespeare dibaptis di Inggris pada 26 April 1564.

Dari data tersebut, diperkirakan sang pujangga lahir pada 23 April 1564. Hingga kini, tanggal tersebut lah yang digunakan sebagai tanggal lahir penyair yang memiliki julukan Bard of Avon atau penyair dari Sungai Avon itu.

Tak cuma soal hari lahir, namun William Shakespeare juga meninggal dunia di bulan April. Bahkan dari dokumentasi para peneliti, sang penyair menghembuskan napas terakhirnya tepat di hari ulang tahunnya yang ke-52, atau pada 23 April 1616.

Sudahkah Grameds mengetahui informasi tentang William Shakespeare di atas? Bagi penulis sekelas dia, tentunya karya-karya banyak dikenal orang, namun belum tentu banyak yang mengetahui tentang kehidupan William Shakespeare.

Banyak hal menarik lainnya yang bisa dipelajari dari penulis berbakat yang satu ini. Tak heran, hingga kini karyanya masih terus dikenang. Bahkan, puisi atau karya William Shakespeare lainnya menginspirasi seniman lainnya untuk menghasilkan karya lainnya.

Berikut beberapa karya yang dibuat karena terinspirasi dari karya William Shakespeare. Selamat membaca!

1. Film adaptasi Anarchy atau Cymbeline

karya
sumber: film.avclub.com

Anarchy merupakan salah satu film yang diangkat dari sebuah pentas drama yang diciptakan oleh William Shakespeare pada tahun 1611. Drama tersebut mempunyai judul asli Cymbeline

Drama aslinya menceritakan tentang sebuah tragedi di jaman Inggris kuno. Setelah diadaptasi film ini berubah judul menjadi Anarchy. Selain Anarchy, film Lion King pun diyakini terinspirasi dari karya penulis ternama Inggris, William Shakespeare.

2. Lukisan Death of Ophelia

karya
sumber: wikipedia

Ophelia adalah salah satu karakter dalam cerita Hamlet karya William Shakespeare. Dalam cerita itu, Ophelia yang merupakan perempuan bangsawan dari Denmark memilih menghabisi nyawanya sendiri. Padahal dia akan menikah dengan pangeran Hamlet.

Kisah Ophelia kemudian menginspirasi banyak seniman, termasuk para pelukis. Salah satunya adalah Sir John Everett Millais, yang membuat lukisan Death of Ophelia. Sir John Everett Millais bukan satu-satunya pelukis yang pernah melukiskan kematian Ophelia, tapi ada beberapa pelukis lain yang juga sangat terinspirasi oleh tokoh karangan Shakespeare ini. Salah satunya adalah Alexandre Cabanel.

3. Lagu Heaven in Hiding - Halsey

karya
sumber: Teen Vogue

Halsey secara terang-terangan mengaku penggila kisah Romeo and Juliet karya William Shakespeare. Ia pun mengungkapkan jika albumnya yang berjudul Hopeless Fountain Kingdom terinspirasi dari Romeo and Juliet.

Tentunya lagu-lagu di dalamnya juga menggambarkan kisah Romeo and Juliet, termasuk lagu Heaven in Hiding. Lagu tersebut bercerita tentang gejolak cinta terpedam. Jika dibayangkan mungkin seperti adegan Romeo and Juliet saling curi pandang dalam sebuah pesta.

4. Drama Musikal West Side Story

karya
sumber: kompas.com

West Side Story terinspirasi dari kisah Romeo and Juliet karya William Shakespeare. Drama yang penuh haru dan romantis menjadi kekuatan musikal yang pernah digelar di Jakarta pada Mei 2017 lalu itu.

Lagu menawan, koreografi yang apik, dan pesan sosial di dalamnya juga menjadi magnet tersendiri dari musikal ini. Terinspirasi dari karya yang melegenda, musikal ini bisa diterima di era modern dan dianggap banyak mewakili kisah cinta dalam kehidupan di sekitar kita.

5. Buku A Year in the Life of William Shakespeare 1599

Buku

Buku karya James Shapiro ini mencoba mengulik kehidupan Shakespeare di tahun 1599. Di tahun itu, disebut sebagai tahun "sibuk" bagi sang penyair Shakespeare dan sekaligus bagi Inggris.

Kondisi Inggris yang memanas, tak membuat Shakespeare berhenti menulis dan menciptakan karya. Buku ini memaparkan intrik dan kisah di masa itu, dengan segala karya Shakespeare di dalamnya.

Penasaran dengan kisah buku A Year in the Life of William Shakespeare 1599? Bagi pecinta karya klasik, terlebih bagi fans William Shakespeare, wajib baca buku ini untuk lebih banyak mengetahui kisah hidup sang penyair.

Ingin tahu selengkapnya? Langsung baca di Gramedia Digital, atau langsung klik di sini.


Sumber foto header: nytimes.com