10 Buku dengan Tokoh yang Bersahabat Karib

10 Buku dengan Tokoh yang Bersahabat Karib

. 8 min read

Helen Keller mengatakan, “berjalan di kegelapan bersama teman lebih baik daripada berjalan sendirian di siang hari”. Well said, manusia memang terlahir menjadi makhluk sosial yang membutuhkan orang lain, termasuk membutuhkan teman atau sahabat. Kebayang nggak sih kalau kita nggak punya orang lain untuk bercengkerama atau ngobrol bersama? Wah, pasti ada rasa sepi di dalam dada.

Persahabatan itu menggambarkan tentang kebersamaan, di mana sahabat akan selalu ada kala kita sedih maupun senang. Sahabat jadi tempat untuk curhat, berkeluh kesah, minta pendapat, bantuan, berjuang bersama, bersenang-senang, pokoknya segala apapun rasanya akan lebih mudah jika ada mereka bukan? Macam lirik lagu Kepompong, “persahabatan bagai kepompong, hal yang tak mudah berubah jadi indah” 🥰❤

Pentingnya sebuah persahabatan bisa kita lihat dari cerita para tokoh dalam buku. Mungkin, memang nggak semuanya selalu indah, pasti ada permasalahan yang terjadi dalam menghadapi perbedaan. Tapiii, cerita dalam buku-buku ini akan memperlihatkan kamu arti persahabatan yang beragam. Nah, tokoh-tokoh mana aja sih yang menjalin persahabatan? Check this out!

Tokoh-Tokoh dalam Buku yang Bersahabat

Attack on Titan – Eren, Mikasa, dan Armin

Tiga sejoli ini benar-benar tak terpisahkan sejak mereka kecil dan hidup di balik tembok Maria. Kejadian yang menimpa Mikasa saat kecil membuatnya ingin terus menjaga Eren. Armin yang lugu namun cerdas dan penasaran dengan dunia luar, sering diganggu oleh kawanan anak kecil lain, dan Eren selalu membantu untuk menghadapi duel dengan mereka.

Apa yang mereka inginkan adalah melihat laut dan berjuang melawan Titan. Mereka pun akhirnya bersama masuk divisi militer Pasukan Pengintai. Banyak ujian yang mereka hadapi, namun kesetiaan mereka patut diacungi jempol untuk saling melindungi dalam pertempuran dan di kala di ujung tanduk kematian, serta mempertaruhkan apapun demi saling menjaga satu sama lain. Walaupun akhir ceritanya cukup pelik, kisah mereka pantas disebut dengan sahabat sejati.

attackBeli Sekarang!

Koleksi semua volume Attack on Titan >>> di sini

Serial BUMI – Raib, Seli, dan Ali

raib
Perwujudan Seli, Raib, dan Ali (Sumber foto: Dok. Gramedia.com)

Sama dengan Attack on Titan, hanya saja Raib, Seli, dan Ali berjuang bersama untuk menyelamatkan klan-klan di dunia paralel. Kerennya lagi, mereka bertiga mempunyai kelebihan masing-masing, yang bisa saling menyatukan kekuatan untuk melawan sosok-sosok jahat.

Persahabatan ini dimulai dari Raib dan Seli yang merupakan teman sebangku, dan akhirnya saling memberitahukan mengenai rahasia masing-masing. Sedangkan Ali, tadinya mereka saling bermusuhan. Namun karena Ali yang pintar teknologi ini tidak sengaja melihat kekuatan Raib, Ali pun jadi ikut dalam petualangan mereka di dunia paralel, dan merasa bahwa persahabatan adalah hal yang paling utama. Bahkan kekuatan Ali yang luar biasa membuatnya selalu menyelamatkan kedua temannya dalam berbagai rintangan.

lumpuBeli Sekarang!

Dapatkan keseluruhan serial BUMI >>> di sini


Baca juga: Berkenalan dengan Raib, Seli, Ali, dan Serial BUMI


The Promised Neverland – Emma, Ray, dan Norman

Tinggal bersama-sama di Panti Asuhan Grace Field House membuat mereka jadi lebih dekat. Apalagi, Emma, Norman, dan Ray adalah anak pintar yang selalu jadi 3 besar teratas saat di kelas. Hingga suatu ketika mereka menemukan kebenaran yang menyeramkan dan memutuskan untuk menyelamatkan anggota panti lainnya dari kekejaman di balik hangatnya kebahagiaan Grace Field House.

Karakter mereka bertiga yang sangat bertolak belakang ternyata mampu menyatukan otak dan strategi untuk terbebas dari panti. Emma yang pantang menyerah dan selalu optimis, bisa diimbangi oleh Ray yang mempunyai pemikiran logis, analitis, serta jeli. Rasa pesimis yang selalu ada dalam dirinya juga diimbangi oleh Norman yang optimis dan ahli strategi. Walaupun kadang mereka dihantui rasa pengkhianatan, tapi ternyata mereka mempunyai kesetiaan yang tinggi dan selalu memprioritaskan keselamatan bersama.

theBeli Sekarang!

