4 Cara Mudah Kembalikan Semangat Kerja Usai Libur Lebaran!

4 Cara Mudah Kembalikan Semangat Kerja Usai Libur Lebaran!

Hola, Grameds!🌻

Bagaimana liburan lebaranmu? Semoga liburanmu menyenangkan, ya!🥰

Nah, setelah libur panjang lebaran, kini waktunya untuk kembali beraktivitas dan memulai rutinitas kerja kembali🙌🏻 Apakah kamu merasakan kesulitan mengumpulkan semangat?

Memang bagi sebagian orang, kembali ke rutinitas kerja setelah libur panjang bisa menjadi hal yang sulit🥲 semangat kerja yang sebelumnya berkobar-kobar bisa meredup setelah libur panjang😖

Oleh karena itu, di sini kita akan dibahas cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan semangat kerja setelah libur panjang lebaran  dan memulai kembali produktivitas kerja dengan semangat yang membara👏🏻

4 Cara Mudah Bangkitkan Semangat Bekerja Usai Libur Panjang

Kembali ke rutinitas yang padat setelah libur panjang bisa membuat kita merasa kurang semangat dan sulit untuk mengembalikan fokus. Untuk memudahkanmu, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk bangkitkan kembali semangat bekerja usai libur panjang!

1. Beri Waktu untuk Beradaptasi

Setelah libur panjang, tubuh dan pikiran kita perlu waktu untuk beradaptasi kembali dengan rutinitas kerja yang padat. Salah satu alasan mengapa kamu bisa stres saat mulai bekerja kembali adalah karena kamu mungkin terlalu memaksakan diri untuk langsung kembali ke aktivitas yang padat, beri diri waktu untuk beradaptasi dengan sedikit kegiatan yang ringan dan santai. Pastinya hal ini akan membantu kita untuk lebih siap secara mental dan fisik ketika memulai pekerjaan yang lebih berat.

2. Buat To-Do-List Tiap Pagi

Setelah mampu beradaptasi dengan rutinitas kerja, penting pula untuk membuat daftar prioritas pekerjaan serta mengatur jadwal kerja. Hal ini akan membantu kamu untuk lebih terorganisir dan fokus pada tugas yang benar-benar penting dan mendesak. Oleh karena itu cobalah untuk memulai harimu dengan membuat to-do-list penting tiap pagi agar kamu lebih mudah mengatur aktivitas yang padat setelah libur panjang.

Buat to-do-list (sumber gambar: dn.mos.cms.futurecdn.net)

3. Sempatkan Berolahraga

Berolahraga secara teratur dapat membantu mendapatkan energi dan semangat kerja. Setelah libur panjang, mungkin kita merasa agak malas untuk berolahraga. Namun, cobalah untuk memulainya kembali secara perlahan dan rutin. Kamu bisa memulai dengan melakukan stretching, yoga, atau olahraga ringan untuk mengembalikan kesehatan tubuh dan pikiran, sehingga kita dapat lebih fokus dan produktif dalam pekerjaan.

4. Tetap Bersenang-Senang dengan Teman dan Kolega!

Setelah libur panjang dan hanya bertemu dengan keluarga, kembali bekerja memungkinkan kamu untuk kembali bertemu dengan teman dan kolega. Oleh karena itu penting untuk tetap bersenang-senang dengan mereka.

Buat fun activities dengan kolega (sumber gambar: avitaltours.com)

Buatlah kegiatan yang menyenangkan dengan rekan kerja, seperti makan bareng di jam makan, main game bareng di sela istirahat, dan masih banyak hal yang dapat membantu kita memperbaiki semangat kerja dan meningkatkan kinerja.


Baca Juga: Sering Menunda Pekerjaan? Ini Dampak dan Cara Mengatasinya


Nah, itu dia beberapa cara mudah mengembalikan semangat kerja setelah libur panjang! Hal yang terpenting adalah untuk memulainya dengan perlahan dan tidak memaksakan diri terlalu keras. Dengan mengambil langkah-langkah yang tepat dan konsisten, kita dapat kembali pada produktivitas kerja yang optimal.

