Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

10 Buku Fiksi dan Non-fiksi yang Wajib Kamu Baca di Hari Buku Nasional!

10 Buku Fiksi dan Non-fiksi yang Wajib Kamu Baca di Hari Buku Nasional!

Selamat Hari Buku Nasional, Grameds!戊

Pastinya hari ini merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh para pecinta buku di seluruh Indonesia. Seperti yang kita semua ketahui, perayaan ini bisa dijadikan salah satu ajang meningkatkan minat baca, menghargai keberagaman karya sastra, serta mengapresiasi peran buku sebagai sumber pengetahuan dan wahana pengembangan diri. 五

Jika biasanya kamu suka melihat berbagai kegiatan penuh buku di hari ini seperti pameran buku, diskusi, peluncuran buku, dan kegiatan literasi lainnya, maka Gramedia.com mengadakan promo spesial Hari Buku Nasional, nih, Grameds! 恫

Untuk merayakan keberagaman dan kekayaan dunia buku, Admin mau bagikan daftar 10 buku fiksi dan non-fiksi yang wajib kamu baca di Hari Buku Nasional. Dari karya-karya yang menginspirasi hingga buku self-improvement terbaik yang harus kamu baca. Tentunya kali ini Admin bakal menghadirkan pilihan bacaan yang tak boleh terlewatkan untuk memperluas wawasan dan menikmati karya penulis Indonesia.予奏

Siap-siap untuk memasuki dunia yang penuh dengan keserua dan pengetahuan yang menanti!

Rekomendasi Buku Fiksi yang Wajib Dibaca di Hari Buku Nasional

5. Srimenanti

Saya pernah ditanya wartawan, Lukisanmu termasuk aliran apa? Saya malas dan tidak tertarik menjawab pertanyaan semacam itu. Saya tidak tertarik pada label. Hari-hari ini kegemaran bermain label kembali merajalela dan banyak orang lupa atau tidak menyadari bahayanya. Diam-diam saya jeri menanggung beban yang diakibatkan oleh permainan label dan stigma.

Namun, bagaimanapun saya mencintai hidup ini. Di saat-saat rentan hati, ingin rasanya saya pergi mengasingkan diri. Pergi jauh ke sebuah pelukan dan berlabuh di bahu seseorang, tetapi pelukan siapa, bahu siapa?

harbuknasBeli di Sini!

4. Sesuk

Gadis sebenarnya merasa berat pindah dari kota ke rumah tua di tengah perkebunan. Rumah besar itu terkesan angker karena tidak terawat dan terpisah dari perkampungan. Namun, karena ayah dan ibunya berjanji lebih banyak di rumah usai insiden jatuhnya Ragil, Gadis menerima keputusan itu dengan lapang dada.

Dua pekan pertama pindah rumah ternyata mengasyikkan. Tak hanya bagi Gadis, tetapi juga bagi adiknya, Bagus. Ayah selalu di rumah, melakukan berbagai perbaikan hingga mengecat rumah tersebut. Ibu tidak pernah pegang gawai, sibuk memasak dan menemani Ragil. Gadis yang mudah bergaul sudah mengenal hampir seluruh penduduk kampung. Ia juga memiliki teman-teman yang menyenangkan.

harbuknasBeli di Sini!

Pekan ketiga, suasana mulai berubah. Ayah mulai sibuk bekerja di luar rumah lagi. Bahkan berhari-hari tidak pulang. Ibu yang seorang artis juga mulai sibuk dengan gawainya, lalu pergi ke ibukota karena mendapatkan peran yang menantang di film terbarunya. Saat itulah horor dimulai.

3. Patuhi Rules!

Demi lancarnya hubungan bisnis kedua orang tua, Gavra dan Kinara terjebak dalam sebuah perjodohan. Mereka pun tak punya pilihan selain menurut. Setelah menikah, aturan-aturan pun dibuat agar tidak saling mengganggu kepentingan masing-masing. Patuhi Rules! Urus diri masing-masing dan jangan ikut campur satu sama lain. Pura pura jadi pasangan di depan orang tua. Jangan ada orang lain yang tau kalau kita telah menikah!

harbuknasBeli di Sini!

Hidup kayak biasa, gak usah seperti suami istri beneran. Sampai kapan mereka berdua bisa mematuhi aturan itu? Berapa lama mereka dapat bertahan mematuhi seluruh aturan itu? Apakah pada akhirnya satu per satu aturan itu akan dilanggar seiring dengan perasaan mereka yang perlahan tumbuh? Daripada penasaran, yuk langsung saja temukan jawabannya di novel Patuhi Rules!

2. Tanjung Kemarau

Walid tak pernah menduga bahwa kepulangannya ke kampung halamannya di Madura menyeretnya kepada sebuah konflik yang lebih pelik daripada persoalan dengan kekasihnya di Yogyakarta. Di dusun yang senantiasa dihunjam kemarau, ia terjerumus ke dalam sebuah perbuatan serong dengan Ria, mantan biduan yang merupakan istri bekas seorang bajing.

Lebih jauh lagi, ia terperosok ke dalam pusaran politik desa yang melibatkan Ra Amir (putra kiai yang berambisi pada kekuasaan), Nyai Rasera (perempuan sakti berusia ratusan tahun yang menyusui kelelawar-kelelawar hutan bakau), dan Maulana Bulan Purnama (mursyid Tarekat Nabi Kesturi).

harbuknasBeli di Sini!