Koleksi semua volume The Promised Neverland >>> di sini

Historical Romance: Bridgerton Series – Eloise Bridgerton dan Penelope Featherington

Pecinta Bridgerton Series pasti kesemsem banget kan sama kisah romantis Daphne dan Simmon alias The Duke? Selain banyaknya kisah pada ajang pernikahan, ada hubungan yang tak kalah menarik dan pasti menyorot perhatian juga. Yap, persahabatan antara Eloise, adik Daphne, dengan Penelope, tetangga mereka.

Karakter mereka yang cerdas, blak-blakan, ambisius dan lucu, menjadi pemikat yang seru walaupun mereka berada dari latar belakang keluarga yang berbeda. Kekuatan dan kasih sayang mereka sangat menonjol. Apalagi saat menghadapi situasi pelik masing-masing, namun bisa saling memberikan kenyamanan. Tak selalu mulus, mereka juga kadang pernah bertengkar dan berselisih pendapat, tapi lagi-lagi seperti lirik lagu Kepompong, “persahabatan bagai kepompong, maklumi teman hadapi perbedaan”.

theBeli Sekarang!

Dapatkan keseluruhan serial Bridgerton >>> di sini

Harry Potter – Harry, Hermione, dan Ron

Pecinta Harry Potter pasti tahu banget sama hubungan The Golden Trio ini yang super indah dan solid! Bertahun-tahun menjadi sahabat walaupun selalu ada perdebatan dan kesalahpahaman, mereka tetap melindungi satu sama lain, saling mengerti dan memahami. Dalam situasi apapun, mereka akan selalu bersama untuk saling membantu.

Karakter yang sangat berbeda dari The Golden Trio juga saling melengkapi kelebihan dan kekurangan mereka dalam menghadapi segala rintangan di dunia Hogwarts. Hermione yang selalu kesal dengan lelucon Ron, bisa ditengahkan oleh Harry yang loyal. Ron yang malas selalu dimarahi Hermione untuk rajin belajar. Harry yang labil dan keras kepala selalu dikuatkan oleh keberadaan Ron dan Hermione.

harryBeli Sekarang!

Dapatkan keseluruhan serial Harry Potter >>> di sini

Filosofi Kopi – Ben dan Jody

“Lu sama gue tuh ibarat hati sama kepala. Hati sama kepala selalu punya masalahnya sendiri-sendiri, tapi yang satu gak bakalan bisa survive tanpa yang lain.”

Kata-kata tersebut keluar ketika Ben dan Jody sedang bertengkar dan mencoba berdamai. Hal ini karena mereka sadar, pertemanan mereka seperti seumur hidup, dari kecil hingga bisa menjadi partner bisnis bersama. Dua otak Ben dan Jody ini memang berbeda, dan kadangkala pernah tak akur, tapi mereka punya ikatan batin yang kuat dan mendahulukan kepentingan bersama.

Jody yang lebih kalem dibanding Ben, selalu bisa menjadi penenang, dan Ben yang idealis selalu memberikan sentuhan kopi yang memikat untuk bisnis mereka. Persahabatan mereka cukup dalam, dan mereka sanggup menghadapi segala rintangan bersama.

filosofiBeli Sekarang!

Coba versi Filosofi Kopi lainnya >>> di sini

Doraemon – Doraemon dan Nobita

Menjadi kartun legendaris semua generasi, persahabatan Doraemon dan Nobita memang selalu tersimpan di hati. Dikirim dari masa depan demi membahagiakan Nobita, Doraemon datang sebagai robot kucing yang selalu membantu nobita di kala tugas menyerang ataupun diganggu Giant dan Suneo. Meskipun Doraemon kesal dengan kemalasan dan kecerobohan Nobita, ia tetap menyayangi Nobita karena hati Nobita yang tulus dan penuh kasih sayang.

Doraemon menerima kekurangan yang ada dalam diri Nobita, namun ia juga selalu mengingatkan ketika Nobita melakukan kesalahan, dan menegurnya untuk bisa berubah jadi lebih baik. Itu juga yang membuat Nobita selalu berjuang dan semangat kembali. Bagaimanapun keadaannya, Doraemon dan Nobita akan selalu ada untuk membantu dan saling menemani. Bahkan mereka sudah seperti keluarga sendiri.

doraemonBeli Sekarang!

Koleksi semua volume Doraemon >>> di sini

Anne of Green Gables - Anne dan Diana

Kebiasaannya yang banyak bicara dan berimajinasi cukup membuat orang-orang di sekitar Anne melihat ia ‘agak aneh’. Namun, sejak pertama kali bertemu dengan Diana, tetangga di daerah bernama Avonlea, Diana langsung merasa klop dengan Anne dan tentunya Anne juga sangat bahagia bisa mempunyai sahabat perempuan.

