5 Buku Ini Bisa Bantu Kamu Lolos Passing Grade Tes CPNS

5 Buku Ini Bisa Bantu Kamu Lolos Passing Grade Tes CPNS

Yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga, setelah tahun lalu tidak diadakan dan pendaftaran di tahun ini berkali-kali diundur. Bagi kalian yang mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021, ini saatnya kamu mulai mempersiapkan diri bertarung di tiap seleksi.

Setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi, nantinya kamu akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Untuk SKD CPNS 2021 akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Dari 100 soal dalam tes SKD tahun lalu, sekarang bertambah menjadi 110 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 100 menit. Soal ini terbagi dalam Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 30 soal, Tes Intelegensia Umum (TIU) 35 soal, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 45 soal.

Penentuan lolosnya peserta CPNS 2021 dalam tes ini menggunakan nilai ambang batas atau passing grade. Selain itu peserta juga harus masuk dalam peringkat tertinggi dari jumlah formasi. Jadi, selain kamu harus lolos passing grade, kamu juga harus mendapatkan nilai setinggi-tingginya agar bisa lanjut ke seleksi SKB.

daftar-instansi-dan-formasi-cpns-2019-yang-sepi-peminat-1911202-1 Source: Dream.co.id

Untuk pendaftar kategori umum, pada tahun ini ada kenaikan nilai ambang batas yaitu, 166 untuk TKP, 85 untuk TIU dan 65 untuk TWK. Untuk pelamar sarjana cumlaude dan diaspora, akumulasi nilai paling sedikit 311 dengan nilai TIU minimal 85. Untuk penyandang disabilitas dan Putra/Putri Papua dan Papua Barat nilai kumulatifnya 286, dengan TIU minimal 60.

Sementara untuk SKB adalah tes yang dilakukan sesuai dengan bidang dan posisi pilihan tiap pelamar. Terbagi dalam beberapa tes, yaitu tes pengetahuan menggunakan sistem CAT dan juga tes wawancara, atau tes lainnya mengikuti ketentuan masing-masing instansi.

SKD dan SKB CPNS 2021 ini akan dilaksanakan pada akhir Agustus hingga awal Oktober 2021. Hal yang harus digaris bawahi adalah, bobot penilaian untuk SKD sebesar 40 persen, sementara SKB sebesar 60 persen.

Untuk menambah kepercayaan diri menjawab soal-soal SKD dan SKB, ada baiknya belajar dari buku-buku yang sudah dipersiapkan secara khusus. Misalkan saja, 5 buku soal-soal CPNS 2021 berikut ini:

1. Pedoman Resmi Seleksi Tes CPNS CAT 2021/2022 + CD

Buku dari karya Tim Bintang Psikologi ini dilengkapi dengan modul yang akan membedah kisi-kisi soal tes CPNS. Ada juga konsep pintar untuk menjawab soal dengan lebih cepat, paket soal prediksi, ribuan latihan soal Tes Kemampuan Dasar beserta pembahasan, termasuk untuk latihan SKB.

pedomanBeli dan Belajar Sekarang!

2. Best Score Tes CPNS 2021

Buku dari Tim Presiden Eduka ini berisikan modul materi update terlengkap. Dilengkapi juga dengan modul TOEFL dan TOEIC, latihan SKB seperti psikotes, kesamaptaan, plus wawancara. Semua latihan dibahas tuntas dan akan diberikan tips serta trik dalam mengerjakannya.

bestBeli dan Belajar Sekarang!

3. Panduan Sukses Tes CPNS 2021

Berisi panduan lengkap untuk kamu mengikuti seleksi CPNS, dan akan membedah kisi-kisi tes CPNS terbaru. Selain mendapatkan paket lengkap latihan soal SKD dan SKB, kamu juga akan mendapatkan simulasi tes CAT dan video tutorial untuk psikotes serta latihan kesamaptaan.

panduanBeli dan Belajar Sekarang!

4. Master Sukses CAT CPNS 2021 - 2022

Disusun oleh Tim Edu Penguin, buku ini memuat soal-soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) yang super update dan lengkap berdasarkan field report yang membuatmu siap lulus SKD dan SKB. Kamu juga akan diberitahukan cara menjawab soal dengan trik yang cepat dan mudah dimengerti. Jadi, nggak perlu takut lagi kehabisan waktu saat mengerjakan soal tes SKD.

masterBeli dan Belajar Sekarang!

5. All-New Tes CPNS 2021/2022

Disusun oleh tim yang sudah berpengalaman yang beranggotakan praktisi-praktisi psikotes dan PNS, buku ini akan memandu kamu lewat soal-soal yang akan dibahas tuntas beserta cara trik cepat menjawabnya. Dilengkapi juga dengan simulasi CAT dan e-book latihan TOEFL.

allBeli dan Belajar Sekarang!


Gimana, sudah siapkah menjalani tes CPNS? Kalau masih bingung, masih ada buku-buku untuk persiapan tes CPNS lainnya yang bisa kamu cek di Gramedia.com.

Dan sebagai #SahabatTanpaBatas, Admin berikan diskon spesial untuk seluruh produk di Gramedia.com. Jadi kalian bisa segera belajar tipe-tipe soal tes SKD dan SKB CPNS dari buku-buku di atas.

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Oh ya, untuk yang ingin pesananannya lebih cepat sampai rumah, kamu bisa gunakan layanan Gramedia Pesan Antar. Pilih jasa kurir express yang bisa mengirimkan pesananmu jauh lebih cepat!

PesanKlik untuk Info Lebih Lanjut dan Pesan Via Whatsapp!

Selamat belajar!


Header image source: Kompas.com


Enter your email below to join our newsletter