Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

10 Rekomendasi Novel Grafis dengan Ilustrasi yang Instagramable Banget!

10 Rekomendasi Novel Grafis dengan Ilustrasi yang Instagramable Banget!

Kamu pernah merasa bosan saat membaca novel yang hanya berisi banyak tulisan? Ini mungkin saatnya kamu menyegarkan mata dan pikiran dengan menikmati novel grafis. Novel grafis yang berisikan ilustrasi kreatif nan cantik, bisa kamu nikmati tanpa rasa bosan. Nah, berikut 10 rekomendasi novel grafis Instagrambable yang wajib kamu baca.

10 Rekomendasi Novel Ilustrasi yang Instagramable

1. Silly Gilly Daily: Stay At Home

Buku Silly Gilly Daily: Stay At Home yang ditulis oleh Naela Ali bercerita tentang keseharian seorang gadis bernama Gilly yang memiliki sifat introvert.

Gilly is back at home! (well, like always) But this time it is a lil bit different! How is Gilly gonna spend her days at home during pandemic?

bukuBeli Bukunya Disini!

Buku ini merupakan edisi baru keseharian Gilly di masa pandemi.  Naela Ali selaku kembali memilih tema yang dekat dengan dirinya, sehingga apa yang ia sampaikan terasa sangat jujur dan relate dengan kehidupan pembaca.

Sebagai seorang introvert, tentunya pembaca akan dibuat merasa memiliki banyak kesamaan dengan tokoh Gilly. Selalu merasa cemas saat akan bertemu dengan klien, merasa lelah saat berada di keramaian, memilih jalan memutar demi agar tidak bertemu dengan orang lain, dan masih banyak lagi sifat khas yang dimiliki orang-orang introvert.

Tapi bagaimana keseharian Gilly di masa pandemi sebagai seorang introvert? Apakah Gilly akan merasa cemas saat bertemu dengan klien melalui zoom, atau Gilly merasa lebih nyaman saat berada di rumah di masa pandemi ini?

sapiens
Sumber foto: instagram.com/merakibooks_

2. Every Day is A Sunny Day When I Am with You

Buku Every Day is A Sunny Day When I Am with You merupakan buku yang berisi kumpulan cerita bergambar manis, tentang pasangan yang baru menikah, serta dua kucing peliharaan yang lucu, bernama Mango dan Jelly. Buku ini adalah kumpulan karya ilustrasi Bae Sung Tae, yang mempunyai lebih dari 500,000 penggemar di Instagram, Naver Grafolio, dan Facebook.

bukuBeli Bukunya Disini!

Buku ini akan memberikanmu kehangatan dan senyuman, karena mengisahkan keseharian yang dialami banyak orang. Every Day is A Sunny Day When I Am with You, memiliki ilustrasi yang sangat indah.

Ada beberapa bagian menarik, seperti kisah pasangan yang baru menikah sedang membagi tugas membersihkan rumah, belanja ke supermarket bersama, ngidam setelah melihat iklan, hingga mengurus kucing-kucing di rumah mereka yang sederhana.

3. SAPIENS GRAFIS: Kelahiran Umat Manusia

Buku Sapiens: Riwayat Singkat Umat Manusia (A Brief History of Humankind) adalah karya dari Yuval Noah Harari, seorang ahli sejarah. Ia menceritakan tentang kelahiran dan evolusi umat manusia dari zaman batu hingga abad ke-21.

Buku ini menjadi buku terlaris di seluruh dunia, hingga masuk dalam daftar The New York Times Best-Seller Books, Best-Seller Books #1 Sunday Times, dan Best-Seller Books dalam Amazon.com. Selain itu buku Sapiens juga memenangkan kategori buku terbaik, yang terbit pada tahun 2014 dari National Library of China's, Wenjin Book Award.

bukuBeli Bukunya Disini!

Buku ini pertama kali diterbitkan dengan bahasa Ibrani pada tahun 2011, dan sudah diterjemahkan ke dalam 60 bahasa, sampai akhir tahun 2020 lalu. Sapiens menjelaskan sejarah manusia dan perkembangannya dengan kacamata ilmiah, biologi, dan sejarah, dengan data-data yang mungkin sama sekali belum kamu ketahui sebelumnya. Buku ini tersusun secara urut dan sistematis dalam menelaah sejarah, di mana Yuval mendudukkan konteks waktu sebagai pemeran penting.