Diana sangat menyukai kepintaran dan pilihan diksi yang digunakan oleh Anne. Anne juga senang mempunyai sahabat yang cantik, berwibawa, dan tak kalah pintar. Walaupun mereka berdua berada dalam latar belakang keluarga yang jauh berbeda, Diana dan Anne berjanji untuk selalu ada bersama, menemani dalam suka dan duka, selamanya.

Di kala Anne kerap kali dicemooh, Diana sigap menjadi tamengnya. Anne juga selalu membantu Diana di saat ia kesulitan. Mereka pergi ke sekolah bersama, bermain bersama, dan walaupun beberapa kali dihadapkan dalam perseteruan serta ketidakjujuran, mereka akan kembali untuk saling memaafkan.

anneBeli Sekarang!

Coba baca kisah kelanjutan Anne lainnya >>> di sini

Juru Masak Para Maiko – Kiyo dan Suu

suu
Suu dan Kiyo (Sumber foto: anotheranimereview.com)

Gadis kampung dari Aomori bernama Kiyo sangat ingin menjadi geisha. Ia akhirnya berniat untuk belajar menjadi geisha bersama sahabatnya, Suu. Sayangnya, Kiyo dianggap tidak berbakat dan tidak lulus menjadi maiko atau geisha pemula. Dan ternyata, Suu lah yang menjadi maiko top seantero distrik.

Walaupun keinginan Kiyo menjadi geisha ternyata gagal dan malah sahabatnya yang mendapatkan kesempatan tersebut, Kiyo tidak merasa iri dan tidak merasa ada persaingan diantara mereka. Kiyo justru senang Suu bisa sukses, bahkan selalu ingin memastikan Suu tetap semangat dalam menjadi geisha, dengan cara Kiyo menjadi koki dapur Okiya.

Kehebatan Kiyo dalam memasak itulah yang menjadi cara Kiyo tetap bisa bersinggungan dengan dunia geisha, dan membantu Suu menjadi geisha magang. Suu juga sangat perhatian terhadap Kiyo. Ia seperti kakak yang selalu bisa menasehatinya, karena Kiyo yang terlalu lugu dan cuek.

juruBeli Sekarang!

Koleksi semua volume Jurus Masak Para Maiko >>> di sini

A Man & His Cat – Fukumaru dan Kanda

fukumaru
Kanda dan Fukumaru (Sumber foto: nawalakarsa.id)

Persahabatan nggak cuma terjadi antara manusia aja, tapi bisa dengan hewan peliharaan kesayangan kita. Sama seperti Kanda yang akhirnya menemukan teman yang bisa menemaninya di rumah pada sebuah pet shop. Yap, Fukumaru yang dilihat sebagai kucing aneh karena parasnya yang berbeda, ternyata dipilih oleh Kanda untuk diadopsi dan ikatan mereka berdua langsung menyatu kala pertama kali jumpa.

Fukumaru menjadi teman Kanda untuk menemani hari-harinya yang sepi setelah ditinggal oleh kepergian sang istri. Fukumaru juga akhirnya bisa merasakan dipelihara dengan kasih sayang. Walaupun adaptasi mereka berdua di rumah begitu kocak, tapi mereka sangat cepat membangun hubungan yang erat dan hangat. Kehidupan Kanda jadi lebih warna, ketika Fukumaru datang dengan segala tingkahnya yang menggemaskan.

aBeli Sekarang!

Koleksi semua volume A Man & His Cat >>> di sini

Itu dia buku-buku seru yang mempunyai tokoh-tokoh yang bersahabat karib. Arti sahabat memang luas banget ya, tapi intinya mereka yang selalu ada dan selalu menyayangi kita.

Kamu sudah mengobrol dengan sahabatmu belum hari ini? Walupun PPKM sedang dilaksanakan, #SahabatTanpaBatas masih bisa saling bercengkrama lewat chat maupun video call untuk saling berbagi cerita dan keluh kesah.

Admin juga ingin selalu menjadi #SahabatTanpaBatas kamu dalam keadaan apapun. Seperti Gramedia yang menyediakan layanan Pesan Antar untuk memudahkan kamu dalam membeli buku dan keperluan alat-alat tulis atau kesehatan lainnya tanpa harus keluar rumah.

Beli semua kebutuhanmu dengan mudah lewat chat WhatsApp, dengan klik gambar di bawah ini. Ada potongan ongkirnya juga lho!

PesanKlik untuk Info Lebih Lanjut dan Pesan Via Whatsapp!

Spesial untuk kamu #SahabatTanpaBatas-nya Admin, berikut diskon spesial untuk seluruh produk di Gramedia.com.

PromoKlik untuk Info Promo

Grameds, jaga diri kalian ya dengan selalu patuhi protokol kesehatan. Jangan lupa sampaikan perhatian ini juga kepada sahabatmu. Salam sayang dari Gramedia🤗❤


Sumber foto header: wallpaperflare.com