Buku Kecantikan

Ketahui Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering

Published by
Nandy

Cara mengatasi kulit wajah kering – Kulit wajah kering merupakan kondisi umum yang sering dialami oleh seseorang sebab hilangnya kelembaban pada kulit. Akan tetapi, kulit wajah yang kering juga dapat menjadi tanda akan adanya diagnosis tertentu.

Biasanya kulit wajah kering ini bisa disebabkan beberapa faktor. Misalnya, faktor lingkungan, ketika cuaca sedang panas, udara pun ikut terasa panas. Bahkan, beberapa faktor tersebut bisa menyebabkan kulit wajah menjadi kering dan pecah-pecah, terkadang juga menimbulkan masalah lain seperti iritasi kulit dan gatal-gatal, ruam kulit, bahkan meninggalkan bekas seperti jamur kulit, tentunya hal ini akan membuat kita sangat tidak nyaman.

Selain itu, kulit wajah kering juga dapat diasumsikan karena kekurangan asupan cairan, sehingga menimbulkan dehidrasi pada kulit, pemakaian sabun atau kosmetik tertentu yang menyebabkan alergi atau iritasi, cuaca lingkungan yang panas dan kelembapan yang rendah juga dapat menjadikan kulit wajah kering.

Kulit Kering

Kulit kering merupakan masalah yang sering dihadapi oleh banyak orang, khususnya ketika cuaca sedang panas atau dingin di mana udara menjadi kering. Udara yang kering ini akan berdampak pada kulit kita, yaitu berdampak pada kelembaban kulit menghilangkan, sehingga kulit menjadi pecah dan retak-retak.

Daerah kulit yang pecah dan retak-retak biasanya akan mengalami iritasi dan terasa perih disertai gatal. Ruam kulit kering kadang-kadang berupa bercak-bercak kulit berbentuk bundar, yang menyerupai penyakit jamur kulit (kadas).

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering

pixabay

Seperti yang sudah kita ketahui, setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Jadi, kita juga harus tahu bagaimana cara merawat kulit sesuai dengan jenis kulit kita.

Para ahli menggolongkan kulit wajah menjadi lima jenis kulit, yaitu jenis kulit normal, jenis kulit kombinasi, jenis kulit berminyak, jenis kulit kering, dan jenis kulit sensitif.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai masalah kulit kering, bagaimana caranya merawat serta mengatasi kulit wajah yang kering? Yuk, kita simak bersama!

  • Memakai Pelembab Wajah

Buat kamu yang mempunyai kulit wajah kering, sebaiknya gunakan pelembap wajah secara rutin ya, gunakan pelembap setiap sehabis mandi atau mencuci muka.

Penggunaan krim pelembab juga dianjurkan untuk memilih pelembap khusus untuk kulit kering dan kusam tentunya, sebab dalam produk khusus seperti itu biasanya terdapat formula khusus untuk kondisi kulit kering.

Usahakan juga untuk memilih pelembap yang ringan alias tidak banyak mengandung bahan-bahan kimia, untuk menghindari efek samping yang akan timbul, maka bacalah produk yang ingin dibeli sebelum digunakan.

Menggunakan pelembap juga menjaga kulit wajah tetap terhidrasi dengan baik.

  • Gunakan Air Dingin Untuk Mencuci Wajah

Cara mengatasi kulit kering selanjutnya adalah dengan tidak mencuci muka dengan air panas atau terlalu hangat.

Sebaiknya, hindari mencuci wajah atau mandi dengan yang terlalu hangat, sebab air hangat dapat menghilangkan kelembapan alami pada kulit, dan jika kamu memiliki jenis kulit yang kering maka akan semakin parah. Dianjurkan, mencuci wajah dengan air biasa atau air dingin lebih baik.

  • Memakai Bahan Alami

Kulit wajah kering memang membuat terasa tidak nyaman, seperti kulit terasa kaku dan seperti tertarik, sebab kelembaban kulit yang hilang.

Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk membuat masker sendiri, misalnya dengan menggunakan alpukat, madu atau lidah buaya untuk membuat bahan masker alami, yang tentunya lebih hemat dan aman.

Memakai masker ini juga menjadi cara yang praktis dan mudah untuk mengatasi kulit wajah yang kering.

  • Penuhi Kebutuhan Air Putih

Setiap hari kita tak luput dari aktivitas dan kegiatan yang mungkin menggunakan energi lebih. Maka dari itu, minum air putih sangat dianjurkan, minimal delapan gelas sehari.

Selain itu, kebutuhan air pada tubuh juga membantu kulit wajah tetap lembab dan elastis, serta terhidrasi dengan baik. Jadi, jangan sampai kurang minum air putih ya.

