5 Cara Mudah Membaca Banyak Buku

5 Cara Mudah Membaca Banyak Buku

. 5 min read

Selain gemar membaca buku, para bibliophile pasti juga senang sekali menjelajahi toko buku untuk menambah koleksi bacaan. Sayangnya, kita kadang mempunyai lebih banyak daftar buku yang akan dibaca, dibanding buku yang benar-benar dibaca.

Keterbatasan waktu dan banyaknya aktivitas membuat kita kadang lupa untuk membaca semua buku-buku yang sudah kita beli. Nah, daripada bukumu tak terbaca sama sekali, lebih baik coba cara mudah ini yuk, agar kamu bisa membaca buku lebih banyak!

Nithursan dalam Medium.com (16/03/21), menceritakan dirinya yang berhasil membaca 17 buku dalam waktu 3 bulan. Padahal sebelumnya, ia hanya bisa membaca 2 atau 3 buku setiap bulannya.

Berikut tips mudah darinya untuk bisa membaca buku lebih banyak, bahkan 60 buku dalam satu tahun!

Persiapkan Daftar Baca tiap Bulan

cara
Sumber foto: sunnydayfamily.com

Coba buat daftar buku bacaan apa saja yang akan kamu baca untuk bulan depan. Tidak perlu banyak-banyak, masukkan jumlah buku serealistis mungkin dan sesuaikan dengan jadwal kegiatan kamu, ataupun kecepatan membaca yang biasa kamu lakukan. Selain itu, coba gabungkan buku dalam beberapa genre agar kamu tidak jenuh.

Tulis Alasan Mengapa Kamu Ingin Membaca Buku Tersebut

Biasanya, jika kamu punya niat atau alasan dibalik sesuatu, hal tersebut bisa menjadi motivasi besar untuk mencapainya dengan cara yang lebih baik. Pada setiap judul buku yang kamu masukkan ke dalam daftar, taruh alasan mengapa kamu harus membaca buku itu. Perhatikan juga bahwa alasanmu itu benar-benar penting, jadi kamu tidak akan melewatkan satu buku pun.

cara
Sumber foto: Unsplash

Contoh, bulan depan kamu ingin membaca buku "Make it Happen, Now!", karena kamu ingin merencanakan dan mengatur keuangan dengan baik. Bisa juga kamu ingin membaca buku "You Do You", karena ingin mendapatkan jawaban tepat bagaimana cara mengenal diri sendiri untuk menghadapi persoalan tentang karir, keuangan, atau hidup di masa quarter life crisis.

Targetkan Jumlah Halaman yang Akan dibaca Setiap Harinya

Biasakan untuk mengalokasikan berapa halaman yang harus kamu capai tiap harinya. Coba hitung dengan membagi jumlah total halaman buku, dengan jumlah hari pada bulan itu. Dengan begitu, kamu tidak akan melewatkan satu hari pun tanpa membaca buku, dan menjadikannya sebuah kegiatan sehari-hari.

cara
Sumber foto: isnet.or.id

Contoh, total dari semua buku yang kamu akan baca pada satu bulan adalah 600 halaman. 600 halaman dibagi dalam 30 hari berarti 20 halaman setiap harinya. Terlihat mudah bukan? Dengan mengalokasikan jumlah halaman setiap harinya, kamu akan lebih fokus dan tidak mudah teralihkan dengan hal lain.

Masukkan Lebih dari 2 Buku dalam Daftar Bacaan

cara
Sumber foto: ft.com

Kadang kala kamu akan merasa jenuh ketika di tengah-tengah proses membaca buku. Dibanding membuka media sosial lewat smartphone kala jenuh melanda, lebih baik pilih buku dengan genre lain. Membaca beberapa buku sekaligus bisa membuka pikiran kamu loh. Namun hal terpenting yang harus diperhatikan adalah tetap pilih buku sesuai selera dan mood kamu saat itu.

