5 Book of the Year 2018 Terpilih

5 Book of the Year 2018 Terpilih

. 3 min read

Tak sedikit buku yang diterbitkan secara resmi di 2018 ini. Buku-buku tersebut tentunya berasal dari berbagai kategori dan juga genre.

Meski jumlahnya tak sedikit, tetap saja ada beberapa buku yang memiliki sinarnya sendiri di tahun ini. Sejumlah buku berhasil menarik perhatian para pembaca. Tak cuma di negara buku tersebut dirilis, tapi juga di beberapa tempat sekaligus.

Berikut, Gramedia.com memilih buku-buku terbaik di sepanjang 2018. Buku-buku ini berhasil mendapatkan penghargaan-penghargaan bergengsi di berbagai belahan dunia.

Mau tahu apa saja kelima buku tersebut? Berikut daftar lengkapnya.

1. The Friend - Sigrid Nunez

BESTBOOK2018

Buku ini adalah pemenang National Book Awards 2018 untuk kategori fiksi. Buku ini disebut-sebut menjadi salah satu yang terbaik di tahun 2018. Pasalnya, buku ini memberikan kisah perjalanan emosional yang kuat antara seorang wanita dengan anjingnya.

Wanita yang menjadi tokoh utama di novel ini kehilangan teman hidup dan juga guru terbaiknya. Sang teman hidup itu meninggalkan seekor anjing, yang mau tidak mau harus ia rawat.

Berawal dari sana, kisah ini sangat menyentuh, menggambarkan rasa cinta dan ikatan yang tak terpisahkan antara seorang wanita dengan anjing tersebut.

2. The Hate U Give - Angie Thomas

BESTBOOK2018

Buku ini menyabet penghargaan sebagai Best of the Best Goodreads Choice Awards 2018. Digadang-gadang menjadi salah satu yang terbaik di 2018 ini karena kisahnya yang tak biasa. Hal ini terbukti dari suksesnya buku ini menempati posisi pertama New York Best Seller tahun ini.

The Hate U Give menceritakan nasib seorang remaja 16 tahun bernama Starr yang hidup di dua dunia berbeda. Satu sisi, ia lahir dan tumbuh di lingkungan serba kekurangan, di sisi lain dia harus menjalani hidup berbeda karena belajar di sekolah untuk kalangan menengah ke atas.

Hidupnya semakin rumit ketika ia harus menjadi saksi penembakan, yang bisa membahayakan nyawanya sendiri.

3. Bluebird, Bluebird - Attica Locke

BESTBOOK2018

Pemenang kategori best novel Edgar Award 2018 ini menceritakan sosok Darren Matthews yang merupakan seorang penegak hukum negara. Ia bertugas menyelidiki segala kasus mulai dari korupsi hingga pembunuhan.

Namun pekerjaan yang dijalaninya itu menjadi salah satu ancaman yang dapat membahayakan keluarga dan juga orang yang dicintainya. Bahaya itu bermula dari tawaran Darren untuk membantu seorang kawan lamanya.

4. Normal People - Sally Rooney

BESTBOOK2018

Buku ini menyabet sejumlah penghargaan. Tak heran buku ini menjadi salah satu yang bersinar di 2018. Novel of the Year An Post Irish Book Awards dan Waterstones Book of the Year 2018 adalah dua dari sekian penghargaan yang dimenangkan buku ini.

Kisah seputar cinta terpendam, konflik keluarga hingga perbedaan kepribadian dua tokoh utamanya adalah benang merah yang membuat novel ini menarik. Tentunya kisah cinta antara Marianne dan Connell ini layak dijadikan buku wajib baca ya, Grameds.

5. Aroma Karsa - Dee Lestari

BESTBOOK2018

Kali ini karya dari penulis dalam negeri. Novel karya Dee Lestari ini berhasil meraih penghargaan Book of the Year 2018 dari IKAPI. Tentunya banyak yang sepakat dengan menangnya karya yang satu ini.

Cerita yang rumit tentang pencarian Puspa Karsa, sebuah bunga langka, dan keberadaannya seringkali hanya dianggap mitos belaka. Pencarian tersebut berujung pada pertemuan Jati Wesi dan Tanaya Suma. Kemampuan unik keduanya menjadi segmen tersendiri dalam kisah Aroma Karsa.

Hubungan yang sulit diungkap di antara keduanya pun menjadi intrik yang menyenangkan di tengah tegangnya pencarian Puspa Karsa yang melibatkan ruang-ruang yang tak terlihat oleh manusia awam.


Sudahkah kalian membaca novel-novel di atas? Kalau sudah, mana yang paling kalian suka? Kalau belum, tentunya jangan lupa masukkan ke dalam daftar must read ya, Grameds!


Sumber header foto: Unsplash.com