Secara garis besar, Yuval membagi kisah sejarah Sapiens menjadi tiga bagian. Pertama, Revolusi Kognitif, yang terjadi sekitar 70.000 SM, ketika imajinasi mulai berevolusi dalam peradaban baru kognisi Sapiens. Kedua, Revolusi Agrikultur, terjadi sekitar 12.000 SM saat dimulainya gaya hidup menetap dan bertani. Terakhir pada Revolusi Ilmiah, yaitu dimulai sekitar tahun 500 tahun lalu, saat munculnya sains. Revolusi ini menyebabkan tumbuhnya populasi manusia dan pertumbuhan ekonomi secara signifikan dalam waktu yang amat cepat. Seluruh peristiwa tersebut membawa perubahan, sangat berpengaruh pada sejarah manusia dan makhluk lain, serta apa yang menyatukan umat manusia.

sapiens
Sumber foto: instagram.com/readwithneleh

Di dalamnya juga hadir cerita humor dan karakter-karakter yang diperkenalkan. Tokoh karakter ini membantu dalam alur diskusi, yang membantu menyampaikan gagasan dari Yuval, dan narasi sejarah dengan pendekatan yang lebih intim.

4. Dreams Are Made of A Box of Crayons

Wah, buku satu ini juga karya Naela Ali, loh. Dreams Are Made Of A Box Of Crayons berisi kumpulan cerita singkat, tentang impian seorang anak yang muncul ketika ia mulai belajar menggambar dengan krayon. Seiring berjalannya waktu, impian tersebut mulai terlupakan karena kesibukan si anak. Juga hilangnya kepercayaan diri, karena berkali-kali mengalami kegagalan. Buku ini merangkum perjalanan si anak untuk meraih mimpinya.

bukuBeli Bukunya Disini!

What are the dreams made of? Dreams are made of happy colors. Dreams are made of sprinkles of hope. Dreams are made of a box of crayons.
sapiens
Sumber foto: instagram.com/zalquds

Dengan cover bernuansa pastel, dan terlihat seorang anak perempuan yang sedang menggoreskan crayon di atas meja belajarnya, memberikan kesan hangat akan sebuah impian masa kecil untuk mewarnai dunianya.

5. Jalan Bercabang Dua di Hutan Kesunyian

Buku dengan ilustrasi seni lukis yang menggugah, Jalan Bercabang Dua di Hutan Kesunyian merupakan hasil karya epic sang penulis Puthut EA, yang berkolaborasi dengan Bambang Nurdiansyah.

bukuBeli Bukunya Disini!

Buku ini secara keseluruhan memiliki 9 judul cerita, yang setiap lembar halamannya memiliki lukisan-lukisan yang bertemakan dengan bahan bacaan tersebut, dengan menyelipkan tema tumbuh-tumbuhan. Seniman Bambang Nurdiansyah mengambil tema tumbuh-tumbuhan, karena merasa intens dengan hal tersebut. Ia memang suka dengan hal yang berkaitan dengan tanaman maupun alam.

Penggalan pertama cerita berjudul DI PELABUHAN, bercerita tentang seorang Aku yang kembali mengenang kepergiannya pertama kali, yang dimulai dari sebuah pelabuhan. Sebut saja itu sebuah perjalanan mengembara, merantau atau sebuah perjalanan untuk menyambung kehidupan, yang telah terasa monoton. Menceritakan tentang perjalanan melewati laut, deskripsi lengkap tentang kapal dan suasana alam beserta tujuan hidup.

“Perjalanan selalu menjadi resep mujarab penawar rasa hampa.”
sapiens
Sumber foto: instagram.com/solusibuku

Secara fisik buku ini dibuat sangat istimewa, bisa dibawa ke mana saja, serta dapat dinikmati di mana pun dan kapan pun.

