10 Lagu Hits Queen Ini Kembali Hidup di Bohemian Rhapsody

10 Lagu Hits Queen Ini Kembali Hidup di Bohemian Rhapsody

. 3 min read

Sudah nonton film Bohemian Rhapsody? Pasti tahu dong kalau film ini adalah kisah perjalanan band legendaris Queen dan tentunya juga menyoroti sosok vokalis Queen, Freddie Mercury yang selalu menarik untuk disimak.

Di film ini akan menampilkan kemunculan Queen dari awal hingga akhirnya dicintai penikmat musik dunia berkat lagu-lagu ikonik mereka. Tak lupa juga dilengkapi dengan bumbu perpecahan internal serta kehidupan Freddie Mercury yang kontroversial.

Salah satu yang paling dinanti dari film ini adalah, kembali mengenang penampilan Queen pada malam Live Aid 1985, yang menjadi salah satu pertunjukan terbesar dalam sejarah musik rock.

Penggarapan film ini tak main-main, karena 22 lagu Queen sudah disiapkan menjadi soundtrack film ini. Dari kesemua lagu tersebut, 10 di antaranya, selalu dianggap sebagai lagu terbaik dari Queen. Apa saja 10 lagu tersebut? Berikut daftarnya.

1. Bohemian Rhapsody

Lagu ikonik Queen ini rilis pada Oktober 1975 lalu, dan masuk di album A Night at the Opera. Lagu ini tidak akan terpisahkan dari sejarah band Queen yang kini menjadi legenda musik dunia.

Lagu ini adalah penanda titik puncak Queen, di mana lagu ini berhasil bertahan selama 9 minggu berturut di tangga lagu Inggris dan albumnya terjual hingga lebih dari satu juta copy terhitung per akhir Januari 1976.

Lagu ini kembali merajai tangga lagu Inggris selama lima minggu saat dirilis ulang, setelah meninggalnya Freddie Mercury pada 1991 silam.

2. Don’t Stop Me Now

Lagu ini dirilis pada 1978 lalu, dan masuk dalam album Queen yang bertajuk Jazz. Lagu ciptaan Freddie Mercury ini termasuk yang paling banyak digemari dibandingkan lagu-lagu lainnya.

Bahkan salah satu studi ilmuwan University of Missouri mengungkapkan jika lagu ini menjadi lagu yang paling membahagiakan di dunia sepanjang masa.

3. The Show Must Go On

Kalau lagu bergenre classic rock yang satu ini resmi dirilis pada 1991 di album Innuendo.

Di album ini juga untuk terakhir kalinya, sang vokalis, Freddie Mercury terlibat secara langsung, karena pada November 1991 dia meninggal karena pneumonia yang diperparah dengan kondisinya sebagai pengidap AIDS.

4. We Are the Champions

Lagu ini masuk di album News of the World. Album ini merupakan album keenam Queen yang dirilis pada 28 Oktober 1977.

Lagu ini menjadi lagu pembuka album News of the World, yang dirilis lebih awal dari albumnya, yaitu pada 7 Oktober 1977.

Lagu ini sukses menjadi lagu nomor dua di UK Singles Chart dan menduduki posisi empat di Billboard Hot 100 di Amerika. Kesuksesan lagu ini membawanya menjadi lagu tema resmi FIFA World Cup 1994.

5. We Will Rock You

Masih dari album News of the World, We Will Rock You adalah salah satu lagu yang paling legendaris.

Hal yang unik terjadi di pembuatan video klip lagu ini. Di mana Brian May memakai gitar tiruan.

Dia tak mau memakai Red Special, gitar miliknya karena mempertimbangkan faktor cuaca. Karena saat itu mereka syuting di tengah taman pada saat musim dingin.

6. Somebody to Love

Lagu ini berada di album A Day at the Races, yang dirilis pada 10 Desember 1976 silam. Album ini diterima dengan baik tak hanya di Inggris tapi juga di Jepang, Belanda, dan Amerika.

Di Amerika sendiri, album ini berada di posisi kelima US Billboard 200. Kesuksesan lagu ini tentunya karena Freddie Mercury tak sembarangan membuatnya. Di mana dia terinspirasi dari musik-musik gospel saat membuatnya.

7. Another One Bites the Dust

Lagu ini dirilis atas saran penyanyi legendaris Michael Jackson, yang juga seorang fans berat Queen.

Lagu ini diciptakan John Deacon dan bergenre funk. Lagu ini terbilang unik dibanding lagu Queen lainnya, namun tetap mendulang sukses besar karena diterima di berbagai negara, bahkan menjadi lagu paling populer di Amerika di masanya.

8. Killer Queen

Menjadi salah satu yang diunggulkan di album ketiga Queen yang rilis pada 1974. Lagu yang ditulis Freddie Mercury ini bisa dibilang menjadi lagu pertama Queen yang diterima di pasar internasional.

Freddie Mercury membuat lagu ini dengan menulis liriknya terlebih dahulu dan bercerita tentang prostitusi di kelas menengah ke atas. Lagu ini juga lah yang mengantar Queen dikenal dunia dengan musik classic rock-nya.

9. Under Pressure

Lagu ini merupakan hasil kolaborasi Queen dengan David Bowie yang dirilis pada 26 Oktober 1981. Under Pressure ada di dalam album Queen yang berjudul Hot Space.

Lagu ini disebut sebagai lagu terbesar kedua Queen setelah Bohemian Rhapsody.

10. I Want to Break Free

Siapa yang tidak tahu lagu Queen yang satu ini? Lagu yang diambil dari album The Works ini termasuk yang rasanya paling sulit dilupakan.

Pasalnya, para personelnya membuat konsep unik melalui video klip lagu I Want To Break Free ini. Mereka berubah menjadi wanita dan memparodikan opera sabun Coronation Street.

Lagunya pun masih seringkali didengarkan atau digunakan di berbagai kesempatan hingga saat ini.


Dari 10 lagu hits Quenn paling ikonik di atas manakah yang menjadi favoritmu? Siap-siap sing along ya sambil duduk manis mennonton filmnya.


Header image source: IMDB