10 Buku Rekomendasi Spesial untuk Pecinta K-Pop!

10 Buku Rekomendasi Spesial untuk Pecinta K-Pop!

. 7 min read

K-Pop terbukti berhasil bertahan lama di dunia hiburan dan dicintai K-Popers seluruh dunia, sebutan mereka yang menyukai K-Pop. Genre musik yang berasal dari Korea Selatan ini muncul dan memukau dunia dengan style, performa, serta lagu yang unik.

Namun tahukah kamu, di balik performa idol K-Pop, ada banyak keringat, kerja keras, serta pengalaman jatuh bangun yang tidak banyak diketahui orang.

Mau tahu bagaimana perjuangan mereka, sehingga bisa terkenal sampai sekarang ini? Kamu bisa langsung cari tahu lewat buku-buku di bawah ini.

10 Buku Rekomendasi Spesial untuk K-Popers

1. Seventeen Daebak

bukuBeli Bukunya Disini!

Seventeen Daebak yang ditulis Kim Wooreum menceritakan kisah 13 cowok besutan Pledis Entertainment, berhasil menerjang pasar musik dunia dengan lagunya yang unik dan khas. Mereka sudah terbukti bertalenta, karena mereka memproduseri lagu mereka sendiri. Mereka juga membuat koreografinya sendiri, dan mereka bersenang-senang dengan karya mereka dengan banyak cara. Bagi Carat di mana pun berada, 13 cowok ganteng, tiga unit, dan satu grup ini adalah konstelasi pertama terbaik yang pernah ada di muka bumi ini. They are Seventeen, Daebak!

2. Be My Aespa!

bukuBeli Bukunya Disini!

Kalau ditanya siapa grup K-pop cewek yang debut di penghujung tahun 2020 dan langsung jadi topik pembicaraan penggemar K-pop di mana-mana? Pastinya kamu bakal kepikiran sama satu nama. Ya, aespa! Adik seperguruan Girl’s Generation, f(x), dan Red Velvet ini memang jadi pusat perhatian penggemar K-pop di seluruh dunia, bahkan sebelum mereka melakukan debut resmi.

Buku Be My Aespa! yang ditulis Ara Yoo menceritakan para anggota aespa yang seringkali menjadi topik diskusi panas dan tren di berbagai komunitas daring Korea Selatan. Baru 2 bulan debut, aespa berhasil memboyong dua penghargaan Rookie of the Year, alias pendatang baru terbaik dari dua ajang penghargaan bergengsi. Plus, satu trofi kemenangan di program musik dengan lagu debut mereka “Black Mamba”. Tidak hanya sampai di situ, video musik “Black Mamba” juga memecahkan rekor, sebagai video musik debut grup K-pop dengan waktu tercepat meraih 100 juta view di YouTube. Luar biasa tentunya, popularitas aespa sudah tidak diragukan lagi. Jadi, siapa sih sebenarnya aespa, kenapa mereka bisa populer dalam waktu singkat? Buku Be MY Aespa! akan mengulik siapa mereka. Let’s check it out!

3. Nct Multiverse Group

bukuBeli Bukunya Disini!

To the World! Mendengar penggalan salam ini, kamu pasti sudah nggak asing dengan grup yang dianggap memiliki penampilan super energik. Paras rupawan disertai bakat luar biasa, menjadikan mereka grup bertalenta lengkap. Pantas rasanya jika grup ini sukses memikat pencinta musik K-pop.

Bukan hanya dilihat dari penampilan mereka yang keren, dalam buku Nct Multiverse Group yang ditulis oleh Kimora Wang ini menceritakan grup NCT yang memiliki ciri khas tersendiri daripada grup lainnya.  Keunikan NCT inilah yang berhasil membuat penggemar makin jatuh hati. Biarpun NCT memiliki jumlah anggota tidak terbatas, serta sub-unit yang anggotanya berubah-ubah dan akan terus saling berkolaborasi, tentu hal ini masih akan membuat penggemar NCT terus jatuh hati pada grup multitalenta ini. Apalagi baru-baru ini SM Entertainment resmi memperkenalkan beberapa anggota baru untuk NCT. Yuk, simak lebih lanjut dalam buku NCT Multiverse Group ini ya!

