10 Fakta Diana Rikasari, dari Fashion Blogger hingga Penulis Buku

10 Fakta Diana Rikasari, dari Fashion Blogger hingga Penulis Buku

Happy birthday to you, Diana Rikasari!

Siapa sih yang tak kenal dengan sosok populer dalam dunia fashion yang satu ini? Selain terjun dalam bidang fashion, Diana Rikasari juga meluncurkan karyanya yang berupa buku.

Unik dan berbeda dari biasanya, Diana menerbitkan buku bergambar yang ditujukan untuk kaum muda hingga dewasa. Sudah tahu dong?

Betul! Trilogi #88LOVELIFE adalah karya Diana Rikasari yang dalam waktu sekejap masuk deretan buku-buku best seller. Bisa dibilang, karyanya ini telah menghapus pandangan bahwa buku bergambar hanya cocok dinikmati anak-anak.

Adapun hingga kini, mulai banyak bermunculan buku bergambar untuk orang dewasa dari para kreator lainnya yang kini marak disebut flash fiction.

Dalam rangka ulang tahun Diana Rikasari, Gramedia.com telah merangkum beberapa fakta menarik tentang Diana Rikasari nih. Yuk, intip 10 fakta menarik seputar sosok Diana Rikasari dan karya-karyanya!

1. Lahir di Negeri Paman Sam

masa-kecil-diana-1

Diana Rikasari ternyata lahir di Colorado, Amerika Serikat. Ia sebelumnya juga lama tinggal di KL alias Kuala Lumpur, Malaysia.

Di KL inilah, wanita berdarah Indonesia ini menghabiskan masa kecilnya, termasuk ketika ia masih duduk di bangku taman kanak-kanak dan sekolah dasar.

Adapun untuk saat ini, Diana Rikasari menetap di Swiss bersama suami dan kedua anaknya.

2. Lulusan teknik

lulusan-teknik

Usut punya usut, Diana Rikasari tidak punya background dalam bidang fashion sama sekali. Justru, wanita kelahiran tahun 1984 ini adalah lulusan Teknik Industri Universitas Indonesia.

Setelah tamat S1 pun, Diana melanjutkan pendidikan S2-nya di Nottingham University untuk memelajari bidang manajemen bisnis.

3. Nge-blog sejak 2007

colorful

Diana Rikasari sudah aktif menulis di blog sejak tahun 2007 yang dijadikannya sebagai fashion diary. Keunikan gaya fashion Diana Rikasari yang colorful seperti warna-warna cerah pada pelangi, banyak menarik mata para pecinta fashion.

Saking mencuri perhatian itulah, blog dianarikasari pun menduduki peringkat pertama di IndonesiaMatters.com pada tahun 2011 dan 2012.

Hingga kini, kamu bisa terus update soal Diana Rikassari dalam blog miliknya. Selain fashion, kamu juga dapat mengikuti personal life sampai melihat desain interior rumahnya yang juga serba colorful, lho.

4. Punya tiga bisnis fashion

IMG_3028_zpsudho2ogm

Di samping blog, Diana Rikasari juga mengelola bisnis miliknya yang berhubungan dengan dunia fashion. Terhitung ada tiga bisnis fashion yang digelutinya.

Ada bisnis sepatu bernama UP (@iwearup) dan clothing line, Schmiley Mo (@schmileymo). Ditelusuri lebih lanjut, ternyata Diana juga memiliki brand tas sendiri, yaitu @sunofafun.

5. Schmiley Mo di Fashion Week

schmiley-mo-at-london-fashion-week

Diana Rikasari memang sudah langganan untuk urusan menghadiri Fashion Week yang diselenggarakan di berbagai negara. Namun, tak disangka kalau clothing line miliknya berkesempatan untuk dipertunjukkan dalam runway Fashion Week.

Terhitung sudah tiga kali Schmiley Mo dipakai oleh para model yang melenggang di Fashion Week, yaitu Kuala Lumpur Fashion Week 2016, Jakarta Fashion Week 2016, dan London Fashion Week 2017.

