5 Buku Horor Lokal Ini Dijamin Bikin Bulu Kuduk Kita Merinding

. 4 min read

Walaupun menyeramkan, buku-buku horor tetap saja jadi favorit para pembaca. Soalnya dibalik ketegangan dan ketakutan yang ditawarkan, ada rasa penasaran yang mengusik kita untuk mengetahui ceritanya. Belum lagi jika kisah-kisah horor itu nyatanya ada yang begitu dekat dengan keseharian kita, makin bikin penasaran sekaligus merinding! Berikut ini lima buku horor lokal yang menantang nyali kita untuk membacanya.

Kumpulan Budak Setan (Eka Kurniawan, Intan Paramaditha, Ugoran Prasad)
cover-Budak-Setan
Abdullah Harahap terkenal sebagai penulis horor Indonesia yang populer pada tahun 70an hingga 80an. Kisah-kisah horornya yang tidak hanya melulu tentang setan, melainkan juga mengangkat tema khas Abdullah Harapap yakni pembunuhan, pembalasan dendam, hingga seks yang diolah dengan napas mistis, membuat penghayatan ulang terhadap kisah-kisah horor beliau selalu menarik disimak. Hal tersebut yang mendasari lahirnya kbuku kumpulan cerpen horor Kumpulan Budak Setan karya trio penulis kawakan: Eka Kurniawan, Intan Paramaditha, dan Ugoran Prasad. Dalam kumcer kali ini, horor diterjemahkan tak hanya berkisar mengenai makhluk gaib, tapi juga sesuatu yang mampu meruntuhkan realitas yang seharusnya dan merontokan tatantan yang dipercaya.

Danur (Risa Sarasvati)
danur_okebis
Apa yang ada di kepala kita ketika mendengar kata ‘Danur’? Lendir berbau apek yang keluar dari mayat yang membusuk? Sehingga kita pun menebak jika novel yang ditulis Risa Sarasvati ini akan berkisah mengenai mayat-mayat dan jenazah. Tebakan kita tidak sepenuhnya benar, tapi juga tidak salah. Jadi tentang apakah ‘Danur’ berkisah? Novel yang sempat difilimkan tahun ini menceritakan mengenai seseorang bernama Risa yang bisa melihat dan mendengar makhluk dari dimensi lain. Awalnya Risa menganggap kemampuannya berinteraksi dengan makhluk-makhluk gaib itu sebagai anugerah dan kelebihannya, namun berubah jadi malapetaka yang terkutuk. Ketika mereka semakin bersahabat dan makhluk-makhluk yang ingin didengarkan itu meminta kebersamaan hidup dengan Risa selamanya. Apa yang Risa lakukan kemudian? Danur mengajak kita mendengar curhatan makhluk-makhluk lain sekaligus memahami kehidupan dan kematian yang mereka alami. Berani?

13 (Primadonna Angela dan Shandy Tan)
Teenlit:13
Tiga belas. Angka 13. Rasanya ada sesuatu magis nan gaib di balik angka yang sering kali sengaja dilewatkan oleh lantai atau nomor lift gedung-gedung tinggi itu. Katanya: berbahaya, ganjil, aneh, dan tentunya penuh dengan kejanggalan yang mistis. Mungkin kedengarannya tidak logis dan omong kosong belaka. Itu hanya akal-akalan saja. Tapi benarkah demikian? Bagaimana jika angka 13 memang tidak diadopsi pada kehidupan sehari-hari sebab sejak awal ia mengandung makna horor didalamnya? Penulis Primadonna Angela dan Shandy Tan akhirnya menulis tiga belas kisah mengenai angka 13. Kisah-kisah mistis yang membuat siapapun menyadari bahwa 13 memang horor adanya, memang butuh diperhatikan, memang harus diawasi. Sebab 13 yang berdarah mampu mengintai kita di mana saja: gedung tinggi, jalanan, nomor rumah, hingga kamar sekalipun.

Tewasnya Gagak Hitam (Sidik Nugroho)
81763lost-1
Kematian yang janggal memang meninggalkan teka-teki yang belum selesai. Bahkan sering kali memiliki jejak misteri nan mistis yang buat siapapun berjengit takut. Hal serupa juga dirasakan oleh seorang pelukis bernama Elang atas kematian ganjil seorang pengarang. Pasalnya sang pengarang mati begitu saja tanpa diketahui petunjuk atas kematiannya. Elang yang penasaran pun memutuskan untuk menyelidikinya lebih jauh. Namun sebelum dia berhasil menemukan petunjuk-petunjuk terangnya, ia justru dihadapkan dengan kematian lainnya dari seorang dokter. Tewasnya dokter tersebut kembali menyisakan teka-teki yang begitu panjang, karena pada tempat kejadian ditemukan catatan yang menyatakan ‘Merpati Putih Menyusulmu’. Siapakah ‘Merpati Putih’ yang dimaksud? Adakah orang-orang tak terlihat yang telah merancang semua itu? Mungkinkah penyelidikan diam-diam Elang telah diketahui? Sidik Nugroho menghadirkan horor yang berbeda dari biasanya, dibumbui plot misteri yang membuat pembaca terus penasaran, Tewasnya Gagak Hitam jadi bacaan horor-thriller-suspence berdarah yang siap bikin bulu kuduk siapapun berdiri saking tegangnya!

Lost (Eve Shi)
81763lost
Apartemen baru Maura nyatanya menyimpan segudang cerita ganjil yang tak pernah diketahuinya. Sejak awal kepindahannya saja, penghuni-penghuni lain sudha bergunjing mengenai hal yang membuat dahi Maura berkerut: dulu pernah ada penghuni yang tewas karena membakar diri sendiri di basement. Dan kedatangan Maura adalah langkah untuk buang sial sejak kejadian itu. Gunjingan-gunjingan seperti itu nyatanya tidak kunjung berhenti. Terlebih ketika Maura mulai kesepian karena sering ditinggal bekerja oleh kakakhnya, membuat Maura jadi lebih sering mendengar apa-apa yang diceritakan penghuni lain. Cerita-cerita mistis yang kemudian akhirnya dialami oleh Maura sendiri hingga dia memutuskan untuk mengorek sesungguhnya apa yang terjadi dengan penghuni-penghuni lama sebelumnya. Lost karya Eve Shi ini mengajak kita menengok isi lain dari apartemen baru Maura, yang tidak selamanya berisi apa yang terlihat tapi juga yang tak kasat mata.