4. Super M : The Avengers Of K-Pop

bukuBeli Bukunya Disini!

Buku Super M : The Avengers Of K-Pop yang ditulis Anggarwati imenceritakan mengenai kisah perjuangan Super M yang merupakan supergrup, yang dibentuk pada tahun 2019 oleh SM Entertainment dan Capitol Music Group. Grup ini terdiri 7 anggota yang berasal dari empat grup musik asuhan SM Entertainment: Taemin dari Shinee, Baekhyun dan Kai dari EXO, Taeyong dan Mark dari NCT 127, dan Ten dan Lucas dari WayV.

Pada 4 Oktober 2019, grup ini resmi debut dengan album mini eponim, yang berhasil menempati posisi pertama di Billboard 200. Menjadikan SuperM sebagai grup musik Korea Selatan kedua dalam sejarah, yang berhasil merajai posisi puncak tangga album Amerika Serikat, sekaligus penyanyi Korea pertama yang berhasil meraih pencapaian tersebut dengan rekaman debut mereka!

5. Iu: The Queen Of Healing Voice

bukuBeli Bukunya Disini!

Penyanyi bertubuh mungil dan bersuara malaikat ini merupakan salah satu solois perempuan tersukses dan selebriti papan atas di Korea Selatan. Jika popularitas bisa disamakan dengan kejahatan, IU bisa dibilang seorang “pembunuh” handal yang berhasil membantai habis semua tangga lagu di Korea Selatan dalam sekejap.

Buku Iu: The Queen Of Healing Voice yang ditulis Ara Yoo ini menceritakan mengenai IU sebagai solois yang selalu berhasil mencatat rekor sebagai “Queen of Chart-Topping”, dengan meraih status “Perfect All-Kill” terbanyak sepanjang sejarah.  IU sukses mencuri hati publik Korea Selatan yang memberinya panggilan sayang “The Nation’s Little Sister” alias “Adik Perempuan Bangsa”. Sepanjang 11 tahun kariernya, IU menyegel posisinya sebagai artis K-pop top di generasinya.

6. Find Your Treasure

bukuBeli Bukunya Disini!

Buku Find Your Treasure yang ditulis F. Rahma ymengisahkan boygroup Treasure, yang sebelumnya sempat terpendam selama hampir dua tahun. Treasure Maker akhirnya dapat membuka kotak harta karun berisi ke-12 idol penuh talenta ini. Siapa lagi kalau bukan cowok-cowok yang tergabung dalam TREASURE, yaitu Hyun Suk, Ji Hoon, Yoshi, Jun Kyu, Mashiho, Jae Hyuk, Asahi, Ye Dam, Do Young, Haruto, Jeong Woo, dan Jung Hwan. Find your TREASURE seperti peta yang akan mendekatkan langkah kamu kepada TREASURE! Bermula dari perjalanan mereka sebagai trainee YG TREASURE BOX, hingga fakta-fakta menarik yang harus kamu ketahui tentang mereka.

7. BTS: Map Of The Seoul

bukuBeli Bukunya Disini!

Bangtan Sonyeondan adalah alasan banyak orang memutuskan meraih mimpi-mimpi, yang awalnya penuh dengan keraguan, kemudian belajar keluar dari zona nyaman, dan mencoba banyak hal baru.

Melalui buku BTS: Map Of The Seoul yang ditulis Areumie, mengisahkan seorang Army atau sebutan penggemar BTS bernama Areumie akan cita-citanya untuk menulis sebuah buku. Menjadi seoranng penulis termasuk ke dalam salah satu mimpi yang sebenarnya sudah Areumie simpan rapat-rapat. Namun, berawal dari BTS membuat mimpi kecil Areumie memberontak dan memaksanya untuk keluar.

Buku catatan perjalanan ini adalah kumpulan dari curhatan harian, perjuangan bertahan hidup untuk fangirl seumur jagung seperti kisahnya Areumie, menahan diri untuk tidak menjerit tiap kali melihat foto BTS yang terpasang hampir di seluruh sudut Seoul, merupakan sebuah perjuangan Areumie bertahan hidup seorang diri sebagai Army di Seoul. Buku BTS: Map Of The Seoul ini juga berisi kumpulan tempat-tempat yang sempat Areumie kunjungi, serta pengalaman menonton konser untuk pertama kalinya dalam seumur hidupnya.

