5 Hal Ini Jangan Sampai Terlewat Saat Mempersiapkan Mudik!

5 Hal Ini Jangan Sampai Terlewat Saat Mempersiapkan Mudik!

. 3 min read

Tak terasa Ramadan akan segera berakhir. Tandanya Hari Raya Idul Fitri alias lebaran akan tiba. Itu berarti waktunya kembali ke kampung halaman alias mudik, bersilaturahmi bertemu sanak saudara.

Siapa Grameds yang tahun ini ikutan mudik? Sudah mempersiapkan diri untuk perjalanan menuju kampung halaman? Bagaimana kalau intip tips berikut ini?

Gramedia.com mengumpulkan 5 tips yang perlu Grameds lakukan agar perjalanan mudik kalian terasa nyaman dan juga tenang. Apa saja tips tersebut? Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Siapkan perlengkapan atau keperluan pribadi

tips
Sumber: unsplash.com

Saat melakukan perjalanan mudik, setiap orang tentunya harus memastikan setiap keperluannya sudah tersedia dalam tas mereka. Seperti pakaian dan juga perlengkapan pribadi seperti obat-obatan dan juga skincare.

Ataupun perlengkapan pribadi lainnya yang berhubungan dengan benda-benda yang biasa digunakan, seperti charger handphone ataupun powerbank. Semua harus dipersiapkan dengan matang ya, supaya mudiknya terasa nyaman.

2. Oleh-oleh untuk sanak saudara dan orangtua

tips
Sumber: unsplash.com

Tak cuma bawa perlengkapan pribadi, biasanya saat mudik, kita juga membawa oleh-oleh untuk sanak saudara dan keluarga di kampung halaman.

Membawa oleh-oleh ini nampaknya memang sudah jadi kewajiban ya. Tak boleh ketinggalan. Tapi bukan berarti harus membawa oleh-oleh berlebih, yang ujungnya justru merepotkan diri sendiri. Ingat ya, secukupnya saja.

3. Jangan lupa uang tunai untuk keperluan tak terduga

tips
Sumber: pixabay.com

Perjalanan mudik ditempuh dengan bermacam kendaraan. Yang menggunakan transportasi umum, bisa menggunakan kereta, bis, atau pesawat terbang.

Nah penting sekali kalian membawa uang tunai saat di perjalanan, karena bisa saja membutuhkan pengeluaran dadakan terkait dengan perjalanan di transportasi tersebut.

Misalkan saja, jadwal penerbangan yang tertunda bertepatan dengan jam makan malam, dan mau tak mau kalian harus makan terlebih dulu. Dengan adanya uang tunai untuk kebutuhan tak terduga semua aman terkendali.

Bagi yang mudik dengan kendaraan pribadi juga harus sedia uang tunai ya, jaga-jaga ada masalah dengan kendaraanmu, jadi lebih mudah diatasi dengan membawanya ke bengkel terdekat.

4. Teman perjalanan mudik

tips
Gramedia.com/M. Fachrio Alhadar

Waktu perjalanan mudik tiap orang pastinya beda-beda ya. Ada yang hanya dua jam, ada yang bisa satu hari penuh bahkan lebih. Karena itu, kita perlu memilih teman perjalanan supaya enggak mati gaya.

Pilihan tepat tentunya tak lupa membawa gadget kesayangan. Gadget yang paling wajib enggak boleh ketinggalan tentunya smartphone ya. Selain untuk berkomunikasi, atau untuk update media sosial, smartphone juga berguna untuk banyak hal.

Bisa untuk mendengarkan musik, nonton film, atau baca buku. Yap baca buku melalui aplikasi Gramedia Digital. Caranya mudah, tinggal unduh aplikasi Gramedia Digital melalui App Store atau Play Store, registrasi setelah mengunduh, dan kalian sudah bisa memilih bacaan yang kalian inginkan.

Akan lebih memudahkan lagi, jika kalian langsung berlangganan Premium Package seharga Rp 89 ribu/bulan. Dengan berlangganan Premium Package, kalian sudah bisa menikmati semua yang tersedia di Gramedia Digital. Bukan cuma buku, tapi surat kabar, majalan dan berbagai lainnya yang memang tersedia di Gramedia Digital. Menyenangkan bukan?

5. Jaga kondisi tubuh

tips
Sumber: unsplash.com

Poin terakhir ini adalah yang terpenting. Jangan lupa cukup istirahat saat hendak melakukan perjalanan mudik. Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit.

Jika perlu minum suplemen tambahan agar tubuh tetap sehat. Jangan sampai begitu tiba di kampung halaman, justru sakit dan akhirnya melewatkan momen berkumpul bersama keluarga dan kerabat.


Bagaimana? Kalian sudah siap untuk mudik ke kampung halaman masing-masing? Jangan lupakan lima hal di atas ya. Selamat berlibur dan berkumpul bersama keluarga. Selamat Hari Raya Idul Fitri, Grameds!


Sumber foto header: Pixabay.com