Kenalkan Puasa Ramadan pada Si Kecil

Kenalkan Puasa Ramadan pada Si Kecil

. 3 min read

Bulan Ramadan tiba, saatnya umat Muslim menjalankan ibadah puasa selama satu bulan. Teristimewa bagi anak-anak yang belum balig, mereka tidak diwajibkan untuk berpuasa. Akan tetapi, ada baiknya para orang tua mulai mengajarkan sang buah hati untuk berpuasa sedari dini. Sebelum belajar berpuasa, kiranya akan lebih bijak jika Anda memperkenalkan hal-hal seputar puasa terlebih dahulu. Dengan begitu, diharapkan kesadaran tentang berpuasa akan tertanam dengan sendirinya seiring waktu berjalan.

Mengenalkan dan mengajarkan si kecil mengenai puasa Ramadan memang tidak mudah. Tidak semua anak memiliki keinginan dari diri sendiri untuk belajar. Oleh karena itu, Anda perlu memberi pengertian kepada si kecil dengan beberapa cara yang dapat memikat perhatiannya. Salah satunya dengan memberikan buku cerita anak perihal puasa Ramadan. Buku tersebut bisa Anda bacakan ataupun dibaca bersama-sama.

Berikut empat buku cerita anak seputar puasa Ramadan yang bisa dijadikan rekomendasi untuk Anda.

Yuk, Belajar Puasa: Muslim Sticker Book

for-blog-fixed---ramadan---yuk-belajar
Apa itu puasa? Siapa saja yang harus puasa? Apa saja yang dianjurkan selama puasa? Apa saja yang dilarang? Berbagai ajaran puasa lainnya juga dibagikan oleh Kak Helmi dalam bukunya, yaitu Yuk, Belajar Puasa: Muslim Sticker Book.

Si kecil mungkin akan cepat bosan jika diberi buku yang hanya dipenuhi tulisan. Oleh karena itu, buku ini dilengkapi macam-macam gambar dan stiker menarik untuk memikat si kecil.

Fathul Belajar Puasa

for-blog-fixed---ramadan---fathul
Belajar berpuasa untuk pertama kalinya memang tidak mudah, terlebih untuk anak kecil. Maka dari itu, orang tua perlu mengenalkan puasa pada si kecil secara perlahan. Kisah tentang pengalaman puasa pertama Fathul dalam buku Fathul Belajar Puasa bisa Anda ceritakan sebagai contoh bagi si kecil.

Fathul yang baru berumur 6 tahun sama seperti kebanyakan anak lainnya, belum mengerti seluk-beluk puasa. Fathul pun mencari jawaban tentang puasa kepada orang tuanya.

Kisah tersebut dikemas dengan gaya cerita yang sederhana oleh Mochamad Anshory agar si kecil dapat lebih mudah memahaminya. Berbagai ilustrasi menarik turut melengkapi buku ini. Ada bonus stiker juga untuk diberikan pada si kecil.

Aisyah Sofia: Ayo, Kita Puasa di Bulan Ramadhan!

for-blog-fixed---ramadan---aisyah-sofia
Berkisah tentang Aisyah Sofia dan teman-temannya yang untuk pertama kalinya belajar berpuasa. Kedua orang tua Aisyah, kak Azie, serta Nenek Saloma pun mendukung keinginan anak perempuan yang cakap itu. Buku Aisyah Sofia: Ayo, Kita Puasa di Bulan Ramadhan! dapat menjadi panduan bagi si kecil untuk mulai belajar puasa seperti sang tokoh utama.

Berbagai pelajaran mengenai puasa Ramadan dibagikan oleh sang pengarang, Saridah Hamid, dan Reja. Mulai dari mengapa umat Muslim perlu berpuasa, bagaimana aturan-aturan yang perlu diikuti selama berpuasa, Isra Mi’raj, dan masih banyak lagi. Ilustrasi pada tiap-tiap halaman buku juga disuguhkan agar si kecil tak mudah bosan.

Ayo, Belajar Puasa

for-blog-fixed---ramadan---ayo-belajar-puasa
Sebagai orang tua, pasti Anda ingin sang buah hati memiliki motivasi untuk belajar berpuasa satu hari penuh selama bulan Ramadan. Tentu bukan hal yang mudah untuk dilakukan oleh anak kecil. Namun, Anda bisa mengajarinya dengan penjelasan-penjelasan ringan dan sederhana mengenai puasa Ramadan.

Selain itu, Anda dapat mengisahkan cerita-cerita puasa Ramadan dari buku Ayo, Belajar Puasa. Sang penulis, Anisa Widiyarti, mengemas berbagai pengetahuan seputar puasa Ramadan dengan menarik. Berbagai ilustrasi juga ditambahkan untuk memvisualisasikan kisah yang diceritakan.


Berdasarkan keempat buku rekomendasi di atas, semoga Anda tak kesulitan untuk mengenalkan dan membiasakan si kecil mengenai puasa Ramadan. Dengan belajar secara bertahap, si kecil akan mampu untuk menjalankan ibadah puasa tanpa merasa terbebani kelak.