6. #88LOVELIFE best seller di 2 negara

-88LOVELIFE-TRILOGY-3

Selain fashion, Diana Rikasari turut berkarya di dunia penulisan. Pasti sudah pada tahu trilogi #88LOVELIFE kan?

#88LOVELIFE tak hanya best seller di Indonesia saja. Ternyata #88LOVELIFE juga laris di negara tetangga, yaitu Malaysia. Bahkan di Negeri Jiran tersebut, #88LOVELIFE memenangkan penghargaan Best Book of 2015 dan 2016 untuk kategori buku nonfiksi dari MPH Malaysia.

Dua volume buku #88LOVELIFE juga sempat dipromosikan di beberapa pameran buku internasional lho, seperti di London Book Fair 2015, Frankfurt International Book Fair 2015, dan Tokyo Art Book Fair 2016.

7. Pertama kali kenal ilustrator #88LOVELIFE

diana-rikasari-dan-dinda-puspitasari

As we know, #88LOVELIFE adalah karya duet antara Diana Rikasari dan Dinda Puspitasari. Lalu, apakah mereka sebenarnya sudah kenal dan bersahabat sejak lama?

Well, the answer is a big no! Dinda sendiri pertama kali melihat Diana Rikasari di majalah. Lalu, ketika dulu Dinda punya accessories line, ternyata Diana jadi pembeli pertamanya.

Diana dan Dinda pun sering bertemu di beberapa event hingga sejak saat itulah, keduanya mulai semakin dekat dan berteman sampai sekarang.

8. Menulis buku anak-anak

my-rainbow-days

Tak hanya #88LOVELIFE, Diana Rikasari sempat menerbitkan buku cerita anak-anak yang tentunya juga penuh gambar dan warna. My Rainbow Days adalah judulnya.

My Rainbow Days sendiri terinspirasi dari cerita-cerita yang kemudian dinarasikan oleh karakter kedua anak Diana Rikasari, Shahmeer dan Daria. Adapun kumpulan cerita tersebut dibukukan agar bisa dinikmati juga oleh anak-anak lainnya.

9. Punya segudang prestasi

menang-penghargaan

Dalam perjalanan karirnya di dunia fashion, Diana Rikasari memiliki segudang prestasi lho. Diana pernah meraih penghargaan dari British Council, yaitu The International Young Creative Entrepreneur (IYCE).

Ia juga mendapatkan gelar Inspiring Women of The Year dari Wardah Cosmetics. Pun turut dinobatkan sebagai salah satu dari Indonesia Most Influential Youth, Women, Netizen (YWN) oleh The Marketeers & Markplus Inc.

10. Patung Diana Rikasari di Switzerland

pembuatan-patung-diana-rikasari

Berita terbaru dan mengejutkan soal ibu dua anak ini adalah akan ada patung Diana Rikasari di Swiss. Hal tersebut dituliskan dalam blog dan media sosialnya.

Kabarnya, patung Diana Rikasari ini akan dipertunjukkan mulai Februari 2019 dalam sebuah pameran “Spel der Kulturen” di museum HVM St. Gallen. Kalau kebetulan lagi jalan-jalan ke Swiss, jangan lupa mampir ya!


Itu dia 10 fakta menarik di balik sosok Diana Rikasari pun karyanya, baik dalam bidang fashion maupun penulisan. Sangat menginspirasi ya!

Oh iya, kalau kamu belum punya trilogi #88LOVELIFE dan penasaran sebenarnya tentang apa sih bukunya itu? Well, kamu bisa segera temukan dan dapatkan bukunya di Gramedia.com!

#88LOVELIFE Vol.1

NOVEL

#88LOVELIFE Vol.2

NOVEL

#88LOVELIFE Vol.3

NOVEL


Sumber foto-foto : Dianarikasari.blogspot.com


Junika Kasih

Junika Kasih

Content Writer for Gramedia.com

Enter your email below to join our newsletter