  • Konsumsi Buah dan Sayuran

Jika kulitmu terasa kering, mungkin kamu membutuhkan nutrisi dari dalam untuk membantu memperbaiki kulit kering dari dalam.

Makanan juga mempunyai peranan penting agar kulit tetap terjaga dengan baik. Makanan tinggi antioksidan akan membantu tubuh meminimalisir kerusakan dan membuat sel-sel baru, termasuk kulit.

Contoh makanan yang dapat mengatasi kulit wajah kering, seperti tomat, wortel, strawberry, dan kacang-kacangan.

  • Pakai Minyak Kelapa Asli

Mengatasi kulit wajah kering juga dapat menggunakan minyak kelapa asli. Dalam minyak kelapa mengandung emolien, yang dapat menghaluskan kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Itulah mengapa minyak kelapa sangat baik, karena lemak jenuh yang ada pada minyak kelapa dapat membantu menghaluskan kulit dan menjaga kelembaban kulit kamu.

Minyak kelapa asli dapat digunakan di mana saja, karena sifatnya yang aman dan alami, sehingga kamu tak perlu khawatir. Penggunaan di area yang sensitif atau sekitar wajah pun tak menjadi masalah.

  • Gunakan Sabun Khusus

Mengatasi kulit wajah kering selanjutnya ialah menggunakan sabun khusus yang mengandung vitamin dan moisturizer untuk wajah, dan tentunya tetap gunakan dan cek produk yang sesuai jenis kulit kering.

Hindari menggunakan sabun mandi untuk mencuci muka, sebab kadar pH pada sabun mandi tidak cocok wajah, dan bersihkan wajah minimal dua kali sehari.

  • Gunakan Krim Malam

Mengatasi kulit kering pada wajah juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan krim malam. Kulit kering yang mati dan terkelupas akan terlihat sangat mengganggu. Oleh sebab itu, penggunaan krim malam akan membantu regenerasi kulit atau pergantian sel kulit baru.

Jadi, buat kamu yang memiliki jenis kulit wajah kering sangat dianjurkan untuk menggunakan krim malam ini, dan tetap gunakan produk atau krim malam yang berbahan aman dan sesuai jenis kulitmu ya.

  • Hindari Sinar Ultraviolet

Meskipun matahari pagi itu baik dan mengandung Vitamin D, tetapi menghindari paparan sinar matahari langsung juga sangat penting agar terhindar dari kulit kering, apalagi jika cuaca benar-benar sedang panas.

Sebab, paparan sinar ultraviolet langsung ke wajah dapat membuat kulit kamu rusak dan kusam, bahkan dapat menimbulkan bercak-bercak seperti terbakar.

  • Memakai Pelembap Udara

Memakai pelembap udara pada ruangan juga dapat membantu mengatasi kulit kering. Sebab, faktor cuaca panas dapat menghilangkan kelembapan pada kulit, jadi penggunaan pelembap udara ini sangat membantu.

Kamu bisa menggunakan berbagai varian essentials oil yang beraroma segar, agar udara terasa lembab dan wangi. Pasangkan di setiap ruangan agar suhu rumah menjadi segar dan terjaga kelembapannya.

  • Hindari Produk Alergen

Kulit kering yang terjadi pada seseorang memang dapat terjadi karena berbagai faktor. Salah satunya yaitu salah dalam memilih produk kecantikan atau krim wajah.

Hindari penggunaan produk yang dapat memicu terjadinya alergi pada kulit wajah dan tubuh, karena jika sudah teriritasi, kulit akan rusak dan bersisik, bahkan alergi seperti gatal-gatal.

Dianjurkan juga untuk memakai pakaian yang berbahan halus, longgar dan menyerap keringat, hindari pakaian yang ketat agar kulit dapat bernapas.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi kulit wajah yang kering, apa kamu sudah melakukan semua? Untuk kamu yang ingin merawat kulit wajah, maka bisa membaca buku Cara Mudah Merawat Kulit Wajah Sendiri 

Manfaat dan Fungsi Kulit

pixabay

Kulit itu hidup, responsif, dan dapat berubah sesuai stimulasi dan lingkungan luar. Dengan demikian, kulit menjadi sangat efektif untuk melindungi tubuh dari lingkungan luar. Kulit dapat melindungi tubuh kita dari luka fisik, pengaruh angin, air, sinar matahari, unsur kimiawi, bakteri, dan sebagainya. Kulit juga mempunyai fungsi sebagai pengontrol suhu tubuh, sehingga suhu tubuh dapat seimbang sesuai suhu tubuh sekitarnya.