Selain hal-hal di atas kamu juga bisa menambah semangatmu lewat bacaan buku yang inspiratif! Pppsstt, Gramedia.com juga lagi ngadain promo menarik THR Day khusus dari tanggal 25-30 April 2023! Diskon buku sampai dengan 25%, loh!

Lumayan banget, kaaann?? Sini Admin bagiin rekomendasi buku insipiratif yang bisa bantu kembalikan semangat kerjamu usai liburan!

Rekomendasi Buku Inspiratif untuk Kembalikan Semangat Kerja Usai Liburan

1. The Interpretation of Dreams

Buku inspiratif pertama yang bisa kamu coba baca adalah buku Sigmund Freud yang satu ini! Buku ini adalah buku psikologi yang bisa memberikanmu sudut pandang lain tentang ambisi dan juga mimpi. Pastinya, buku ini bisa jadi teman inspiratif buat kamu yang lagi berusaha kembalikan semangat bekerja.

bukuBaca dan Koleksi Sekarang!

2. Hening adalah Kunci Terpenting

Setelah libur panjang, kamu mungkin kembali struggle mencari work-life balance. Menyeimbangkan antara kesibukan yang padat dan juga ketenangan. Nah, buku yang satu ini bisa jadi salah satu solusinya! Buku ini adalah buku self-help yang membahas pentingnya mencari ketenangan dan hening di tengah kesibukan dan kebisingan kehidupan modern.

bukuBaca dan Koleksi Sekarang!

3. Outliers (Rahasia di Balik Kesuksesan)

Buku karya Malcolm Gladwell yang satu ini adalah buku non-fiksi yang membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pada kesuksesan seseorang. Dalam buku ini, Gladwell menunjukkan bahwa kesuksesan tidak hanya ditentukan oleh kecerdasan atau bakat seseorang, tetapi juga oleh faktor-faktor lain seperti lingkungan, peluang, dan waktu yang tepat. Cocok buat kamu yang lagi cari inspirasi untuk tetap semangat kerja!

bukuBaca dan Koleksi Sekarang!

4. The Book of Overthinking

Overthinking adalah masalah serius yang sering dihadapi oleh kita semua yang dihantui deadline kerjaan! Pada beberapa orang, overthinking bisa menjadi teror tentang kemungkinan-kemungkinan buruk yang belum tentu terjadi. Apabila overthinking ini terjadi terus-menerus, maka bukan tidak mungkin seseorang akan merasa kewalahan dan terjebak dalam kegelapan pikirannya sendiri. Bagaimana cara menghentikan overthinking ini? Temukan solusinya dalam buku ini!

bukuBaca dan Koleksi Sekarang!

5. Sayangi Dirimu, Berhentilah Menyenangkan Semua Orang

Burnout bekerja juga bisa disebabkan karena kamu kurang nyenengin diri kamu sendiri! Apa kamu lebih sering dengerin kerjaan dibanding diri kamu sendiri? Nah, buku ini bisa jadi panduan kamu menyayangi diri sendiri di tengah struggle padatnya jadwal bekerja.

bukuBaca dan Koleksi Sekarang!

Bila kamu masih terjebak dalam usaha untuk menyenangkan semua orang, kebahagiaanmu akan berkurang. Waktumu pun tidak akan cukup untuk melakukan semua usaha itu. Satu-satunya saran paling bijak yang pernah ada adalah berhenti. Berhentilah menuruti keinginan orang lain dan mulailah mendengarkan apa yang diinginkan oleh dirimu sendiri.

Itu dia sejumlah rekomendasi buku yang cocok kamu baca untuk bangkitin semangat kerjamu usai libur lebaran yang panjang. Jangan lupa langsung checkout selagi promonya masih ada. Semua buku tadi diskonnya sampai 25% loh, kamu juga bisa dapetin promo ongkir juga! Detail promo lengkapnya bisa klik gambar di bawah!

bukuBaca dan Koleksi Sekarang!

Gramedia.com juga masih punya banyak diskon spesial buat kamu. Selamat kembali ke rutinitas kerja dan semoga sukses dan buruan cek semua promo dari diskon spesial hingga penawaran menarik lainnya cuma di Gramedia.com!


Sumber foto header: avitaltours.com

Penulis: Shaza Hanifah


Enter your email below to join our newsletter