Buat Penilaian dari Hasil Target Baca Buku Bulananmu

cara
Sumber foto: eschler.com

Sebelum membuat daftar untuk bulan depan, coba kamu buat penilaian dahulu atas daftar bacaan yang sudah kamu lakukan. Misalnya, apa saja yang kamu dapatkan dari bacaan tersebut, bagaimana caramu menikmati setiap buku, atau genre apa yang paling kamu suka dan tidak suka. Cara ini akan membantu kamu membuat daftar bacaan untuk bulan depan. Dan cobalah menemukan sesuatu yang baru setiap bulannya ya, atau hilangkan genre buku yang kamu tidak suka, dan tambahkan lebih banyak buku yang kamu suka. Evaluasi akan menghasilkan perubahan yang baik dan menjadikannya pengalaman baru.

Sekarang, kamu coba buat daftar buku bacaan yang akan kamu baca bulan depan ya. Dan admin juga mau kasih rekomendasi buku-buku seru yang nggak boleh kamu lewatkan.

You Do You: Discovering Life through Experiments & Self-Awareness

youBaca Buku Ini!

Saatnya lebih mengenal dirimu dari buku ini. Jika kamu merasa pekerjaanmu tidak sesuai dengan apa yang kamu suka, passion yang ternyata tidak menghasilkan pundi-pundi, atau galau akan karir dan masa depan, buku ini akan memberikan berbagai tips untuk bisa mengenal diri sendiri lebih dalam. Dengan begitu, kamu akan menemukan jawaban bahwa hidup, karir, bisnis, hubungan, dan keuanganmu, akan menjadi ekstensi dirimu sendiri.

Make it Happen, Now!

makeBaca Buku Ini!

Buku ini merangkum cara-cara perencanaan keuangan untuk mewujudkan mimpimu dengan cara terbaru. Bahasanya yang mudah dimengerti dengan ilustrasi yang menarik, buku ini cocok untuk kamu para muda-mudi. Baca sekarang untuk mendapatkan hidup yang aman serta sejahtera, tanpa pusing memikirkan keuangan.

Saha Mansion

sahaBaca Buku Ini!

Dari penulis mega best seller, Kim Ji-Yeong Lahir Tahun 1982, Cho Nam-Joo kini menghadirkan novel thriller, tentang kelas-kelas masyarakat pada kota-negara aneh yang disebut Town. Ada kelas L yang merupakan penduduk resmi, L2 adalah bukan penduduk resmi tapi memiliki izin tinggal sementara, lalu ada Saha, golongan masyarakat yang tidak diakui, yang terdiri atas para imigran gelap, difabel, korban kekerasan, dan kemiskinan yang menghuni Saha Mansion. Banyak kejadian aneh yang terjadi di Saha Mansion dan menguak apa di balik Town yang tidak bisa ditembus.

Buku Minta Disayang

bukuBaca Buku Ini!

Buku ini adalah kumpulan puisi karya Rintik Sedu yang juga penulis buku novel best seller, Geez & Ann. Mblo dan Mblu hadir kembali dalam buku ini loh. Nah, kalau kemarin bukunya Minta Dibanting, sekarang Minta Disayang. Hayoo, penasaran kan?🤭

Destination: Jakarta 2040

destinationBaca Buku Ini!

Buku ini adalah fiksi sains dari cerita Wattpad terkenal, bercerita tentang Ilyas yang mempelajari alam semesta dan bagaimana menciptakan manipulasi waktu. Perjalanan manipulasi waktunya merusak hubungan cinta dia dengan seorang gadis bernama Alisa di tahun 2015, dan lalu dipertemukan kembali secara tiba-tiba di tahun 2040. Ilyas pun bingung oleh perjalanan distorsi waktu, apakah ini perjalanan yang harus dihadapi atau disadari?

Grameds, untuk buku-buku dari terbitan GPU (Gramedia Pustaka Utama), masih ada diskon 20% yang masih berlangsung hingga 21 Maret 2021. Dalam memperingati hari jadi GPU ini, ada flash sale setiap harinya dari harga Rp4.700 dan diskon ongkir Rp 8.000 ke seluruh Indonesia!

alasanKlik untuk Info Lebih Lanjut

Jangan ketinggalan juga promo SINARAN dengan diskon hingga 20% untuk buku-buku fiksi terbaik pilihan. Klik gambar di bawah ini untuk bawa pulang buku-bukunya ya.

alasanKlik untuk Info Lebih Lanjut


Sumber foto header: Unsplash