8. Black To The Pink New Generation & Style

bukuBeli Bukunya Disini!

Hit you with that ddu-du ddu-du du.. Apakah kamu sering mendengar lagu ini dan tiba-tiba tubuh kamu merasa ikut bergoyang mengikuti lantunan musiknya?

Demam Blackpink diketahui telah mewabah di seluruh penjuru dunia. Wabah ini jelas bukan suatu musibah, melainkan sebuah perkembangan positif dalam dunia hiburan K-pop.  Pernah melihat salah satu saudaramu atau temanmu kurang suka musik K-pop, tetapi justru dengan mudahnya melantunkan lagu berjudul "DDU-DU DDU-DU?".

Itu membuktikan bahwa Blackpink bukan girl group biasa. Seperti yang telah dijelaskan dalam buku Black To The Pink New Generation & Style yang ditulis Kimora Wang, buku ini mengisahkan Blackpink sebagai grup berkarisma yang mampu menyedot perhatian berbagai kalangan. Lagu andalan Blackpink pun mudah diterima para penikmat musik. Termasuk mereka yang bukan penggemar K-pop. Mau tahu apa saja kesibukan dan perkembangan mereka di dunia hiburan Korea? Black To The Pink: New Generation & Style akan menemanimu mengupas satu per satu lebih jauh tentang Blackpink sejak debut mereka. Dan bagi kalian yang rindu Jisoo, Jennie, Rose, dan Lisa siap-siap melepas kerinduan kamu dalam buku spesial ini.

9. Exo World Two Side Story

bukuBeli Bukunya Disini!

Buku Exo World Two Side Story yang ditulis Choi Dahee menceritakan sebuah boy band Korea Selatan-Tiongkok, berbasis di Seoul yang bernama Exo. Boygroup ini memiliki 9 anggota: Suho, Baekhyun, Chanyeol, D.O., Kai, Sehun, Xiumin, Lay, dan Chen, yang dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2011, dan debut pada tahun 2012.

Musik mereka memasukkan aliran seperti pop, hip-hop, R&B, dan juga electronic dance music, seperti house, trap, dan synth-pop. Exo merilis dan membawakan musik dalam Bahasa Korea, Mandarin, dan Bahasa Jepang. Grup ini menempati posisi 5 besar sebagai selebritas paling berpengaruh dalam daftar Forbes Korea Power Celebrity, tiap tahun dari 2014 sampai 2018. Dan dijuluki "boy band terbesar di dunia" dan "kings of K-pop" oleh media.

10. Kpop Zaman Jigeum : Wanna One

bukuBeli Bukunya Disini!

Buku Kpop Zaman Jigeum : Wanna One yang ditulis Meme_Wannaone imenceritakan Wannable atau sebutan penggemar Wanna One yang hatinya harus sekuat baja. Karena,Wannable hanya dikasih kesempatan satu tahun saja untuk bisa mengagumi Wanna One. Ibaratnya ditinggal sewaktu masih sayang-sayangnya. Saat ini Wanna One sudah disband, namun jika kamu merindukan mereka, kamu bisa membaca buku ini.

So, udah nggak sabar untuk menikmati buku-buku di atas? Kamu bisa kunjungi Gramedia.com untuk check out bukunya ya.

Selain itu, ONLINE BOOK FAIR #SahabatTanpaBatas juga sedang berlangsung! Kamu bisa borong berbagai buku, non-buku, hingga e-book pilihan, yang diskonnya hingga 90%. Jangan ketinggalan promo spesial satu ini ya!

PromoPilih yang Kamu Suka di Sini!

Dan jangan lupa, Gramedia.com punya layanan terbaru "Pesan Antar". Mau pesan apapun sekarang mudah banget. Tinggal chat WhatsApp dan kamu bisa pilih pengiriman instant (khusus Jabodetabek). Paketmu tiba di rumah lebih cepat deh!

PesanKlik untuk Info Lebih Lanjut dan Pesan Via Whatsapp!


Sumber foto header: twitter.com/BTS_twt