6. Daily Dose Of Light

Daily Dose of Light yang ditulis Ahmad Fuadi merupakan buku penuh dengan ilustrasi yang asyik dan kutipan-kutipan ayat Al-Qur'an, yang bisa jadi mood booster kamu sehari-hari. Semoga, setiap halaman buku ini benar-benar jadi dosis harian yang ngena di hati, yang membuat hidup kita lebih terang, tenang, senang, dan lapang.

bukuBeli Bukunya Disini!

sapiens
Sumber foto: instagram.com/visia.visual.lab

7. Daily Dose of Shine

Nah, kalau Daily Dose of Shine yang juga ditulis Ahmad Fuadi, berisikan ilustrasi yang nggak kalah cantik, dan di dalamnya berisi kumpulan quote inspiratif, yang bisa kamu baca sebagai penyemangat hari-harimu.

bukuBeli Bukunya Disini!

sapiens
Sumber foto: instagram.com/vfikra

8. LOVE BOOK: Diari Love Is

Buku LOVE BOOK: Diari Love Is yang ditulis Puuung disusun secara istimewa untukmu dan pasanganmu. Di sebelah gambar yang dibuat, terdapat kolom yang bisa kalian isi. Dua karakter di dalam gambar buku ini tidak memiliki nama, sebab penulis berharap gambar tersebut bisa menjadi kisah untuk kalian. Jadi, kalian yang menjadi tokoh utama dalam buku ini. Wah, menarik sekali ya.

bukuBeli Bukunya Disini!

LOVE BOOK: Diari Love Is  merupakan karakter yang sama dalam buku Love Is.. sepasang kekasih dengan berbagai scene romantis. Idenya adalah menyampaikan bahwa cinta itu manis serta sederhana, dan bisa ditunjukkan lewat berbagai hal kecil yang dilakukan berdua. Entah itu sekadar minum kopi bersama, membaca, atau menikmati suasana malam di teras.

Saking hype-nya, Love Is… tidak hanya diberitakan di berbagai media online. Buku ini bahkan muncul di drama Korea W (2016). Di mana dalam salah satu adegan, Yeon-joo (Han Hyo-joo) meminta kepada Kang Cheol (Lee Jong-suk) untuk diperlakukan seperti wanita di dalam buku ini. Dan akhirnya mereka mempraktikkan satu adegan dari buku itu setiap bertemu. Psst, gara-gara film ini banyak sekali penggemar drama Korea yang ikut kepincut buat mengoleksi buku ini loh.

9. Things & Thoughts I Drew When I Was Bored

Buku Things & Thoughts I Drew When I Was Bored juga karya Naela Ali, dan merupakan jenis Art Book.

bukuBeli Bukunya Disini!

Kalau membaca buku ini, yang ditulisnya akrab dengan generasi millennial yang mungkin sedang mengalami quarter-life crisis. Penasaran kan?

sapiens
Sumber foto: instagram.com/thingsnthoughtsidrew

10. Stories for Rainy Days

Stories for Rainy Days juga tidak kalah menghangatkan hati. Berisi kumpulan cerpen yang ditulis dengan bahasa Inggris. Meskipun begitu, bahasa yang digunakan ringan dan mudah dipahami.

bukuBeli Bukunya Disini!

It was a rainy day,  with a hot darjeeling tea,  warm striped blanket  and polka dot socks.  One perfect moment  to read stories  for cats.
sapiens
Sumber foto: instagram.com/storiesforrainydays

Ilustrasi watercolor yang digambar dengan apik, ikut memperdalam kisah yang diceritakan. Di dalamnya ada pesan tentang percintaan, persahabatan, dan bagaimana mencintai diri sendiri.

Wah, kira-kira kamu mau baca buku yang mana dulu nih? Kamu bisa menikmati berbagai promo menarik di Gramedia.com dengan klik gambar di bawah ini yang dijamin belanjamu jadi makin maksimal!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Nah, kalo kamu udah nggak sabar ingin baca bukumu, kamu bisa menggunakan layanan "Pesan Antar". Kamu bisa belanja langsung melalui WhatsApp, dan pilih pengiriman instant (khusus Jabodetabek). Paketmu tiba di rumah lebih cepat deh!

PesanKlik untuk Info Lebih Lanjut dan Pesan Via Whatsapp!


Sumber foto header: instagram.com/puuung1


Enter your email below to join our newsletter