12 Penulis Indonesia Ramaikan London Book Fair 2019

. 2 min read

London Book Fair 2019 resmi dibuka hari ini 12 Maret 2019. Gelaran ini akan berlangsung hingga 14 Maret mendatang di Olympia, London, Inggris.

Kali ini, 12 penulis Indonesia terpilih untuk ikut berkontribusi dalam acara tersebut. Mereka adalah Agustinus Wibowo, Clara Ng, Dewi Lestari, Faisal Oddang, Intan Paramaditha, Laksmi Pamuntjak, Leila S. Chudori, Nirwan Dewanto, Norman Erikson Pasaribu, Reda Gaudiamo, Seno Gumira Ajidarma dan Sheila Rooswitha Putri.

Seperti yang tertulis di unggahan akun Instagram @komitebukuid, ke-12 penulis ini dipilih berdasarkan atas representasi keberagaman sektor literasi Indonesia. Karya mereka juga merefleksikan keberagaman daerah, agama, genre, dan usia yang ada dalam kebudayaan dan masyarakat Indonesia.

Kualitas karya, produktivitas penulis, jumlah karya yang telah diterjemahkan ke bahasa Inggris serta kefasihan penulis berbicara dalam bahasa Inggris juga menjadi pertimbangan atas dipilihnya ke-12 nama tersebut.

Lalu apa saja kegiatan ke-12 penulis tersebut di ajang London Book Fair 2019? Tentunya mereka sudah merancang program yang akan diusung di London Book Fair 2019, yang tidak hanya menampilkan industri penerbitan buku namun juga subsektor lain, seperti kuliner, fashion, film, seni pertunjukan, eksibisi arsitektur dan beberapa bidang lainnya.

Dari ke-12 penulis yang sudah disebutkan di atas, Seno Gumira Ajidarma terpilih sebagai Author of the Day, yang akan mewakili Indonesia untuk membahas beberapa hal.

Hal tersebut antara lain rekognisi kualitas pekerjaan penulis Indonesia, layanan hukum untuk penulis dan kebebasan berekspresi dan juga tentang penghargaan di bidang tulis-menulis di Indonesia. Seno Gumira Ajidarma akan menjelaskan tentang hal-hal tersebut pada Rabu, 13 Maret 2019.

Selain itu penulis lainnya juga akan mengisi beberapa acara sekaligus, seperti Clara NG yang akan ikut bergabung dalam diskusi dengan tema Feminist Fairy Tales bersama dengan penulis Indonesia lainnya, yaitu Intan Paramaditha.

Sementara Laksmi Pamuntjak akan mengisi tentang Indonesian Poets in London, dan beberapa acara lainnya yang akan diisi oleh 12 penulis Indonesia yang terpilih.

Untuk info lebih lengkapnya, bisa langsung cek di situs resmi The London Book Fair ya, Grameds.

Dari 12 penulis yang disebutkan di atas, yang mana favorit kalian? Sudah baca karya-karya mereka? Kalau belum, langsung pesan yuk  di Gramedia.com.


Sumber foto header: komitebukuid instagram