4 Hal Penting untuk Mengawali Tahun Baru

4 Hal Penting untuk Mengawali Tahun Baru

. 2 min read

Selamat tahun baru 2019! Setelah kemarin kita sibuk semalam suntuk dalam ingar-bingar tahun baru, sudah terpikir belum bagaimana 2019 ingin dilewati? Tentu rasanya tidak ingin kan ada yang tersiakan seperti tahun lalu?

Yuk, kita move on!

Bergantinya tahun biasanya juga dijadikan sebagai garis awal untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Nah sebelum kita bisa melakukan perubahan itu, apa-apa saja sih yang harus dilakukan di awal tahun?

Simak baik-baik ya, Grameds!

1. Bersyukur

joshua-reddekopp-360016-unsplashSumber: Unsplash.com

Jika kita bersungut-sungut tentang hal yang sudah terjadi, ataupun untuk hal yang belum terjadi, hal ini justru akan membawa beban negatif di awal tahun. Padahal, akan lebih baik jika kita selalu berfokus kepada hal yang positif.

Sebelum mulai merencanakan bagaimana tahun ini akan dijalani, baiknya kita coba mengingat kembali hal-hal yang telah terjadi setahun belakangan.

Hidup memang tidak selamanya mulus, tapi selalu ada hal yang patut untuk disyukuri bukan?

2. Buat resolusi

resolution-2Sumber: Cosmopolitan.com

Dalam menjalani hidup, memiliki tujuan menjadi sesuatu yang penting. Tentu sebenarnya ada banyak tujuan yang ingin kita wujudkan di tahun yang baru ini kan?

Nah, kamu bisa mulai menuliskan resolusi apa saja yang ingin kamu capai tahun ini. Bisa jadi lulus kuliah, pergi keluar kota sendirian, atau mulai membaca 1 buku berbahasa asing.

Satu yang perlu diingat, cobalah realistis saat menuliskan resolusi. Realistis bukan berarti pesimis sehingga menurunkan standarmu, ya. Tapi mengerti kemampuan diri, dan percaya jika mampu untuk mengusahakannya. Jangan sampai, kamu tersiksa oleh resolusimu sendiri.

3. Buat to do list

bullets-journalSumber: Instragram.com

Setelah menuliskan tujuan atau resolusimu untuk tahun ini, mulailah membuat daftar hal-hal apa saja yang bisa menunjang kesuksesan resolusimu. Misalnya, jika resolusi akhir tahunmu ini bisa traveling ke Raja Ampat, kamu bisa mulai membuat daftar berapa jumlah yang harus kamu tabung setiap minggunya.

To do list dibuat sebagai langkah-langkah yang harus ditapaki agar resolusimu bisa tercapai. Agar lebih menarik, kalian bisa membuat bullets journal di notebook kalian agar perjalanan 2019-mu menjadi lebih menyenangkan sekaligus terarah.

4. Komitmen

dcssSumber: Spotebi.com

Yang terakhir dan yang paling penting adalah komitmen. Setelah siap dengan tiga hal di atas, kamu harus memulainya dengan niat. Atas nama komitmen, jangan sampai menyerah di tengah pertempuran. Kamu harus bertahan hingga akhir tahun jika ingin resolusimu berjalan dengan maksimal.

“When you about to quit, remember why you started.”

Untuk mencapai resolusi, kamu bisa mulai dari resolusi yang paling mudah, ataupun yang paling krusial. Semua tergantung pada prioritasmu ya, Grameds.


Sumber header foto: wallstreetbotoxnyc.com