10 Fiksi Terjemahan Baru dan Seru Terbitan GPU

10 Fiksi Terjemahan Baru dan Seru Terbitan GPU

. 6 min read

Sudah lebih dari 45 tahun, Gramedia Pustaka Utama (GPU) menjadi tempat bagi ratusan penulis di Indonesia. Tak hanya dari Indonesia, penulis internasional, seperti J.K Rowling, Agatha Christie, Malcolm Gladwell, dan lain-lain, selalu mempercayakan karya mereka untuk diterbitkan melalui GPU. Dan lebih dari 30 ribu judul buku yang telah diterbitkan, termasuk dari kerjasama dengan lebih dari 200 penerbit asing terkemuka dari AS, Belanda, Jerman, Belgia, Brasil, Denmark, Hong Kong, India, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Malaysia, dan Swis.

Sebagai salah satu penerbit buku terbaik di Indonesia, GPU selalu berkomitmen untuk memilih dan memproduksi buku-buku yang berkualitas. Daaaan, membaca buku fiksi juga memberikan banyak manfaat untuk meningkatkan kualitas diri kita, loh. Diantaranya dengan membaca fiksi, kita bisa lebih berempati karena bisa memandang dunia dari sisi lain, bisa memahami dunia lebih baik, pikiran jadi lebih terbuka, memberikan inspirasi, bahkan bisa mengurangi stres. (Baca selengkapnya pada artikel “Meningkatkan Kualitas Diri dari Buku Fiksi”)

Saat ini, banyak sekali buku terjemahan baru dengan alur cerita yang mendebarkan. Lalu apa saja rekomendasinya? Langsung simak di bawah ini ya!

Lalu Semuanya Lenyap - Edisi Revisi (And Then There Were None) oleh Agatha Christie (Inggris)

laluBeli Sekarang!

Tahukah kamu bahwa karya-karya dari Agatha Christie sudah diterbitkan oleh GPU sejak tahun 1978. Sampai sekarang sudah ada lebih dari 100 buku dari sang ratu penulis cerita kriminal ini, yang diterbitkan di Indonesia oleh GPU. Novel terjemahan pertama yang terbit yaitu Setelah Pemakaman.

Buku ini menceritakan tentang 10 orang yang diundang ke sebuah rumah mewah di Pulau Prajurit pada seberang pantai Devon. Orang-orang ini mempunyai rahasia kelamnya masing-masing, dan datang tanpa curiga pada sore musim panas yang indah. Tetapi tiba-tiba, terjadi serentetan kejadian misterius. Pulau tersebut berubah menjadi pulau maut yang mengerikan ketika satu persatu tamu tewas.

Para Peziarah yang Janggal (Strange Pilgrims) oleh Gabriel Garcia Marques (Kolombia)

strangeBeli Sekarang!

Berisi 12 cerita pendek dengan 192 halaman, buku ini menceritakan tentang kehidupan orang-orang Amerika Latin di Eropa. Ada cerita tentang kemuraman, kegigihan, duka lara, dan aspirasi dalam menjalani kehidupan di negeri asing. Lalu tentang seorang pelacur Brazil yang mulai uzur melatih anjing-anjingnya untuk menangis di makam yang telah dipilihnya untuk dirinya sendiri. Hingga wanita yang mencari nafkah dengan menjual mimpi-mimpinya.

Salvation of a Saint oleh Keigo Higashino (Jepang)

salvationBeli Sekarang!