1. Seribu Wajah Ayah

Malam ini, kamu dipaksa untuk menengok ke belakang sampai lehermu pegal. Kamu dipaksa untuk berkejar-kejaran dengan waktu untuk kembali memunguti potongan masa lalu. Beragam ekspresi wajah ayahmu seketika hadir membayang: bahagia, sedih, bangga, marah, murung, kecewa, dan aneka ekspresi lain yang kamu terlalu lugu untuk mendefinisikannya. Meskipun begitu, kamu yakin betul, masih banyak wajah yang ia sembunyikan di hadapanmu.

harbuknasBeli di Sini!

Juga, yang tak benar-benar kamu perhatikan karena kamu terlalu asyik dan sibuk dengan duniamu. Ada sesal di sana, tentang ketulusan yang kamu campakkan. Tentang rindu yang dibawa pergi. Tentang budi yang tak sempatdan memang tak akan pernahterbalas. Seribu wajah ayah sekalipun yang kamu kenang dan ratapi malam ini, tak kan pernah mengembalikannya.

Rekomendasi Buku Non-fiksi yang Wajib Dibaca di Hari Buku Nasional

5. Investasi Saham ala Fundamentalis Dunia

Buku ini akan membahas pendekatan-pendekatan analisis laporan keuangan yang berhasil ditangkap para pelaku pasar atau investor dunia, termasuk yang saya lakukan. Jadi, tak perlu heran dengan perbedaan antara satu dan yang lainnya. Bukan tidak mungkin suatu hari nanti kamu memiliki analisis pendekatan fundamental terhadap laporan keuangan perusahaan dari sudut pandang yang berbeda.

harbuknasBeli di Sini!

4. Fokus

Sukses dan tidaknya seseorang sangat tergantung pada fokus. Bekerja keras selama apapun tanpa adanya fokus, maka tidak akan menghasilkan apa pun. Seperti nasihat seorang bijak, jadilah seperti perangko yang terus menempel ke satu hal sampai tiba di tujuan.

Buku ini menawarkan cara mengenai Bagaimana melatih fokus? Apa penyebab kegagalan fokus? Bagaimana tetap fokus meski pikiran ruwet? Bagaimana menentukan tujuan agar bias fokus? Bagaimana mengatur waktu dengan anggaran waktu agar bisa fokus? Bagaimana mengubah kebiasaan buruk menjadi waktu agar bias fokus? Saat kesuksesan yang ada di depan matamu mulai tercapai, berusahalah agar dirimu tetap berada pada jalur yang tepat, yaitu fokus.

harbuknasBeli di Sini!

3. Filosofi Kaizen

Kaizen berarti penyempurnaan. Dalam buku ini, Kaizen berarti penyempurnaan berkesinambungan yang melibatkan semua orang. Mulanya filosofi ini berkembang di Jepang. Namun, orang Barat juga banyak yang memuja inovasi ini. Inovasi ini dipandang sebagai perubahan besar yang bisa mengikuti perkembangan pesat teknologi. Nah, buku ini akan mengungkap filosofi kesempurnaan melalui sudut pandang ilmu psikologi yang dinilai dapat menjadi terapi stres dan depresi dalam kacamata fenomena trance.

harbuknasBeli di Sini!

2. Sayangi Dirimu, Berhentilah Menyenangkan Semua Orang

Bila kamu masih terjebak dalam usaha untuk menyenangkan semua orang, kebahagiaanmu akan berkurang. Waktumu pun tidak akan cukup untuk melakukan semua usaha itu. Satu-satunya saran paling bijak yang pernah ada adalah berhenti. Berhentilah menuruti keinginan orang lain dan mulailah mendengarkan apa yang diinginkan oleh dirimu sendiri. Sayangilah dirimu sendiri.

harbuknasBeli di Sini!

Dengan adanya buku ini, maka kamu tidak sendirian. Buku karya Sabrina Ara ini memuat cerita-cerita sederhana yang sering dialami banyak orang, yang akan menemani langkahmu mencintai diri sendiri. Di dalamnya terdapat kisah yang tidak menyenangkan dalam hidup, bagaimana kita memandang masalah, tentang dunia yang tidak ramah, sampai cara menghadapinya agar hidup tetap bahagia.

1. Loneliness Is My Best Friend

Jujur, aku merasa nggak punya teman. Aku cuma butuh teman cerita, satu aja. Sekarang, aku seseorang tanpa circle. Aku selalu jadi opsi kedua di hidup orang. Latihan berteman dengan diri sendiri. Jadi dewasa itu sepi, ya. Keluargaku nggak sehangat keluarga lain. Kayaknya, nggak ada yang sayang sama aku. Aku nggak pernah punya kisah cinta.

harbuknasBeli di Sini!

Dalam buku ini, Alvi Syahrin bakal bagiin cara paling ampuh untuk menghargai kesendirianmu dan mengubahnya menjadi sesuatu yang pastinya lebih baik dari sekadar keadaan terpuruk.


Nah, itu dia daftar 10 buku fiksi dan non-fiksi yang bisa menjadi inspirasi buat kamu di Hari Buku Nasional ini! Pastinya 10 buku ini bisa memperluas pengetahuan, menyelami cerita-cerita menarik, dan memperdalam pemahaman tentang dunia adalah langkah awal menuju kehidupan yang kaya dan bermakna. 旦

Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini! Kunjungi Gramedia.com sekarang untuk membeli semua buku yang kami rekomendasikan dan nikmati diskon spesial Hari Buku Nasional yang hanya berlaku hari ini. Untuk informasi diskon yang lebih lengkap, klik gambar di bawah ini, ya!埠

matpromCek Promonya di Sini!

Jadikan perayaan ini sebagai momen untuk mengisi perpustakaan pribadimu dengan buku-buku berkualitas yang akan terus memberikan manfaat dan kebahagiaan dalam perjalanan hidupmu. Selamat membaca!


Sumber header: Dok. Gramedia.

Penulis: Shaza Hanifah


Enter your email below to join our newsletter