Selain memiliki fungsi perlindungan, kulit juga sebagai indera peraba. Jaringan kulit luar menahan panas, dingin, sentuhan, rasa sakit, dan tekanan. Kulit meliputi seluruh bagian tubuh, sehingga kulit menjadi organ peraba yang mempunyai peranan penting dalam perlakuan sosial.

Meskipun kulit memiliki peranan yang penting, tapi kulit mempunyai penyerapan yang terbatas. Tidak semua bahan dapat terserap baik oleh kulit. Hanya beberapa jenis lemak, minyak atau krim yang dapat terserap oleh kulit.

Macam-Macam Gangguan Pada Kulit

Sebagian besar yang menjadi penyebab gangguan kulit disebabkan oleh penyakit yang mengenai kulit. Gangguan tersebut banyak sekali, meliputi seluruh tubuh, ruam pada penyakit campak, bercak-bercak kering pada penyakit pellagra. Berikut ini beberapa gangguan pada kulit.

  1. Kudis
  2. Serangan tuma (kutu rambut atau kutu kepala)
  3. Serangan kutu dan tungau
  4. Luka kulit yang bernanah
  5. Cacar monyet
  6. Bisul dan abses
  7. Gelegata, bilur, atau ruam akibat alergi
  8. Herpes
  9. Infeksi jamur
  10. Panu
  11. Belulang (kapalan)
  12. Jerawat
  13. Kanker kulit
  14. Borok
  15. Kurap

Gejala Munculnya Gangguan Pada Kulit

Sudah tentu kulit menjadi salah satu organ yang penting, oleh sebab itu sangat wajib kita menjaga dan merawat kesehatan kulit. Hal pertama yang harus dilakukan dalam merawat kulit adalah dengan memperhatikan segala sesuatu yang tidak normal pada kulit.

Dengan kata lain, mengenali gangguan-gangguan kulit yang mungkin terjadi, seperti:

  1. Luka-luka yang membusuk
  2. Ruam (bintik-bintik merah), atau bilur-bilur
  3. Luka-luka biasa
  4. Luka goresan
  5. Peradangan
  6. Pembengkakan
  7. Benjolan yang tidak wajar
  8. Rontoknya alis mata
  9. Noda-noda, bercak, atau setiap tanda yang tidak wajar.
  10. Jerawat yang parah

Guna menghindari peluang gangguan pada kulit, maka kita harus selalu menjaga kesehatan kulit dan kesehatan secara menyeluruh dengan cek ke dokter secara berkala. Selain itu, bisa juga dengan membaca buku Kulit Cantik & Sehat – Berseri Sejak Dini sampai Dewasa

 

Tips Dalam Merawat Kulit

Merawat kulit pada dasarnya tidaklah sulit, tidak membutuhkan waktu lama dan bisa dengan biaya yang relatif murah. Namun, yang terpenting adalah konsistensi dan kedisiplinan yang berkelanjutan. Secara garis besar, perawatan kulit dapat digolongkan menjadi dua golongan, yaitu perawatan dari dalam dan perawatan dari luar.

Perawatan Dari Dalam

Perawatan kulit dari dalam dapat  kita lakukan dengan cara kegiatan-kegiatan di bawah ini :

  • Minum Cukup Air

Kita harus cukup minum, yaitu minimal delapan gelas sehari, sebab air putih merupakan elemen yang penting bagi tubuh, banyak minum air putih akan membantu membersihkan tubuh dari racun. Selain itu, air juga dapat menjaga kelembaban kulit dan membuatnya tetap elastis.

  • Mengonsumsi Buah-buahan dan Sayuran

Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran pada diet kamu setiap hari. Vitamin dan mineral yang terkandung didalam sayuran dan buah-buahan dapat menjaga kesehatan kulit.

  • Tidur Nyenyak dan Berkualitas

Kondisi stres dan kurang tidur dapat membuat penampilan kulit terlihat kusam dan rusak dalam jangka panjang. Oleh karena itu, kamu dianjurkan tidur selama delapan jam setiap harinya setelah melakukan berbagai macam kegiatan yang melelahkan.

  • Olahraga Rutin

Lakukanlah olahraga rutin setiap hari, dengan olahraga keringat akan keluar dari tubuh. Keringat yang keluar berguna untuk membuang racun yang berada di dalam tubuh. Dengan berolahraga secara rutin juga akan membantu menjaga kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan.

  • Mengonsumsi Suplemen

Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan jika diperlukan, seperti minum vitamin A jika mengalami gatal-gatal dan kulit terasa kering. Vitamin A juga dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan dan memperbaiki kerusakan jaringan. Meskipun begitu, mengkonsumsi vitamin A secara berlebihan tidak dianjurkan karena dapat menimbulkan efek samping negatif, terutama pada ibu hamil dan ibu menyusui.