Fiksi thriller ini mengisahkan tentang seorang pria yang ditemukan tewas pada rumahnya akibat kopi beracun. Istrinya diduga kuat memiliki motif dan dijadikan sebagai tersangka setelah ia dicampakkan oleh sang suami. Tapi sebenarnya, sang istri tidak ada ditempat saat kejadian itu berlangsung, bahkan ia berada ribuan kilometer dari tempat kejadian. Detektif Kusanagi dan Detektif Utsumi Kaoru yang menyelidiki kasus ini memiliki opini bertentangan soal siapa pelakunya. Namun, Utsumi merasa Kusanagi terlalu berempati terhadap istri korban dan itu membuat penilaiannya kabur. Maka dari itu, Utsumi meminta Profesor Manabu Yukawa untuk membantu kepolisian, sekaligus meluruskan logika Kusanagi. Lalu apakah kasus ini dapat terpecahkan dan siapakah dalang dibalik kopi beracun itu?

Tangis di Rinai Gerimis (Cries In The Drizzle) oleh Yu Hua (Cina)

tangisBeli Sekarang!

Berkisah tentang Sun Guanglin, anak yang selalu diabaikan oleh orang tua dan kedua saudara lelakinya. Di umurnya yang ke-6, ia dititipkan kepada keluarga lain yang lebih mapan, dan 6 tahun kemudian ia baru kembali ke rumah orang tua kandungnya. Tapi saat ia kembali, rumahnya terbakar habis dan Sun yang malah dijadikan kambing hitam. Statusnya sebagai orang terbuang baik di rumah maupun di lingkungan rumahnya, justru memberinya posisi unik, sebagai pengamat atas dinamika sosial yang terjadi dalam masyarakat Cina.

Dear Evan Hansen - Sebuah Novel oleh Val Emmich (Amerika)

dearBeli Sekarang!

Novel bertema kesehatan mental ini pernah dipentaskan lewat drama musical dan memenangkan Tony Awards tahun 2017, dan menarik perhatian seluruh pembaca internasional. Kisahnya tentang Evan Hansen yang mengalami gangguan kecemasan. Ia cemas dengan sekolah, mencari teman, dan kunjungan wajibnya ke psikiater. Sang psikiater menyuruhnya untuk selalu membuat surat yang ditujukan kepada dirinya sendiri, untuk membantunya dalam menghadapi gangguan kecemasan. Namun Evan kembali cemas karena surat pribadinya direbut murid lain yang terkenal badung.

Ketika akhirnya surat itu dikembalikan, Evan malah tak sengaja menjerumuskan dirinya ke tengah kesalahpahaman yang berkembang menjadi jaring kebohongan. Kebohongan itu pun menjadi viral. Masalahnya, Evan tak sampai hati mengatakan yang sebenarnya karena dalam kebohongan itu, ia punya teman. Berkat dusta itu, ia “terlihat”, bahkan meringankan duka mendalam sebuah keluarga. Dan untuk pertama kalinya, Evan merasa berarti serta percaya diri. Namun jauh di lubuk hatinya, Evan tahu ia harus mengungkapkan kebenaran. Terutama menghadapi kecemasan terbesarnya selama ini, yaitu dirinya sendiri.

Miss Peregrine's Peculiar Children#3: Perpustakaan Jiwa-Jiwa oleh Ransom Riggs (Amerika)

missBeli Sekarang!

Ini adalah buku ketiga dan menjadi akhir dari serial fiksi ilmiah terpopuler, "Miss Peregrine’s Home for Peculiar Children". Cerita dibuka dengan Jacob Portman yang berumur 16 tahun dan baru mengetahui kemampuan dahsyat yang dimilikinya. Ia menjelajahi masa-masa bersejarah untuk menyelamatkan rekan-rekan peculiar-nya dari benteng yang dijaga ketat. Didampingi Emma Bloom, gadis yang bisa mengeluarkan api dari ujung-ujung jarinya, dan Addison MacHenry, anjing dengan indra penciuman yang hebat untuk melacak anak-anak hilang. Mereka berkelana dari London zaman modern ke labirin di Devil’s Acre, perkampungan paling kumuh di seluruh Inggris zaman Victoria.

The Rooster Bar oleh John Grisham (Amerika)

theBeli Sekarang!

