5 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Asian Games 2018

5 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Asian Games 2018

. 4 min read

Tidak terasa beberapa saat lagi Asian Games 2018 akan digelar. Asian Games adalah event olahraga bergengsi yang diorganisir oleh Olympic Council of Asia. Pertama kali, Asian Games diselenggarakan di New Delhi, India tahun 1951.

Waktu terus berjalan, tidak terasa event olahraga akbar ini sudah digelar hingga ke-18 kalinya. Tahun 2018 Indonesia kebagian menjadi tuan rumah untuk yang kedua kalinya, tepatnya di kota Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018.

Asian Games 2018 diikuti oleh 11.260 atlet dari 45 negara, dalam 40 cabang olahraga dan 465 nomor pertandingan. Indonesia pun menargetkan peraihan 20 hingga 22 medali emas demi mengamankan peringkat 10 besar.

Menjadi tuan rumah untuk acara sebesar ini pastinya menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Pemerintah telah jauh-jauh hari mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan demi menyukseskan event olahraga ini, salah satunya pembaharuan dan perbaikan fasilitas-fasilitas yang akan digunakan saat Asian Games berlangsung.

Berikut 5 hal-hal menarik yang perlu kamu tahu tentang persiapan Asian Games 2018. Yuk kita simak!

1. Perubahan drastis sistem ganjil genap

uji-coba-ganjil-genap-jelang-asian-games-pengendara-melanggar-takkan-ditilang
source: merdeka.com

Jika pada awalnya kebijakan ganjil genap diberlakukan hanya dari hari Senin-Jumat Pukul 06.00 sampai 10.00 WIB, maka selama Asian Games berlangsung kebijakan sistem ganjil-genap mengalami perubahan yang cukup mengagetkan. Jadwal tersebut dirubah menjadi setiap hari Senin-Minggu mulai pukul 06.00 WIB hingga 21.00 WIB atau selama 15 jam setiap harinya.

Selain diperpanjangnya sistem ganjil-genap, selama Asian Games pemerintah juga menutup 19 gerbang tol dalam kota. Namun setelah melakukan sejumlah simulasi rencana penutupan 19 tol dikurangi menjadi hanya 7 gerbang tol saja.

2. Theme song Asian Games

theme-song-asian-games-2018_20180719_124647
Source: palembang.tribunnews.com

Untuk memeriahkan event olahraga terbesar se-Asia ini, Panitia Asian Games 2018 meluncurkan empat lagu resmi Asian Games 2018 untuk melengkapi official theme song yang bertajuk Bright as the Sun. Lagu ini diangkat dari tema besar Asian Games 2018 yaitu, “Energy of Asia”. Theme song tersebut dinyanyikan oleh Energy 18, yang terdiri dari 18 penyanyi yaitu, Ariel Noah, Rian D'MASIV, Cakra Khan, Iman J-rocks, Delon, Sheryl Sheinafia, Ikke Nurjanah, Tantri Kotak, Anji, Cita Citata, Virzha, Pia Utopia, GAC, Rossa, Afgan, Rizal Armada, Naga Lyla dan Once Mekel.

Adapun, tiga lagu resmi lainnya adalah Unbeatable yang dinyanyikan JFlow feat Dira Sugandi, Janger Persahabatan oleh Nev, Ariel, dan Dea, Asian Dance oleh SLANK feat Dipha Barus, dan pastinya Meraih Bintang oleh Via Vallen.

3. Pawai obor

1203672109
Source: kompas.com

Pawai obor Asian Games dilakukan sebagai tanda dan penyemarak dimulainya Asian Games. Obor Asian Games nantinya akan dibawa berkeliling di 54 kota dan kabupaten di 18 provinsi di Indonesia dengan menempuh jarak sekitar 18.000 kilometer. Obor tersebut rencananya akan tiba di Stadion Utama Gelora Bung Karno tepat pada saat pembukaan Asian Games 2018 pada 18 Agustus 2018.

Api obor bukanlah sembarang api biasa. Api obor tersebut diambil dari Stadion Nasional Dhyan Chand, New Delhi, India. Nantinya Atlet dari India akan mengestafetkan obor tersebut kepada atlet Indonesia untuk dibawa ke Indonesia.

Api obor dihasilkan dari cermin parabola yang diarahkan langsung ke matahari. Obor dari sumber api abadi tersebut tidak boleh mati saat dibawa dengan pesawat. Untuk itu api obor tersebut akan dibawa menggunakan tempat khusus bernama tinder box, dengan tempat tersebut bahan bakar api obor dapat diganti jika sudah hampir habis jadi api obor tidak akan mati.

4. Sekolah diliburkan

1533738576511.a_675_380
Source: Kompas TV

Asian Games 2018 akan dilakukan di beberapa titik di beberapa kota. Untuk mencegah kemacetan dan keramaian, selain pemerintah menutup beberapa akses tol, memperpanjang sistem ganjil genap, pemerintah juga akan meliburkan sekitar 17 ribu siswa dari 34 sekolah.

Siswa-siswi akan belajar di rumah selama 9 hari pada saat Asian Games berlangsung. Meski tidak ada aktivitas belajar mengajar di sekolah, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Bowo Irianto mengatakan, pihak sekolah akan memberikan tugas untuk siswa.

5. Opening ceremony yang spektakuler

383409822
Source: kompas.com

Setelah suksesnya acara Countdown Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, Asian Games ke-18 akan dibuka secara resmi dengan upacara pembukaan Asian Games 2018. Upacara pembukaan ini akan menampilkan konsep kekayaan alam dan keragaman budaya bangsa Indonesia yang akan dikemas secara kolosal.

Gelora Bung Karno nantinya akan disulap menjadi sebuah gunung yang indah yang diisi lebih dari 12.775 tanaman dan bunga, air terjun yang dialiri 140.000 liter air dan 3.000 meter persegi rumput hijau yang mempercantik keindahannya.

Opening ceremony Asian Games 2018 ini diperkirakan akan disaksikan oleh miliaran penonton di seluruh dunia dan menampilkan musisi – musisi kebanggaan Indonesia seperti Anggun, Joey Alexander, Raisa, Tulus, GAC, Via Vallen, dan masih banyak lagi. Mereka akan tampil di atas panggung berukuran panjang 120 meter, lebar 30 meter, serta tinggi 26 meter yang spektakuler. Sementara itu untuk closing ceremony-nya akan dihelat pada 2 September 2018 mendatang.


Sebagai tuan rumah diselenggarakannya event olahraga terbesar se-Asia ini, yuk kobarkan semangatmu dengan turut peduli membantu memeriahkan acara serta mendukung atlet-atlet Indonesia. Karena kalau bukan kita, siapa lagi?