Perawatan Dari Luar

Sedangkan untuk merawat kulit dari luar meliputi kegiatan-kegiatan di bawah ini :

  • Mandi dua kali sehari dengan menggunakan sabun mandi yang berkualitas, dan sesuai dengan tipe kulitmu. Kalau bisa gunakan sabun cair yang mengandung moisturizer, usahakan mandi untuk mengoptimalkan proses pembersihan kotoran dan kulit mati.
  • Setelah mandi jangan lupa menggunakan pelembab ke seluruh tubuh, biasakan membawanya kemanapun kamu pergi (dalam kemasan kecil) agar mudah kamu gunakan saat dibutuhkan.
  • Gunakan scrub mandi seminggu sekali, agar sel-sel kulit mati dapat terkelupas dan kulit terjaga kelembabannya.
  • Untuk mengatasi selulit, kamu bisa gunakan krim anti selulit, yang bisa kamu beli di toko atau apotik terkemuka. Selain menghaluskan, krim ini juga dapat mencegah selulit muncul kembali.
  • Kaki sering kali menjadi bagian yang terabaikan, walaupun letaknya di bawah, tapi kita harus tetap menjaganya. Sebelum memakai sepatu, pakailah lotion untuk menjaga kelembaban kaki. Kamu juga bisa pakai foot scrub untuk memuluskan kaki.
  • Sering membasuh wajah atau mencuci tangan, kaki, atau bagian kulit lain yang kotor atau kusam.

Itulah beberapa cara menjaga dan merawat kulit dari dalam maupun dari luar yang dapat kamu terapkan sehari-hari. Untuk kamu yang ingin melakukan perawatan wajah, maka bisa membaca buku Rahasia Perawatan Kulit Wajah

 

Penutup

Ya, perawatan wajah sangatlah penting, bukan saja karena wajah adalah bagian tubuh yang sering dilihat, tetapi karena kulit wajah merupakan area yang sensitif dibandingkan bagian yang lain.

Merawat wajah merupakan hal yang wajib dan penting, terutama oleh kaum wanita untuk menjaga serta sebagai simbol kecantikan. Sebagai bagian tubuh yang paling menunjukkan sisi kecantikan, wajah sudah selayaknya mendapatkan prioritas utama. Demikian pembahasan tentang cara mengatasi kulit wajah kering, semoga bermanfaat untuk kamu, Grameds.

Jika ingin mencari buku tentang kecantikan, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Veronika Novi

Rujukan:

  • https://www.halodoc.com/artikel/7-cara-mengatasi-kulit-wajah-kering
  • https://www.orami.co.id/magazine/cara-mengatasi-kulit-kering
  • https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/942/6-bahan-alami-yang-ampuh-mengatasi-kulit-kering
  • https://health.kompas.com/read/2020/07/30/073200868/10-cara-mengatasi-kulit-kering-secara-alami?page=all&jxconn=1*1bv1jza*other_jxampid*NTd5Z2lab214YUZYeUQyXzZaQ0Y3RDZZaW53dVhuUmdqTFgzYnNBOW1EeTF2dElDbC1kcGxEeWpNMGFwaUFvYg..#page2
  • https://eprints.umm.ac.id/71717/3/BAB%20II.pdf/


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Share
Published by
Nandy

Recent Posts

Perjalanan Karier Kim Chaewon

Kim Chaewon - Bagi penikmat musik Korea, khususnya penggemar idol grup wanita, pasti sudah tidak…

3 hari ago

Profil Johnny NCT dan Perjalanan Kariernya

Johnny NCT - NCT adalah grup boyband yang dibentuk oleh SM Entertainment. Boyband ini dibedakan…

3 hari ago

Taeyong NCT: Profil dan Perjalanan Karier

Taeyong NCT - Pecinta musik Korea pasti sudah tidak asing dengan boy group bernama NCT.…

3 hari ago

Biografi Lee Know Stray Kids dan Faktanya

Lee Know - Stray Kids adalah grup musik K-Pop asal Korea Selatan yang dibentuk oleh…

3 hari ago

Jenis Tanaman Dalam Vas Air yang Indah

  Tanaman dalam vas air - Bagi pecinta tanaman, kemungkinan besar kalian sudah mengoleksi ya…

3 hari ago

Biografi Dan Beberapa Lagu Glenn Fredly

  Lagu Glenn Fredly - Siapa yang tidak tahu penyanyi legendaris satu ini? Glenn Fredly…

3 hari ago

Ayo Gabung Gramedia Affiliate
Dapatkan Komisi Hingga 10%

Belanja Sekarang!