Di Amerika, buku ini masuk di puncak buku terlaris pada akhir 2017 lalu. Buku yang sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia ini berkisah tentang tiga mahasiswa hukum yang ingin mengubah dunia. Saat mereka akan lulus, mereka menyadari bahwa mereka telah ditipu dan berutang sangat banyak untuk biaya kuliah di sekolah hukum yang mutunya sangat jelek. Pemilik sekolah juga pengelola hedge fund yang memiliki bank dengan spesialisasi pinjaman untuk mahasiswa, dan ketiga kawan itu pun menyadari telah terjebak dalam penipuan. Lalu, bagaimana cara mereka keluar dari hutang dan membeberkan penipuan tersebut?

7 Tahun Kegelapan (7 Years of Darkness) oleh Jeong You-Jeong (Korea)

tujuhBeli Sekarang!

Kisah mengerikan 7 tahun lalu yang belum berakhir. Berawal dari ditemukannya seorang anak tewas di Danau Seryeong yang terkenal angker, tersimpan rahasia gelap dari ayah anak tersebut dan dua petugas keamanan. Bentrokan terjadi di waduk yang mengakibatkan tragedi massal, salah satu petugas keamanan tersebut ditahan atas tuduhan pembunuhan. Selama tahun-tahun berikutnya, Choi Seo-won hidup di balik bayang-bayang kejahatan ayahnya dan ada seseorang yang selalu mencoba menguak identitasnya sebagai anak seorang pembunuh. Suatu hari ia menerima paket yang konon akan mengungkap apa yang sebenarnya terjadi di Danau Seryeong.

Artemis oleh Andy Weir (Amerika)

bukuBeli Sekarang!

Kalian tahu dengan film The Martian dimana ada seorang pria yang terjebak di Mars? Yap, itu adalah dari novel fiksi ilmiah yang ditulis oleh Andy Weir. Pada buku Artemis ini, Andy lagi-lagi menulis tentang fiksi ilmiah. Menceritakan tentang Artemis, kota pertama dan satu-satunya di bulan. Tinggal di sana akan sulit jika bukan seorang turis atau miliarder. Ada Jazz Bashara yang berpikir, tidak apa-apa kalau sesekali memasukkan barang-barang selundupan kan? Apalagi, kalau kau banyak utang dan bayaran sebagai portir tidak cukup untuk membayar sewa. Tapi situasi berubah ketika Jazz melihat kesempatan untuk melakukan kejahatan yang sempurna, dengan hasil yang terlalu menggiurkan untuk ditolak. Tapi hal ini malah membuatnya tercebur ke dalam konspirasi untuk menguasai Artemis, dan kesempatan Jazz untuk selamat ditentukan oleh berani-tidaknya dia mengambil tindakan yang lebih berisiko lagi.

Fish in The Water oleh Lee Chan Hyuk (Korea)

fishBeli Sekarang!

Salah satu personel dari duo bernama AKMU atau Akdong Musician, Lee Chan Hyuk, membicarakan seni dan nilai-nilai kehidupan dari perspektif Chan-Hyuk sendiri. Perspektif itu dibuat dalam kerangka cerita fiksi melalui dua tokoh yaitu, Seon yang seorang seniman, dan Hae-ya sebagai ‘muse’-nya. Tentang seni dan seniman, musik, kebebasan dan prinsip, serta kisah cinta Hae-ya dan Seon walau dengan sifat yang berlawanan. Novel ini juga berhubungan dengan album terbaru AKMU, yaitu “SAILING”.

Klik untuk Info Lebih Lanjut

Grameds berita gembiranya lagi, 10 buku rekomendasi di atas sedang diskon spesial 20%. Promo dalam rangka HUT Gramedia Pustaka Utama di Gramedia.com ini berlangsung hingga 24 Maret 2021. So, segera masukkan dalam keranjang belanja kamu ya. Dan kamu juga bisa cek buku terbitan GPU lainnya di sini.

Happy shopping and start reading!


Sumber foto header: hot.detik.com